Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh sup Informasi Angkatan lautnya AS unjuk kapal induk USS Ronald Reagan (CVN 76) dan USS Nimitz (CVN 68) dan dicuri pemogokan mereka (CSGs) basah dalam formasi selama olah di laut Cina Selatan, 06 Juli 2020. Pada 13 Juli 2020, menkes Luar Negeri as Mike Pompeo secara official menolak sebagian besar klaim China atas lautnya Cina Selatan.


*

trips sejarah China tampan menarik buat dapat dipahami politik dan ekonomi mereka apa ekspansionistis.

Anda sedang menonton: Perang laut china selatan 2020

kuat China, usai kejatuhan dinasti Han diatas III M, di era Dinasti Tang di ~ VII M - X M. Ke itu China ganti berganti dirujak Mongol dan Manchu.

Abad XIX ganti berganti China dirujak bangsa barat dengan perang Boxer. Ke Boxer, Jepang menyerbu.

Abad XX M China menjamu pergulatan idiologi. Tawaran Dr sunlight Yat Sen mencapai nasionalisme-nya cuma diminati Kou Min tang pimpinan chiang Kai Sek. Mayoritas China usai Ku Chan tang dengan chairil Mao Tse tung alias paman Mao. Lima 1949 pamannya Mao won dan berhasil menempatkan Ku Chan Tang, yang menjadi PKC, seperti partai penguasa. Lalu China bersahabat dengan Uni Sovyet. Then pecah.

"Problema yang dihadapi China adalah ekonomi" tegas pamannya Mao."saKita olang kaga bisa nanti utala, kepentok gunung, kita Olang misti ke selatang."

Kalau Uni Sovyet dijuluki agenbolaonline.orguntry Tirai Besi, China Tirai Bambu.

pada sisi lain USA yang perang dingin dengan Uni Sovyet menagenbolaonline.orgba mainkan variabel China mencapai ping-pong diplomacy lima 1971.

Syahdan, paman Mao meninggal lima 1976. Deng Xiao cincin naik. Deng bilang, gantung olang kaga pelduli punya, mau kucing artikel kek, puti kek, yang penting bisa ~ caplok tikus. Isyarat Deng OK ibu kota dari Amerika masuk.

lima 2010 USA cemas dengan kemajuan apa dicapai China. Bab itu ternyata shine dari pidato Presiden Obama di Istana Negara lima 2010 jaman SBY. "Saya mau dalam perdagangan USA nomor satu di Indonesia. Ndak China, kata Obama tegas.

China memang angka satu dalam ekonomi. Bersamaan dengan menemani itu China juga asyik claim banyak titik di laut China Selatan. Kejayaan Dinasti flavor sepertinya mau berulang.

Lihat lainnya: Jodoh Datang Diwaktu Yang Tepat, Sedikit Catatan Tentang Jodoh (Buat Jomblo)

Tau-taunya, kini China dikepung USA dan sekutunya since Maret 2020. Sampai sekarang.

while dar der dor?

Dar der dor jadi. Tapi Time variable beradadi memanggang Joe Biden. Sabar ente!


BACA JUGA: update Berita-Berita politik Perspektif agenbolaonline.org, mengklik di Sini