*
Kamis 14 Mei 2015 umat kristiani di penjuru belahan dunia merayakan hari kenaikan tuan Yesus nanti sorga. Khususnya umat kristiani apa ada di Indonesi boleh berbangga hati buat pemerintah Indonesia telah menetapkan hari kenaikan tuhan Yesus ke surga sebagai aku libur Nasional, sehingga umat kristiani sanggup melaksanakan peribadatan di hari yang bersejarah itu. Go halnya di dibeberapa negara kemudian Singapura. Days kenaikan tersebut bukan hari libur. Itulah sebabnya, perkantoran dibuka sebagai biasanya. Kendati pun memang realita yang kita lihat, bahwa peristiwa kenaikan ini dirayakan noël semeriah, gaungnya sampai kemana-mana dalam menyambut hari-hari geram umat Kristiani apa lain semisal Natal, Paskah dll. Bab ini tidak berarti bahwa peristiwa natal dan Paskah, lebih agung, lebih mulia, lebih besar, dari pada peristiwa kenaikan. Kendatipun bisa ada umat Kristiani apa mempunyai pola pikir sebagai itu, sehingga terjadilah pengkotak-kotakan dalam menyambut peristiwa ini.

Anda sedang menonton: Renungan kenaikan tuhan yesus ke surga

Peristiwa kenaikan bapak Yesus usai sorga, merupakan rangkaian peristiwa yang noël terpisahkan dari peristiwa-peristiwa sebelumnya; kelahiran, kematian dan kebangkitan. Peristiwa-peristiwa ini menyukai mata berantai yang tidak bisa terpisah antara satu dengan apa lain. Kelahiran tuhan Yesus di tengah-tengah dunia noël akan ada gunanya jika Ia noel mengalami kematian. Demikian juga halnya menjangkau kematianNya, bahkan yang down ke dalam kerajaan maut itu, noël akan berarti apa-apa ketika tuhan Yesus tidak pernah dibangkitkan dari antara rakyat mati. Kebangkitan tuan Yesus dari antara orang pun noel akan ada faedahnya jika Ia tidak naik ke sorga. Dan masih ada satu peristiwa lainnya yang tidak kalah arti dari usai empat peristiwa di ~ dan harus di genapi yaitu kyung kedatanganNya yang kedua kali. Enim ada lima “K” yang harus di genapi batin diri tuan Yesus; Kelahiran, kematian, kebangkitan, kenaikan dan kedatangan. Kenaikan tuan Yesus nanti surga dulu puncak pelayanan tuhan Yesus di bumi.

Berbicara tentang kenaikan tuhan Yesus nanti sorga, Alkitab mencatat bahwa sesudah kebangkitanNya dari antara rakyat mati, selama 40 days Ia berulang ulang kali menampakkan ourselves kepada murid-muridNya. Juga bukan just sekedar sekarang diri, tetapi also berdialog dan makan bersama-sama mencapai mereka. Perbincangan antara bapak Yesus mencapai murid-muridNya berlanjut juga dalam bepergian menuju bukit Zaitun dekat Betania. Tentu saja ada karsa Allah mengapa tuhan Yesus harus menampakkan diri secara berulang-ulang selama 40 hari. Masih segar batin ingatan, hal mana kematian tuhan Yesus yang sangat sadis menyertainya telah mengguncang mempercayai para murid, sehingga mereka pun lives tercerai berai, menyukai domba tanpa gembala, bagaikan anak ayam yang kehilangan induknya. Kenapa tidak, guru apa mereka teladani, bangga-banggakan terbujur kaku, sekarat dengan sadis dan terutang hina (disalib hollistisme kematian most hina). Saat akun itu pengharapan para mahasiswa telah kandas, cita-cita mereka untuk duduk disebalah tuan Yesus pupus sudah. Itulah sebabnya para murid back ke aktifitasnya masing-masing silam mereka dipanggil. Tetapi penalaran murid-murid beda menjangkau kemahakuasaan Allah. Untuk realitasnya dilawan seratus persen. Kematian noel mampu menahan tubuh bapak Yesus di dalam kubur. Dan pada days yang usai tiga Ia bangkit dari antara people mati. Kebangkitan bapak Yesus diikuti dengan penampakan diriNya secara berulang-ulang, tentunya buat memulihkan iman para murid yang telah goncang itu. Dan menjelang kenaikanNya setelah surga, bapak Yesus pun berpesan ke pada para murid; jangan meninggalkan Yerusalem (Kisah Para Rasul 1:4), dan perintah memberitakan Injil (Markus 16:15).

Memaknai kenaikan tuhan Yesus ke sorga, ada beberapa hal yang perlu itupenggunaan renungkan seperti umatNya apa sudah di larangan antara lain:

1. Kenaikan tuhan Yesus bukanlah Mitos

Alkitab mencatat secara maksimum peristiwa kenaikan bapak Yesus nanti sorga. Kita mulailah dari Injil Markus 16:19 mengatakan “Sesudah tuan Yesus omong demikian kepada mereka, terangkatlah Ia nanti sorga”. Sedangkan Injil Lukas 24:51 mengatakan “Dan selagi Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah anda dan terangkat ke sorga”. Lebih detail another dapat untuk kita lihat di dalam kitab kematian Para Rasul 1:9 “Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan melalui mereka, dan awan menutup-Nya dari berpawai mereka”. Mari kita bedah ayat ini secara cermat. Dari ketiga pengutipan nats Alkitab pada kita menermukan kata “mereka” berarti jamak, lebih dari satu. Mari kita hitung-hitungan sebentar. Murid tuan Yesus ada 12 orang, penghianat satu orang, gantung diri lalu mati, tinggal 11 setiap orang ditambah another beberapa perempuan, serta maria, medang Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus (Kisah Para Rasul 1:14). Rasul paul mengatakan Ia menampakkan ourselves kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus (1 korintus 15:6). Mencapai kata lain saksi mata apa menyaksikan kenaikan bapak Yesus ke sorga lebih dari ratusan orang. Saksi mata dalam sebuah peristiwa sangatlah penting. Itu sebabnya di dalam peradilan apa ada didunia ini pun butuh saksi mata untuk menguatkan suatu peristiwa ataupun persidangan. Ruang angkasa kejadian perkata (TKP) yaitu Bukit Zaitun were saksi dampul terhadap kenaikanNya, dan murid-murid tuan Yesus, dulu saksi mata apa menyaksikan secara segera peristiwa kenaikan tuhan Yesus ke sorga.

Dari fakta-fakta di atas, jelaslah bahwa pandangan apa mengatakan bahwa para murid sedang berhalusinasi mengenai kenaikan tuhan Yesus, juga mengenai kebangkitanNya dari kematian. Halaman mana ketika tuhan Yesus dies disalibkan maka para murid mengalami nyeri dan traumatis yang amat sangat. Sehingga para murid mencoba berhalusinasi guna menyemangati ourselves mereka sendiri. Yang were pertanyaan mungkinkah ratusan orang sekaligus berhalusinasi? Disisi lain ada pandangan apa mengatakan bahwa peristiwa kenaikan merupakan sebuah mitos. Tidak benar bahwa Ia terbang dari antara orang sekarat apalagi naik usai sorga. Senin pandangan ini noël mempunyai dasar yang benar, sebab peristiwa kebangkitan dan kenaikan bapak Yesus kesorga ada saksi mata apa menyaksikan peristiwa itu. ~ antara pribadi yang mengalami revitalisasi dan kenaikan mencapai mereka-mereka apa menyaksikan kuat dan kenaikan menyertainya ada dialog apa sangat ekstrim diantara mereka

2. Kenaikan tuan Yesus karena Menyediakan Tempat

Yohanes 14:2-3 Mengatakan “Di rumah Bapa-Ku kawanan tempat tinggal. Jika noel demikian, tentu saja Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi usai situ karena menyediakan ruang angkasa bagimu. Dan apabila Aku telah pergi setelah situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku ini adalah datang kembali dan bawa kamu usai tempat-Ku, supaya di tempat bagaimana itu? Aku berada, kamupun berada”.

Kehadiran tuhan Yesus di tengah-tengah dunia untuk menyelamatkan manusia dari maut. “Sebab upah dosa ialah maut” (Roma6:23). Karya berani Allah apa dikerjakan di dalam Tuhan Yesus, merupakan karya keselamatn yang holistik. Artinya Yesus bukan hanya sekedar menyelamatkan manusia yang ditebusnya, tetapi also menyediakan angkasa bagi mereka apa sudah diselamatkan itu. Tempat tinggal yang di sediakan tuhan Yesus orang orang bilang banyak. Tentu saja sebanyak manusia apa diselamatkan itu, sehingga tidak ada satu people pun yang terbengkalai, yang noël kebagian tempat tinggal, menyertainya cukup untuk setiap kita. Nanti Tuhan Yesus menyedikan secara spasial itu, maka Ia akan kembali ke world dengan sasaran untuk membawa setiap orang apa percaya kepadaNya, sehinga dimana Yesus berada, orang-orang yang Dia selamatkan akun itu pun ada di sana. Ini janji Tuhan Yesus kepada mereka, tentu saja kepada kita juga, sehingga itupenggunaan semakin bersungguh-sungguh batin memuji dan memuliakan namaNya untuk pengharapan kita noël pernah sia-sia, sebab Dialah jaminan kita. Dia yang telah mendatangi dari sorga, Dia tambahan yang akan membawa kita kesana. Hanya pribadi apa datang dari sorgalah yang mampu bawa manusia ke sorga. “Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain liêu DIA apa telah down dari sorga, yaitu ANAK MANUSIA” (Yohanes 3:13), . Kata YESUS kepadanya: “AKUlah jalur dan sebenarnya dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada BAPA, kalau tidak melalui AKU” (Yohanes 14:6). Mencapai cara yang sederhana, YESUS menjelaskan bahwa itu adalah beraliran menuju kepada BAPA, judul Sorga. Dan tidak punya melalui YESUS, noel ada yang dapat dengan Sorga. Jika YESUS tidak back ke Sorga, kita noël akan dapat masuk nanti Sorga, sebab kita haruss Penuntun agar kita noël nyasar batin perjalanan kita persimpangan Sorga. YESUS mampu menuntun kita ke Sorga, Sehingga noël mungkin kesasar apalagi noël nyampe.

Tempat yang di sediakn oleh tuhan Yesus adalah suatu tempat yang riil, nyata, bukanlah samar-samar . Sebab ada banyak pandangan yang berkata bahwa sorga adalah “sikap pandang,” “suatu mimpi,” “kebijaksanaan,” “suatu perasaan.” Namun, Alkitab menyaksikan bahwa Sorga adalah rumah apa akan kita hidup dan seperti kota apa kita diami dan sifatnya permanen artinya evert bukanlah beberapa tahun.

Lihat lainnya: Resep Kue Nastar Renyah Dan Gurih, Khairul Annas (@Khairulannas11)

Tentunya kita gagal tempat itu. Harapan kita untuk bersama-sama dengan tuhan Yesus adalah sangat besar untuk memang dunia ini bukanlah secara spasial setiap manusia yang sudah ditebusNya. Angkasa kita yang sesungguhnya adalah rumah Bapa. Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang ini adalah datang(Ibrani13:14)

3. Kenaikan bapak Yesus demonstrasi Betapa Pentinganya Pekabaran Injil

Pekabaran Injil dulu sentral pelayanan bapak Yesus selama berada di dunia. Menemani itu sebabnya silam Ia terangkat setelah sorga, tuhan Yesus berpesan kepada para murid karena memberitakan Injil. Perintah membertakan Injil menemani itu dapat kita lihat dalam; Markus 16:15 “Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah setelah seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk”. Matius 28:19 “Karena menyertainya pergilah, jadikanlah semua negara murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan tuhan Kudus”. Kisah Para Rasual 1:8 “Tetapi kamu menjadi menerima kuasa, kalau roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan dulu saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai setelah ujung bumi:. Dari beberapa kutipan nats Alkitab diatas, bapak Yesus sebelum kenaikanNya nanti surga memberikan perintah kepada para murid-muridNya agar menjadi saksiNya. Hal itu awal dari tempat bagaimana mereka berada (Yerusalem), sampai ke ujung bumi. Mencapai demikian, noël ada daerah atau kota di mana Injil noël diberitakan. Jadi, dari hal di ~ kita melihat bahwa penginjilan ~ no sesuatu apa boleh ada atau tidak, pekabaran Injil bukanlah dulu sebuah obsi opsi mau atau noël mau. Tugas memberitakan Injil diberikan oleh Yesus sebagai sebuah keharusan. Itu tambahan yang pernah ditegaskan melalui rasul geram bernama Paulus. “Celakalah aku jika aku noël memberitakan Injil” (1Kor.9:16b).

Perintah buat mengabarkan Injil ndak disampaikan just kepada orang tertentu. Artinya perintah itu were tugas dan tanggung jawab segenap orang yang sudah diselamatkan oleh tuhan Yesus. Karena menjadi saksi noel ditujukan hanya karena Pendeta, majelis gereja, ataupun para pelayan Tuhan. Selanjutnya menjadi saksi ataukah pun memberitakan Injil itu noel harus membawa-bawa Alkitab kemana kita pergi. Menjangkau cara mendesak sederhanapun untuk kita bisa dulu saksi, memberitakan Injil, yakni lewat pola kehidupan kita sehari-hari. Kalau their dipercayakan tuhan sebagaia seorang pemimpin, jadilah were seorang pemimpin apa baik bagi bawahan Anda. Jika Anda seperti seorang pekerja, bekerjalah kemudian Anda berbuat kepada Tuhan. Ini contoh sederhana menjadi saksi ataukah pun mengabarkan Injil. Jadilah dulu saksi-saksi tuan Yesus while dan dimanapun untuk kita berada amin…