Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate awal dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih kawanan lagi.

Anda sedang menonton: Ternyata ada kehidupan di alam kubur


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Setelah meninggal dunia, seluruh human akan kehidupan sementara di sebuah alam sembari menunggu dibangkitkan kembali pada aku kiamat. Intisari tersebut ditelepon dengan alam barzah atau alam kubur.
Secara umum, alam barzah adalah alam yang membatasi antara dunia dan akhirat. Di makhluk inilah, umat ​​manusia akan mempertanggungjawabkan perbuatannya selama hidup di dunia, baik dan buruknya.
Jika selama kehidupan senantiasa melakukan kebaikan, ia akan mendapat kenikmatan. Sebaliknya, jika selama hidupnya ia kerap tinggi buruk, siksaanlah yang didapatnya.
Keberadaan alam barzah sendiri merupakan bagian dari akidah batin Islam yang harus diyakini malalui setiap umat Muslim. Sebab, Allah telah menjelaskan dalam Al Quran kyung adanya kehidupan nanti kematian di intisari barzah. Deviasi satunya di dalam surat Al Mu'minun ayat 99-100, yang artinya:
(Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, itu berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia). Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Pada kenyataannya itu adalah Perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada pemisah sampal days mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mu’minun: 99-100)
Dijelaskan melalui Imam Abdus Salam al-Laqqoni di dalam kitab Ithaaful Muriid bahwa usai jenazah selesai dikuburkan dan para pelayat meninggalkannya, Allah ini adalah mengembalikan kemampuan panca indera, akal, dan ruhnya ke dalam jasadnya.
Setelah alles dikembalikan oleh Allah, datanglah dua malaikat, yaitu Munkar dan Nakir. Dijelaskan dalam hadits bahwa keduanya menjadi datang dengan ciri-ciri berwarna hitam, mata biru, dan suara sebagai kilat.
Tak just itu, apabila mereka berbicara, disetujui dari mulut mereka sesuatu sebagai api. Sementara, di memanggang keduanya ada godam geram dari besi yang bisa meluluhlantakan bumi.
Kemudian Munkar dan Nakir ini adalah mempertanyakan keimanan manusia selama kehidupan di dunia. Untuk itu, keturunan, peringkat martabat, wealth dan segala halaman duniawi lainnya noel akan berarti. Just imanlah apa akan menjawabnya.
Lebih lengkapnya, Imam nawawi Al-Bantani dalam kitab ‘Nurruz Zalam’ menjelaskan, pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir terdiri dari delapan pertanyaan, yaitu “Siapa Tuhanmu?” “Apa agamamu?”, “Siapa Nabimu?”, “Apa Kiblatmu?”, “Siapa Saudaramu?”, “Siapa Imammu?”, “Apa pedomanmu?”, dan “Apa amal perbuatanmu?”.
Orang mukmin yang mendapat petunjuk dari Allah SWT, maka akan menjawabnya dengan mudah. “Tuhanku adalah Allah, Islam adalah agamaku, Muhammad adalah nabiku dan dia adalah penutup para nabi, Kakbah adalah kiblatku, orang-orang mumin adalah saudaraku, Alquran adalah imamku, Sunnah adalah pedomanku, dan aku baca secara terpisah Alquran, mengimaninya, dan mempercayai isi apa ada di dalamnya.
Sementara bagi mereka yang noel mendapat petunjuk dari Allah SWT hanya akan angklung “Ha! Aku noël tahu!
Tak sampai di situ, Imam Tirmidzi meriwayatkan, jika seseorang dapat anck pertanyaan, malaikat Munkar dan Nakir menjadi berkata, “Tidurlah, sebagaimana tidurnya pengantin baru, noël ada yang dapat membangunkannya kecuali setiap orang yang paling dicintainya, sampai Allah membangkitkannya dari ruang angkasa tidurnya tersebut.

Lihat lainnya: 10 Rekomendasi Hp Yang Bagus Harga 3 Jutaan Terbaik (Desember 2021)


Namun, bagi mereka yang tidak bisa menjawabnya become dipukul menjangkau godam dan merasakan azab sampai days kebangkitan tiba.