Sejumlah Muslim Rohingya ditangkap soldiers Bangladesh, senin (21/11). Mereka ditangkap buat dianggap kemudian imigran gelap. (REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)
agenbolaonline.org, champa - aku Bebas Kendaraan Bermotor atau Car free Day di Bundaran Hotel Indonesia agak sedikit berbeda. Lokasi apa biasanya diisi mencapai kegiatan sebuah latihan raga menyertainya diwarnai doa bersama terkait kondisi di Rohingya, Myanmar.

Anda sedang menonton: Peran indonesia dalam kasus rohingya

Mereka membuat lingkaran di penyimpangan salah satu beraliran di CFD. Permukaan mereka khusyuk berdoa karena keselamatan burger Rohingya yang tengah enim korban kekerasan military Myanmar.


Wakil kursi Komite III DPD RI Fahira Idris yang hadir di acara tersebut sempat berorasi. Dialah mengecam aksi keji terhadap etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. Menurutnya, kejadian di myanmar merupakan keburukan kemanusiaan luar biasa. Ironisnya dilakukan oleh yang selama ini diagung-agungkan penerimaan nobel perdamaian.

Dikutip dari Channel berita Asia, Kamis 2 September 2017, Lebih dari 2.600 rumah milik burger Rohingya di sebelah barat laut negara tersebut dibakar. Semenjak pertikaian pecah, data unhcr mencatat, 58.600 burger Rohingya kabur ke Bangladesh. Sampai kini, bantuan kemanusiaan PBB pun masih padat menjangkau dicuri Rohingya.

Selain itu, warga Rohingya apa telah cobalah kabur, mereka tetap dikejar-kejar oleh tentara Myanmar.

Menghadapi krisis kemanusiaan apa terjadi di myanmar itu, Indonesia pun didesak mengambil peran. Presiden Joko Widodo tak tinggal diam. Sang Presiden langsung melakukan langkah di dalam menanggapi bab tersebut. Ada 5 hal yang telah dilakukan pemerintah Indonesia terkait krisis di Rohingya, Myanmar. Apa saja? Berikut uraiannya.

Saksikan tayang video menaiknya berikut ini:


*

Konflik Rohingya di myanmar mendapat peringatan khusus dari Indonesia. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengutus menkes Luar Negeri Retno Marsudi karena datang langsung nanti Myanmar.

"Insyaallah kita menjadi berkunjung setelah Myanmar, itupenggunaan sedang atur semuanya. Mudah-mudahan dapat langsung kita lakukan," kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 30 Agustus 2017.

Sejak konflik kembali pecah, Retno terus berkomunikasi mencapai pemerintah Myanmar. Indonesia menjadi penekan agar myanmar segera mengendalikan kerahasiaan di Rakhine State, sehingga noël perlu lagi ada korban warga sipil Rohingya.

Retno cantik berkomunikasi menjangkau National security Advisor myanmar dan sekretaris kesehatan Luar Negeri Bangladesh. Kedua negara ini tidak boleh terpisah batin penyelesaian melecehkan kemanusiaan warga Rohingya.

"Bagaimanapun juga Myanmar dan Bangladesh harus kerja sama yang baik batin penanganan, khususnya penanganan pengungsi. Tidak punya kerja sama yang baik akan berat penanganan pengungsi ini dilakukan," jelas dia.

Selain itu, menteri kesehatan Luar Negeri Turki juga menghubungi Retno pagi ini. Pembicaraan tentu saja terkait evolusi situasi di Rakhine State.

"Mudah-mudahan jadwal saya dapat langsung difinalkan karena kunjungan setelah Myanmar. Dan saya sudah lapor usai Presiden," dokter Retno.


*

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, diresmikan aliansi lembaga penguncian diri masyarakat apa bergerak di bidang kemanusiaan untuk membantu krisis humaniter terhadap etnis Rohingya dan roti isi daging sipil terdampak menabrak di Rakhine, Myanmar. Peresmian itu dilakukan diatas Kamis 31 Agustus, hampir satu pekan pasca-konflik bersenjata teranyar yang pecah di Rakhine.

"Gabungan LSM ini menamakan diri seperti Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM), beranggotakan 11 lembaga yang berfokus pada isu kemanusiaan, khususnya di negara tersebut," jelas Muhamad Ali Yusuf, mewakili ormas Nahdlatul Ulama apa sekaligus bertindak sebagai ketua AKIM, kala menyampaikan kata sambutan inaugurasi aliansi tersebut di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis 31 Agustus 2017.

Beberapa anggotaenam AKIM meliputi Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, lumbung Merah Indonesia, PKPU, dan Aksi Cepat Tanggap.

Ali Yusuf menambahkan, aliansi apa didukung melalui Kemlu RI dan turut bersinergi dengan pemerintah myanmar serta berhenti internasional itu, telah membentuk program bernama Humanitarian asisten for Sustainable Community untuk Myanmar (HASCO).

Program itu become memberikan sejumlah bentuk bantuan humaniter dan pengembangan kapasitas karena area dan masyarakat yang terdampak konflik di Rakhine.

Lihat lainnya: Ip Man 4 The Finale (2019 Full Movie), Watch Ip Man 4: The Finale

"Bantuan itu become dilaksanakan selama 2 tahun, dimulai dari 2017 ini, yang berfokus diatas empat bidang, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan humanitarian relief," ungkap pria yang turut menjabat such Ketua Lembaga Penanggulangan wabah dan Perubahan gasthof (LPBI) NU.