Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih banyak lagi.


Anda sedang menonton: Materi berbakti kepada orang tua

*

*

*
*
*

*
Perbesar
Ajaran birrul walidain batin agama Islam demo betapa mulianya sosok orangtua di hadapan Allah SWT. Apa dimaksud birrul walidain adalah berbakti kepada orangtua.
Mengutip dari Konsep Birrul Walidain karya Luky Hasnijar, secara luas arti birrul walidain adalah berbuat baik kepada kedua orangtua, menunaikan ke kanan orangtua dan (kewajiban terhadap) mereka berdua, militer menaati keduanya, melakukan hal-hal apa membuat mereka bahagia ,dan menjauhi berbuat buruk terhadap mereka.
Perintah karena berbakti kepada orangtua ini tertuang dalam beberapa ayat Alquran, penyimpangan satunya surat Al-Luqman ayat 14 dan 15 yang berbunyi:
“Dan kami perintahkan kepada umat ​​manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya di dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang tengah bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
Dan jika keduanya memaksamu buat mempersekutukan menjangkau aku sesuatu yang noël ada pengetahuanmu circa itu, maka janganlah kamu diikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan people yang kembali kepada-Ku, kemudian just kepadaKulah kembalimu, Maka Kuberitakan kepadamu maafkan saya yang telah kamu kerjakan." (QS. Al-Luqman: 14-15).


Lihat lainnya: Download Film Korea Pinocchio Subtitle Indonesia, Download Drama Korea Pinocchio Sub Indo Episode 1

Ayat tersebut menerangkan bahwa umat Islam wajib berbakti kepada orangtua selama itu tidak bertentangan dengan ajaran agama.