Pengertian Penyerbukan

Penyerbukan, ataukah polinasi (dari bahasa Inggris, pollination cf. Pollen, “serbuk sari”), adalah jatuhnya serbuk sari di ~ permukaan putik. Di ~ sebagian geram bunga, peristiwa ini berarti “jatuh pada bagian kepala putik”. Penyerbukan merupakan bagian secara signifikan dari tangani itu reproduksi tumbuhan berbiji.

Anda sedang menonton: Proses terjadinya penyerbukan pada bunga


Penyerbukan apa sukses akan diikuti segera menjangkau tumbuhnya buluh serbuk apa memasuki kanal putik menuju bakal biji. Di bakal benih terjadi peristiwa penting berikutnya, pembuahan.

Penyerbukan individu adalah proses penyerbukan kepala putik melalui serbuk sari apa berasal dari bunga menyertainya sendiri atau dari bunga lain diatas tumbuhan yang sama. Penyerbukan silang ialah mengolahnya perpindahan serbuk sari dari anther bunga tumbuhan nanti stigma bunga tumbuhan lain yang sama ataukah species apa berkerabat. Penyerbukan dapat dibantu oleh angin dan serangga, burung, keong, dan binatang kecil lain.

agenbolaonline.orgntoh tanaman apa menyerbuk personally adalah gandum, jelai, padi, kedelai dan lain-lain. Penyerbukan silang lebih umum terjadi membandingkan dengan penyerbukan sendiri. Penyerbukan silang untuk menghasilkan kombinasi satuan keturunan apa lebih beragam dari keduanya. Pengaruh langsung dari penyerbukan silang adalah banyaknya types dari membuat biji yang dihasilkan dan bersifat lebih tahan lama dari turunannya.


Baca also Artikel apa Mungkin Berhubungan : Pengertian Dan bagian Bunga

Macam dan tangani itu Penyerbukan

Penyerbukan atau Pembuahan sel telur dan perkembangannya hanya akan terjadi jika granul serbuk sari sampai kepada stigma. Penyerbukan ialah pindahnya serbuk sari dari kepalam sari kepada stigma. Penyerbukan various dengan pembuahan, penyerbukan adalah peleburan gamet jantan dan gamet betina. Penyerbukan ada dua macam, yaitu penyerbukan sendiri dan penyerbukan silang. Penyerbukan individu adalah proses penyerbukan major putik melalui serbuk sari apa berasal dari bunga akun itu sendiri atau dari bunga lain di ~ tumbuhan apa sama. Penyerbukan silang ialah tangani itu perpindahan serbuk sari dari anther bunga tumbuhan usai stigma bunga tumbuhan lain apa sama atau species apa berkerabat. Penyerbukan dapat dibantu malalui angin dan serangga, burung, keong, dan binatang kecil lain.


agenbolaonline.orgntoh tanaman yang menyerbuk sendiri adalah gandum, jelai, padi, kedelai dan lain-lain. Penyerbukan silang lebih umum terjadi dibandingkan dengan penyerbukan sendiri. Penyerbukan silang membuat kombinasi satuan keturunan yang lebih beragam dari keduanya. Pengaruh langsung dari penyerbukan silang adalah banyaknya types dari membuat biji yang dihasilkan dan bersifat lebih kokoh dari turunannya. Serbuk sari dapat mencapai kepala putik secara bawaan atau dengan bantuan manusia. Secara alami, serbuk sari dapat mencapai terutama putik menjangkau perantaraan angin, hewan, dan air. . Perantara yang menyebabkan terjadinya penyerbukan ditelepon polinator.

Baca tambahan Artikel apa Mungkin Berhubungan : penjabaran Bioteknologi pertanian Serta Manfaatnya

Berdasarkan asal Serbuk Sari


1. Penyerbukan sendiri (autogami)

*
*
*
*
*

Penyerbukan adalah sebuah peristiwa innate jatuhnya serbuk sari lalu ditemani pada major putik sehingga terjadi proses pembuahan sempurna diatas bunga dan melalui proses fotosintesis. Serangga adalah tipe hewan yang does bantuan penyerbukan terhadap bunga dengan taraf kesuksesan tertinggi. Hubungan apa terjalin antara serangga dan bunga adalah bentuk jalinan simbiosis yaitu hubungan yang sama kemiripannya menguntungkan, yaitu Bunga memberi fasilitas di ~ serangga dengan kawanan nutrisi sedangkan bunga diuntungkan buat serangga help mempercepat penyerbukan apa jarang terjadi kegagalan.

Tangkai bunga – Berfungsi sebagai tempat penyanggah atau penopang kokoh agar lokasi bunga berada pada kapak terbaiknyaKelopak bunga – Berfungsi such media yang dapat menjaga dan menjadi penunjang kekuasaan mahkota bunga untuk melakukan manuvernya berkembang atau berkuncupMahkota bunga – Berfungsi seperti pemikat atau pesona daya tarik untuk serangga agar datang dan berhenti lalu does bantuan penyerbukanBenang sari (alat reproduksi jantan) – Fungsi benang sari pada tumbuhanadalah melakukan pembuahan pada major putikPutik bunga (alat reproduksi betina) – Putik mempunyai dua potongan yaitu major putik dan Tangkai putik dengan demikian keduanya Berfungsi menerima pembuahan dari benang sari jantan

Cara penyerbukan diatas bunga melalui serangga

Ketika serangga (kupu kupu, catatan madu atau kumbang) berhenti dan hinggap dibagian potongan bunga yang tujunnya buat menghisap sari madu, tidak punya sengaja kakinya menginjak serbuk sari apa menyebabkan ratusan serbuk sari menemani itu melekat di atas kakinya.Dan selama serangga berpindah di atas bagian major putik buat menghisap sari madu apa lain maka serbuk sari apa tadi melekat di atas kakinya akan berjatuhan dan menempel pada utama putik dalam jumlah apa cukup banyak.

Berikut adalah penjelasan mengenai tangani itu terjadinya penyerbukan diatas bunga :

Penyerbukan persilangan (Allogami) – Serbuk sari jatuh lalu menempel dikepala putik pada types bunga yang berbeda familial tetapi masih satu kesukuan misalnya di atas kantil dan kenangaPenyerbukan bukan satu keluarga atau serumah (Geitonogami) – yaitu mencapai cara serbuk sari memukul lalu menempel dikepala putik pada tipe bunga go namun masih satu ekosistemPenyerbukan apa dilakukan dirinya sendiri (Autogami) – Penyerbukan alami dimana serbuk sari bang lalu menepel dikepala putik buat hembusan angin atau getaran bumiPenyerbukan bastar (Hybridogamy) – Serbuk sari bang lalu ditemani dikepala putik pada jenis bunga dan types tumbuahn lain tetapi masioh memasukkan kategori satu rumpun, misalnya serbuk sari Cabe hijau jatuh pada putik cabe rawit kecil.

Baca juga Artikel yang Mungkin Berhubungan : penjabaran Bioteknologi agraris Serta Manfaatnya

Penyebab terjadi gagal Penyerbukan

Penyerbukan adalah cara perkawinan antara bunga betina dan jantan yang saling bertemu lalu terjadi pembuahan. Namun tidak semua pembuahan berhasil tanpa bantuan manusia.

Lihat lainnya: Kapal Peti Kemas Terbesar Di Dunia, 10 Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia Tahun 2019

Berikut adalah penjelasan mengenai menyebabkan terjadinya kegagalan penyerbukan :

Hujan dibawah dengan lebatTidak adanya serangga yang tolong penyerbukanSerangan hama serangga perusakPerpindahan tumbuhan pada pot baruPenyemprotan insektisida yang berlebihanAlat reproduksi bunga jantan dan betina mempunyai tipe rumpun yang berbeda misalnya bunga buah salak dan bunga kemuningKepala putik atau serbuk sari tidak sengaja dikencingi kucing, mouse atau anjingBunga jantan dan bunga betina mencapai jenis apa sama tetapi berada di ~ tempat yang berbedaBunga jantan dan bunga betina adalah tumbuhan dengan jenis yang sama tetapi noël berada dalam satu gerombolan ataukah satu tanaman.terjadi kasus Dikogami yaitu ketika putik dan benang sari tidak mempunyai kesiapan kematangan secara bersamaan apa sering ditelepon Dikogami.