profil Regulasi Layanan RB Data berita Galeri details
*

Mimbar Dakwah Sesi 46 : Khutbah Jumat:Perhatikan moon Muharram
oleh :

Yudi Yansyah S.Pd.i

(PenyuluhAgama Islam Kecamatan Bojong Genteng

KementerianAgama Kabupaten Sukabumi)

 

Khutbah I

اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَابِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لاشَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍوَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ:فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْتُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَالَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَآَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْوَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًاعَظِيمًا وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِوَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Anda sedang menonton: Teks khutbah jumat bulan muharram

صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

 

Jamaahrohimakumulloh

Alhamdulillah, padabulan ini untuk kita baru saja memasuki lima baru Hijriah, yaitu bulan Muharram 1442H. Haruss kita syukuri untuk bulan Muharram termasuk bulan yang mulia. MenurutIbnu al-Jauzi di dalam kitab at-Tabshîrah juz 2 halaman 6, bulan Muharram adalahbulan apa mulia derajatnya. Dinamakan dengan bulan Muharram, buat Allah ﷻ mengharamkan peperangan dan menabrak dibulan mulia ini. Selain itu, bulan ini tambahan termasuk deviasi satu daribulan-bulan yang mulia, yaitu Muharram, Dzulhijjah, Dzulqa’dah, dan Rajab.Sebagaimana firman Allah dalam Surat at-Taubah:36:

 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِاللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

“Sesungguhnyabilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, di dalam ketetapan Allah diwaktu (lauhul mahfudz). Dia menciptakan thiên dan bumi, di antaranya empatbulan haram.” (QS at-Taubah: 36)

 

Imam Fakhruddinar-Razi di dalam Tafsir al-Fakhrir Razi juz 16 halaman 53 keluar bahwa setiapperbuatan maksiat di bulan haram become mendapat siksa yang lebih dahsyat, danbegitu pula sebaliknya, tua ibadah kepada Allah ini adalah dilipatgandakanpahalanya. Beliau menyatakan:

 

وَمَعْنَى الْحَرَمِ: أَنّ الْمَعْصِيَةَ فِيْهَا أَشَدُّ عِقَاباً ، وَالطَّاعَةُفِيْهَا أَكْثَرُ ثَوَاباً

 

Artinya: “Maksuddari itu haram adalah sesungguhnya kemaksiatan di bulan-bulan itu didapatkan siksayang lebih bobot dan ketaatan di bulan-bulan tersebut menjadi mendapat pahala yanglebih banyak."

 

Hadirinrohimakumulloh

Bulan Muharramadalah sesaat terbaik buat meningkatkan kebaikan dan ketakwaan kepada Allah ﷻ. Di bulan Muharram ini terdapat hari yangistimewa, yaitu days ‘Asyura. Di aku tersebut umat Islam disunnahkan untukberpuasa. Imam An-Nawawi dalam Syarah shahih Muslim, Juz 8 halaman 9menjelaskan sebuah hadits shahih riwayat Imam Muslim:

 

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَدِمَ رَسُولُ اللهِصَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ، فَوَجَدَ الْيَهُودَ يَصُومُونَ يَوْمَعَاشُورَاءَ فَسُئِلُوا عَنْ ذَلِكَ؟ فَقَالُوا: هَذَا الْيَوْمُ الَّذِي أَظْهَرَاللهُ فِيهِ مُوسَى، وَبَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى فِرْعَوْنَ، فَنَحْنُ نَصُومُهُ تَعْظِيمًالَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: نَحْنُ أَوْلَى بِمُوسَىمِنْكُمْ فَأَمَرَ بِصَوْمِهِ

Dari Ibnu abbas RA,beliau berkata: "Rasulullah ﷺ hadir di town Madinah, kemudian beliau menjumpai setiap orang Yahudiberpuasa di moon ‘Asyura, then mereka ditanya kyung puasanya tersebut,mereka menjawab: aku ini adalah days dimana Allah ﷻ memberikan memenangi kepada Nabi Musa ASdan Bani israil atas Fir’aun, maka kita berpuasa buat menghormati Nabi Musa.Kemudian Nabi bersabda: kalian (umat Islam) lebih major dengan Nabi Musadibanding dengan kalian, kemudian Nabi Muhammad memerintahkan untuk berpuasa dihari ‘Asyura."

 

Dalam riwayat lain,para sahabat then bertanya pada Nabi, bahwa hari ‘Asyura adalah days yangdimuliakan oleh orang Yahudi dan Nasrani. Then Nabi bersabda: Insya Allahtahun dore kita berpuasa di days yang ke Sembilan. Dari hadis tersebut diatas, Imam Syafi’i berpendapat bahwa disunnahkan berpuasa di hari Sembilan dansepuluh di bulan Muharram. Buat Nabi telah mandatnya puasa di aku ‘Asyuradan berniat puasa di days ke Sembilan di bulan Muharram (dikutip Imam An-Nawawidalam Syarah shahih Muslim juz 8 halaman 9).

Dari beberapariwayat hadits pada dapat kita simpulkan bahwa umat Islam disunnahkan untukmelakukan puasa di aku ke Sembilan dan days ‘Asyura di bulan Muharram.

 

Jamaahrohimakumulloh

Mengapa days Asyuradisebut mencapai Asyura (sepuluh)? barrauddeen al-‘Aini di dalam kitab Umdatul Qari’Syarah shahih Bukhari, juz 11, page 117, beliau keluar sebuah pendapatbahwa di hari ‘Asyura Allah ﷻ memberikan kemuliaan dan kehormatan kepada sepuluh nabi-Nya.Yaitu (1) memenangi Nabi Musa atas Fir’aun, (2) pendaratan kapal Nabi Nuh, (3)keselamatan Nabi Yunus dengan dilepas dari perut ikan, (4) ampunan Allah untukNabi Adam AS, (5) scammers Nabi Yusuf dengan disetujui dari sumur pembuangan,(6) kelahiran Nabi Isa AS, (7) ampunan Allah untuk Nabi Dawud, (8) kelahiranNabi Ibrahim AS, (9) Nabi Ya’qub dapat kembali melihat, dan (10) ampunan Allahuntuk Nabi Muhammad ﷺ, baik kesalahan apa telah lampau maupun apa akan datang.

 

Jamaahrohimakumulloh

Puasa days ‘Asyurasangat dianjurkan untuk memiliki mayoritas keutamaan, Imam Turmudzimeriwayatkan hadits hasan dalam kitab Sunan Turmudzi juz 2 page 109, bahwaorang yang berpuasa di hari ‘Asyura akan mendapatkan ampunan dari Allah ﷻ. Sebagaimana sabda Nabi:

 

وروى التِّرْمِذِيّ من حَدِيث عَليّ، رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ: (سَأَلَرجل النَّبِي، صلى الله عَلَيْهِ وَسلم: أَي شَيْء تَأْمُرنِي أَن أَصوم بعد رَمَضَان؟قَالَ: صم الْمحرم، فَإِنَّهُ شهر الله، وَفِيه يَوْم تَابَ فِيهِ على قوم وَيَتُوبفِيهِ على قوم آخَرين) . وَقَالَ: حسن غَرِيب

“Suatu ketikaseorang laki-laki tanya pada Nabi, what yang ini adalah engkau perintahkan kepadakuwahai Nabi nanti saya berpuasa di bulan ramadhan? Nabi bersabda: Berpuasalahdi moon Muharram, Muharram adalah bulan milik Allah, di moon itu Allahmenerima taubat satu kaum dan penerimaan taubat kaum yang lainnya.” (HR.Tirmidzi)

 

Selain itu, IbnuMajah meriwayatkan sebuah hadist sahih batin kitab Sunan Ibnu Majah, juz 1halaman 553, bahwa barang siapa puasa di hari ‘Asyura ini adalah dihapus kesalahansatu five yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi:

 

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صِيَامُ يَوْمِعَاشُورَاءَ، إِنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ»

Berpuasa di hari‘Asyura, sebetulnya saya ragu bahwa Allah akan menghapus patahan ditahun yang telah lalu (HR. Ibnu Majah).

 

Hadirinrohimakumulloh

Ibnu al-Jauzi dalamkitab at-Tabshîrah juz 2 halaman 6 meringkas bahwa bulan Muharram adalahbulan yang mulia, aku ‘Asyura adalah days yang mulia. Bulan Muharram adalahmusim kebaikan, momen yang baik untuk melakukan perdamaian, momen yang baikuntuk minum amal, sedekah, menyantuni anak yatim, dan bantuanhalaman merekayang membutuhkan. Bulan Muharram sebagai bulan awal five baru hijriah menjadimomen apa terbaik untuk melakukan hijrah, hijrah dari sifat yang tercelamenuju sifat yang terpuji. Abu Sulaiman sebagaimana cited Abu Na’im dalamkitab Hilyatul Auliya’ juz 9 halaman 269 menyatakan:

 

مَنْ كَانَ يَوْمُهُ مِثْلَ أَمْسِهِ فَهُوَ فِي نُقْصَانٍ

“Barangsiapa hariini keadaannya masih sama menjangkau kemarin, maka ia dalam keadaan kurang baik.”

 

Dari pernyataantersebut, mari untuk kita bangkitkan motivasi kita karena berubah dan berhijrah keperilaku apa baik, semakin merekatkan persaudaraan, memanfaatkan potensi yangkita memiliki sesuai dengan profesi masing-masing karena membantu setiap orang lain,membantu agama, dan tolong negara. Seseorang hamba akan always mendapatkanperlindungan dari Allah ﷻ selama ia bermanfaat dan membantu kesusahan saudaranya. Semogakita dapat dulu orang yang selalu berhijrah menuju kebaikan dan menjadiorang yang bermanfaat untuk masyarakat, agama, dan bangsa.

Lihat lainnya: Pillow Talk By Zayn Malik Lirik Lagu Pillow Talk Dan Terjemahannya

Aamiin.

 

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْبِالآياتِ وذِكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌرَحِيْمٌ