agenbolaonline.org agenbolaonline.org - kehidupan suatu negara selalu berpegang di atas ideologi yang dianut. Pasalnya ideologi adalah ide, gagasan atau pandangan suatu bangsa yang terwujud di dalam aturan atau hukum. Dalam praktiknya, ada beragam ideologi yang dipakai oleh berbagai negara, such ideologi komunisme, liberalisme, kapitalisme, sosialisme, dan pancasila. Komunisme adalah deviasi satu ideologi apa cukup banyak dianut saat ini.

Anda sedang menonton: Perbedaan ideologi komunis dan liberal

Setiap ideologi mempunyai gagasannya tersendiri. Misalnya ideologi Pancasila apa dianut Indonesia, yang memuat nilai-nilai luhur seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan. Komunisbutuh adalah ideologi apa anti terhadap kapitalisme. Ideologi ini meletakkan kepentingan negara di atas kepentingan individu.

Seperti what penjelasan lebih dalam mengenai ideologi kapitalisme? Simak ulasannya apa telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.


1. Ketetapannya Komunis Adalah

*

(credot: freepik)

di dalam Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kata komunis adalah "penganut paham komunisme". Sementara, dalam KBBI komunis dimaknai seperti suatu paham atau ideologi yang diajarkan karl Marx. Ajaran tersebut berisi ajakan buat menggantikan hak milik sendiri dengan hak milik negara.

Ideologi komunis also sering dipandang seperti lawan dari ideologi kapitalisme dan liberal. Sebab, tujuan utama dari ideologi ini adalah buat membentuk satu program sosial politik di bawah kuasa negara. Menjangkau begitu, negara mempunyai kuasa penuh atas ibu kota dan hak-hak kepemilikan atas alat produksi dari setiap individu atau roti isi daging negaranya. Tujuannya, untuk mencapai kemakmuran apa merata

Ideologi komunis bertahan di negara-negara apa mempunyai partai komunisme. Bangsa penganut ideologi komunis juga menerapkan warisan demokrasi perwakilan. Para pejabat yang dipilih dari partai komunis apa ada. Meski begitu, demokrasi tersebut noël serta merta membuat rakyat bebas beraspirasi. Aspirasi orang di luar keanggotaan partai komunis akan dibatasi.


2. Perbedaan Ideologi Komunis dan Ideologi Lain

Ideologi yang dianut suatu bangsa akan unjuk cara pandang dari negara tersebut terhadap dunia dan aspek-aspek kehidupan. Begitu pula batin ideologi komunis. Kaitannya di dalam kehidupan ekonomi, ideologi komunis sangat variasi dengan ideologi sosialisme, liberalisme, dan kapitalisme.

Liberalisme adalah ideologi apa berpegang pada doktrin politik yang meletakkan kebebasan individu kemudian masalah markas besar politik. Otoritasnya diharapkan ada untuk melindungi baik setiap sendiri agar noël dirugikan oleh people lain. Namun di lain sisi, pemerintah tambahan bisa menjadi ancaman bagi kebebasan.

Sosialisme adalah ideologi yang menyerukan agar setiap individu tidak hidup atau bekerja masing-masing, melainkan harus hidup dengan bekerjasama. Selain itu, segala sesuatu apa diproduksi merupakan produk sosial, sehingga setiap orang apa berkontribusi pada proses produksi, berhak mendapatkan bagian. Jam ideologi sosialisme ini berkebalikan dengan kapitalisme.

Sementara itu, ideologi komunis adalah ideologi yang berlawanan menjangkau kapitalisme dan liberal. Paham komunisme sebagai anti-kapitalisme melalui asetnya partai komunis melakukan pengambilalihan kekuasaan, dengan menentang daratkan kepemilikan dan akumulasi modal setiap individu.

Sementara itu, ideologi komunis adalah ideologi yang berlawanan mencapai kapitalisme dan liberal. Paham komunisme sebagai anti-kapitalisme melalui warisan partai komunis melakukan pengambilalihan kekuasaan, dengan menentang hak kepemilikan dan akumulasi ibu kota setiap individu.


3. Bangsa Penganut Ideologi Komunis

*

(credot: freepik)

Sampai saat ini, komunisbutuh adalah ideologi apa masih bertahan dan diterapkan melalui setidaknya lima negara di dunia. Negara penganut ideologi komunisme ini sering disebut kemudian negara komunis. Adapun kelima negara komunis adalah Tiongkok, Kuba, Laos, Korea Utara, dan Vietnam. Namun belum semua negara dulu negara komunisbutuh murni, beberapa negara tersebut masih mengalami transisi dari sosialisme.

Di samping kelima bangsa di atas, di ~ 1922 berdiri sebuah negara komunis bernama Uni Soviet. Negara geram ini terdiri atas enam negara komunis yaitu Rusia, Belarusia, Ukraina, dan federasi Transkaukasia. Namun, pada tahun 1936, Federasi were Georgia, Azerbaijan, dan Armenia. Then pada tahun 1991, kapan dibubarkan, Uni uni soviet terdiri dari 15 negara.

Pada lima 1955, Uni uni soviet sempat making Pakta Warsawa menjangkau negara-negara sekutu military komunis lainnya sebagai Albania, Bulgaria, jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania. Namun di ~ akhirnya, Uni soviet runtuh. Hal ini also berdampak diatas banyaknya negara apa beralih dari warisan komunisme usai bentuk peralihan. Negara-negara apa beralih ini di antaranya Afghanistan, Angola, Benin, Kongo, Ethiopia, Mongolia, Mozambik, Somalia, yaman Selatan, dan Yugoslavia.


4. Penjelasan Komunis

di ~ masa Revolusi perancis ideologi komunis modernis berkembang oleh kitab "Manifesto Komunis". Kitab apa disusun Karl marx dan Friedrich engels ini terbit diatas 1848. Manifesto Komunis tangga berjalan Revolusi Perancis kemudian titik balik. Pasalnya, pada peristiwa ini kelas pedagang sedang melakukan proses mengkonsolidasikan kendali "alat-alat produksi", serta membalikkan struktur force feodal dan mengantar setelah modern, era kapitalis.

Revolusi tersebut mewakili perjuangan kelas di abad pertengahan, apa mengadu domba kaum bangsawan menjangkau kaum budak, namun apa modern mengadu domba pemilik kapital borjuis perlawanan "proletariat," kelas pekerja yang menjual tenaga mereka karena mendapatkan upah.

Pada manifesto Komunis dan karya-karya selanjutnya, Marx, engels ,dan vasal mereka menganjurkan (dan meramalkan such tak terelakkan secara historis) revolusi proletar global, yang akan mengantarkan diatas era sosialisme, then komunisme.

Lihat lainnya: Ini Dia 10 Makanan Yang Disukai Anak-Anak, 6 Jenis Makanan Yang Disukai Anak

Sebagai tahap last dari di atas dari perjuangan kelas setiap orang orang menjadi hidup batin keseimbangan sosial, tanpa adanya bayang-bayang selisih kelas, structure keluarga, agama, atau kepemilikan properti. Selain itu, negara also akan "melebur". Perkonomian ini adalah berfungsisebagaimana slogan Marxis populer, "Dari masing-masing menurut kemampuan, untuk masing-masing menurut kebutuhannya."

Itulah ulasan mengenai komunis adalah penyimpangan satu ideologi yang ada saat ini. Harapan bermanfaat dan bisa menambah wawasan.