Mengenal para rasul apa diutus kepada umat human merupakan perkara cukup dan mendesak dibutuhkan kaum muslimin, baik berkenaan mencapai iman, tugas, ciri dan kehidupan mereka agar dapat dijadikan suri mengalamai bagi manusia.

Anda sedang menonton: Para nabi dan rasul memiliki tugas

Apalagi dimasa kini dan special kaum muslimin yang sudah kurang sopan dari kenabian dan ajarannya. Sehingga sudha menjadi kewajiban setiap muslim untuk mengajak saudaranya mengenal bagian belakang permasalahan ini sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah.

TUGAS PARA RASUL1. Mewajibkan agung mereka ialah mengajak umat ​​manusia beribadah kepada Allah dan ditinggalkan sesembahan selainNya.<1>

Dakwah kepada tauhid dan beribadah hanya kepada Allah merupakan radikal dan beraliran dakwah para rasul seluruhnya, sebagaimana dikhabarkan Allah batin firmanNya:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أَمَّةٍ رَّسُولاً أَنِ اعْبُدُوا اللهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ

Dan sesungguhnya kalian telah mengutus rasul di atas tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thagut itu. .

Dalam ayat yang mulia ini, Allah demisioner tugas, dasar dakwah dan berkembang biak risalah para rasul. Yaitu mengajak kepada tauhid, mengikhlaskan ibadah hanya kepada Allah dan menjauhi segala sesembahan selainNya <2>. Bab ini also disebutkan batin firmanNya:

وَمَآأَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ مِن رَّسُولٍ إِلاَّنُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لآ إِلَهَ إِلآ أَنَا فَاعْبُدُونِ

Dan Kami noël mengutus seagenbolaonline.organg rasul dahulu kamu, melainkan kita wahyukan kepadanya : “Bahwasanya noël ada Ilah(yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian ini adalah Aku”. .

Hal ini dikarenakan para rasul diutus untuk menjelaskan beraliran menuju gawangnya penciptaan manusia yang Allah jelaskan batin firmanNya:

وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنسَ إِلاَّلِيَعْبُدُون

Dan Aku noel menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKu. .

Tauhid also merupakan asas fithrah manusia apa diperintahkan untuk ditegakkan, sebagaimana di dalam firmanNya:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَتَ اللهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لاَتَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَيَعْلَمُونَ مُنِيبِينَ إِلَيْهِ وَاتَّقُوهُ وَأَقِيمُوا الصَّلاَةَ وَلاَتَكُونُوا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Maka hadapkanlah wajahmu mencapai lurus kepada keagamaan (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah apa telah menciptakan umat ​​manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan di atas fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia noel mengetahui, dengan back bertaubat kepadaNya dan bertaqwalah kepadaNya serta dirikanlah shalat dan jangan lakukan itu kamu tersirat agenbolaonline.organg-agenbolaonline.organg yang mempersekutukan Allah. .

Para rasul mengajak umatnya karena mewujudkan tauhid dalam diri mereka dan menjangkau segala kemampuannya, mereka merealisikan dakwahnya tersebut. Cukuplah saga Nabi Nuh dalam surat Nuh sebagai contoh kegigihan para rasul di dalam mendakwahkan tauhid kepada masing-masing kaumnya.

2. Menyampaikan syari’at Allah kepada umat ​​manusia dan menjelaskan agama yang diturunkan kepada manusia, sebagaimana firman Allah:

يَاأَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَآأُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ وَاللهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ إِنَّ اللهَ لاَيَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

Hai Rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari Rabb-mu. Dan jika noel kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu noël menyampaikan amanatNya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Pada kenyataannya Allah noël memberi petunjuk kepada agenbolaonline.organg-agenbolaonline.organg apa kafir.

بِالبَيِّنَاتِ وَالزُّبُرِ وَأَنزَلْنَآ إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَانُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

Keterangan-keterangan (mu’jizat) dan kitab-kitab. Dan kita turunkan kepadamu Al Qur’an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia maafkan saya yang telah diturunkan kepada mereka supaya mereka memikirkan. .

3. Demo umat kepada jenis dan menyampaikan kabar kepada mereka sekitar pahala apa disiapkan bagi pelakunya, serta peringatan kepada mereka dari kejelekan dan siksaan apa disiapkan buat yang melanggarnya. Allah berfirman :

رُّسُلاً مُّبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ لِئَلاَّ يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَى اللهِ حُجَّةُُ بَعْدَ الرُّسُلِ وَكَانَ اللهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

(Mereka kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan penyedia peringatan agar supaya noël alasan bagi human membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. .

4. Memperbaiki manusai dengan mengalamai dan contoh yang baik dalam perkataan dan perbuatan. Allah berfirman :

أُوْلَئِكَ الَّذِينَ هَدَى اللهُ فَبِهُدَاهُمُ اقْتَدِهْ قُل لآأَسْئَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِنْ هُوَ إِلاَّ ذِكْرَى لِلْعَالَمِينَ

Mereka itulah agenbolaonline.organg-agenbolaonline.organg yang telah diberi petunjuk malalui Allah, maka ikutilah petunjuk mereka. Katakanlah: “Aku noël meminta upah kepadamu batin menyampaikan (Al Qur’an)”. Al Qur’an itu tidak lain hanyalah peringatan karena segala umat. .

Lihat lainnya: Use Loker Gresik 2021 Lulusan Sma /Smk, D3, S1, Loker Kediri

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا اللهَ وَالْيَوْمَ اْلأَخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada di ~ (diri) Rasulullah akun itu suri teladan apa baik bagimu (yaitu) bagi agenbolaonline.organg yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia kerumunan menyebut Allah. .

5. Para rasul mempunyai saya bersedia mengurus menegakkan dan menerapkan syari’at Allah diantara hamba-hambaNya. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

وَأَنِ احْكُم بَيْنَهُم بِمَآأَنزَلَ اللهُ وَلاَتَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَن يَفْتِنُوكَ عَن بَعْضِ مَآ أَنزَلَ اللهُ إِلَيْكَ فَإِن تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ أَنَّمَا يُرِيدُ اللهُ أَن يُصِيبَهُم بِبَعْضِ ذُنُوبِهِمْ وَإِنَّ كَثِيرًا مِّنَ النَّاسِ لَفَاسِقُونَ