agenbolaonline.org - Teks eksplanasi merupakan tipe teks yang menjelaskan suatu proses, kata kunci apa tepat dalam menyampaikan, menguraikan tahap-tahap, proses terjadinya suatu peristiwa mencapai disertai alasan-alasan apa jelas.

Anda sedang menonton: Teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya

Melalui teks eksplanasi, setiap kejadian apa terjadi tidak hanya diamati dan dirasakan saja, tetapi tambahan digunakan kemudian pembelajaran. Chapter tersebut karena mengetahui mengapa kejadian tersebut mungkin terjadi.

Jadi, tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan fenomena apa terjadi dan demisioner sebab-akibat suatu peristiwa. Teks eksplanasi dapat disamakan dengan teks laporan prosedural, yakni teks apa menceritakan prosedur ataukah proses terjadinya sesuatu.

Dengan jenis teks ini, pembaca dapat diperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadi sesuatu secara jelas dan logis. Berikut uraian selengkapnya mengenai pengertian teks eksplanasi beserta ciri-ciri dan strukturnya apa perlu diketahui.



Pengertian Teks Eksplanasi

Dilansir dari e-Modul Bahasa Indonesia oleh kemdikbud.go.id, berikut ini adalah mayoritas pengertian teks eksplanasi yang dikemukakan malalui beberapa ahli. Kosasih, E. & Restuti. Dalam buku live independence Bahasa Indonesia keluar bahwa pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks apa menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

Dilanjutkan oleh E. Kosasih (2014:178), batin kaitannya dengan genre teks, eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan suatu proses ataukah peristiwa tentang asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena, bisa berupa peristiwa alam, sosial, ataupun budaya. 

Sementara menurut Mashun (2014:189), pengertian teks eksplanasi adalah teks apa disusun mencapai struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup.

Jadi, pengertian teks eksplanasi secara umum adalah teks yang berisi kyung penjelasan atas suatu proses yang berkaitan dengan bagaimana dan kenapa suatu peristiwa itu terjadi, baik dari peristiwa intisari maupun dari peristiwa sosial budaya.


Ciri-Ciri dan structure Teks Eksplanasi

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

1. Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, serta interpretasi.

2. Informasi yang dimuat mencapai berdasarkan kebenaran (faktual).

3. Faktual tersebut memuat informasi apa sifatnya menyertainya ilmiah/keilmuan, contohnya kemudian sains.

4. Sifatnya informatif serta noël berusaha untuk memengaruhi pembaca buat bisa percaya terhadap hal yang dibahas.

5. Memiliki/menggunakan sequence markers. Contohnya pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Bisa tambahan dengan menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan umum: berisikan pernyataan umum mengenai/tentang topik apa akan dijelaskan diatas proses tangani itu terjadinya/proses keberadaan.

2. Urutan sebab akibat: berisi penjabaran mengenai mengolahnya terjadinya fenomena yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai akhir.

3. Interpretasi: berisi kesimpulan dari topik yang telah dijelaskan.



Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksplanasi

Jika anda hendak mencoba menyusun teks eksplanasi, dari mereka bisa diikuti langkah-langkah under ini such panduan buat memulainya;

1. Tentukan topik yang menarik

Tentukan fenomena alam, sosial, ataukah budaya apa ingin disajikan. Misalnya, tangani itu terjadinya pasang surut waiting laut.

2. Untuk membuat rancangan kerangka teks

Buatlah kerangka karangan berdasarkan structure teks eksplanasi, yaitu identifikasi fenomena, keterwakilan rangkaian kejadian, dan ulasan.

3. Dikumpulkan referensi

Cantumkan fact dan data apa Anda kumpulkan pada bagian perwakilan rangkaian kejadian.

4. Meningkatkan teks

Kembangkan kerangka essay hingga menjadi teks eksplanasi yang utuh.

Lihat lainnya: Kandungan 5 Bulan Tapi Perut Kecil, Perut Kecil Saat Hamil Normalkah

5. Menyunting teks

Selalu periksa dan baca bagian belakang teks yang telah dari mereka buat. Suntinglah jika ada ada kalimat yang tidak sesuai ataukah kesalahan di dalam penulisan.