agenbolaonline.org.com – logo HUT ke-74 RI duluan kali diumumkan melalui akun twitter resmi Kementerian sekretariat Negara. Tak hanya logo biasa, logo design kali ini memiliki cost filosofis tersendiri.

Anda sedang menonton: Lambang hut ri ke 74

Wakil kepala Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Ricky Pesik mengatakan mengolahnya pembuatan logo design HUT ke-74 RI tersebut malalui proses apa panjang.

Keterlibatan start Bekraf dalam pembuatan logo HUT RI tersebut berawal saat aku terakhir upacara perayaan HUT ke-70 RI.

Pihaknya menilai proses apa ada tentang pembuatan identitas kurang tepat, sehingga then Bekraf mengusulkan ke Sekretarian bangsa (Setneg) untuk dibantu Bekraf.

Karena deviasi satu below sektor kreatif Bekraf adalah desain komunikasi visual, maka Bekraf luaran mitra profesional ADGI.

Baca juga: 32 EWS Merapi Dibunyikan saat 17 Agustus, warga Diimbau noël Panik


Dapatkan informasi, inspirasi dan understanding di email kamu.Daftarkan email


“Lalu kita meminta ke ADGI buat open call setelah anggota untuk mengusulkan rancangan. Memanggang sejak upacara perayaan 71-74 dirancang malalui ADGI,” katanya lagi.

Perancangan Identitas

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan ingin memberikan contoh sekitar proses profesional nanti lembaga-lembaga pemerintah lain relevan perancangan identitas.

“Jadi, kami ingin memberi contoh usai lembaga-lembaga otoritas lainnya di mana proses profesional karena perancangan identitas. Enim bukan sekedar pembuatan logo, tapi penyampaian makna, sampai koknya implementasi setelah berbagai medium,” imbuh dia.

Untuk proses sulungnya logo ini Ricky menyebut tahapannya awal dengan permohonan Setneg setelah Bekraf. Selanjutnya Bekraf menyusun panduan strateginya yang kemudian disampaikan nanti ADGI. Terdekat ADGI menyampaikan ke anggotanya dan mengirimkan berbagai kandidat dari berbagai kota.


Selanjutnya Bekraf dan Mensesneg akan melakukan kurasi then dibawa ke presiden.

“Kita tak mau proses penting perayaan HUT RI dikerjakan amatir. Memanggang mereka (ADGI) melakukan sayembara kyung 5-10 people lalu diajukan ke presiden oleh major Bekraf dan Mensesneg. Apa menyetujui presiden,” kata Ricky.

Mengenai penunjukan ADGI sendiri, Ricky menyebut chapter ini lantaran di batin ADGI terdiri dari orang-orang profesional di dalam bidang desain komunikasi visual, sehingga mereka dianggap pantas untuk hal ini

Baca juga: 17 Agustus, WR Supratman dan lagu-lagu Indonesia Raya

"Mereka bukan sekedar tukang gambar. Itu ilmu perancangan identitas adalah pekerjaan mereka sehari-hari," kata Ricky lagi.

Makna dan Filosofi

Bima Surya, menyebut makna numeral 74 menggambarkan circa persatuan, bukan 7 dan ~ no 4 tetapi 74. Halaman ini menurutnya melambangkan kyung kita, bukan “aku” atau “kamu”.

Perasaan sebagai inilah yang menurutnya seharusnya hatim oleh seluruh person Indonesia.Bima menjelaskan cost filosofis dari logo ini juga terdapat di ~ garis elevasi di dalam logo, bab tersebut melambangkan visi untuk selalu were yang terbaik.

“Di dalam logo terdapat garis elevasi simbolis visi untuk selalu menjadi yang terbaik, dan garis yang bergerak nanti kanan mewakili pergerakan ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Dari nomor 7 setelah angka 4 juga membentuk garis petir melambangkan gerak, kerja, energi apa menginspirasi dari atas nanti bawah.

Baca juga: Sambut HUT RI, Ini Tawaran memukau Rumah dan Apartemen

Selain menemani itu ia menyebut bahwa makna merah diatas logokali ini also disebutnya lebih dimatangkan. “Melambangkan kedewasaan dan kebijaksanaan,” ungkapnya.

Sedangkan warna weiss menurutnya mengacu kepada warna yang ada batin bendera. Selain akun itu putih tambahan memiliki cost filosofis tersendiri.

“Putih simbolis keikhlasan dalam bekerja,”

Dalam logo design kali ini, tagline SDM Unggul Indonesia Maju also diusung. Hal ini menggambarkan penglihatan pemerintah di dalam momentum ini untuk meningkatkan kualitas bersumber daya human Indonesia.

Lihat lainnya: Bacaan Doa Agar Disembuhkan Dari Sakit Yang Diajarkan Rasulullah

Dapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap hari dari agenbolaonline.org.com. Mari bergabung di Grup telegram "agenbolaonline.org.com berita Update", caranya klik link https://t.me/agenbolaonline.orgcomupdate, kemudian join. Milik mereka harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.