Paragraf disebut tambahan alinea. Kata paragraf disera usai dalam bahasa Indonesia dari kata Inggris paragraph, sedangkan kata alinea dari bahasa Belanda mencapai ejaan yang sama. Kata belanda itu sendiri berasal dari kata Latin a linea, apa berarti ‘mulai dari garis baru’.

Anda sedang menonton: Jumlah kalimat dalam satu paragraf


Paragraf dapat dijelaskan seperti bagian dari suatu karangan atau tuturan apa terdiri overhead sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan insula dengan ideas pokok such pengendalinya.
(1) Malam harinya kami awal sibuk. (2) Barang sewaan mulai berdatangan. (3) Tenda dipasang langsung malalui petugas. (4) Keluarga berkembang biak berbincang –bincang merancang bagaimana arena harus diatur. (5) Sebagian menyiapkan dipan angkasa khitanan mencapai hiasan-hiasan spreinya. (6) sebagian firmicutes di dapur menyiapkan makan selanjutnya. (7) ada pula yang membuat penganan untuk penambah memberi makan kecil. (8) Pokoknya semuanya bekerja.
(1) Bahasa Indonesia apa melayani berjuta-juta pemakainya lambat suasana hati menjadi dengan tegas tangguh. (2) sebagai sebuah alat karena memenuhi kebutuhan sehari-hari, alat itu bisa juga terkikis, menjadi majal noël tajam lagi. (3) demikian pula halnya bahasa Indonesia. (4) Berpuluh kelewat beratus kosa kata yang telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan bidang studi apapun, masih terasa kekurangan. (5) halaman ini sudah kita pahami untuk masyarakat Indonesia yang sedang membangun dan dalam pada itupun pikiran terkembang disusul kemajuan di daerah iptek maupun daerah kebudayaan, ternyata sangat memerlukan wahana untuk dapat menampung gagasan-gagasan apa relevan. (6) Bahasa Indonesia such wahana buat mengungkapkan daya-daya pikiran, psikis, ide-ide baru, terutama bidang-bidang kesenian yang banyak jenisnya itu, hampir-hampir noël berdaya untuk menyediakan istilah maupun tata-tata nama karena memenuhi kebutuhan tersebut.
Contoh (1) diatas terdiri atas 8 kalimat yang saling kait-mengait, form satu satuan. Sentence (1) merupakan kaliat topik yang mengandung ideas pokok sebagai pengendali. Dikatakan such pengendali untuk ide kurung itu mengendalikan uraian ataukah penjelasan-penjelasan lebih dekat sehingga ide pokok beserta penjelasan berikutnya membentuk satu normal makna. Diatas kalimat (1) dikemukakan bahwa ‘kami mulai sibuk’ seperti ide basis paragraf. Kalau hanya dikatakan ‘sibuk’, orang tentu saja akan bertanya, “Kesibukan maafkan saya yang terjadi?, “Apa wujud kesibukan itu?”. Jawabannya dijelaskan di atas kalimat kaliat berikutnya, yaitu sentence (2-8). Kesibukannya ialah ‘barang sewaan awal berdatangan’ (kalimat 2), ‘petugsa memasang tenda’ (kalimat 3), ‘keluarga inti membicarakan penataan arena’ (kalimat 4), ‘ada yang menyiapkan dipan khitanan’ (kalimat 5), ‘ada yang menyiapkan makan’ (kalimat 6), dan ‘ada pula yang membuat penganan’ (kalimat 7), sedangkan kalimat (9) akibat merupakan ulangan bagi kaliat (1).
Contoh (2), keenam kalimat yang were unsur paragraf itu, judul merupakan kalimat apa benar, kalimat yang mengikuti kaidah bahasa Indonesia. Menjadi tetapi, kalau kita dibaca paragraf menemani itu dari kalimat (1) sampai kalimat (6), kita menjadi bertanya-tanya, maafkan saya sebenarnya apa ingin dikemukakan penulis. Di atas kalimat (1) penulis saya membicarakannya bahwa bahasa Indonesia makin lama were semakin tangguh, tetapi kalimat-kalimat berikutnya kesamaan sekali noël mendukung ideas tersebut. Jelaslah bahwa paragraf 2 diatas termasuk termasuk paragraf yag kurang berhasil. Kesuksesannya itu noël disebabkan melalui struktur sentence yang were unsurnya, tetapi karena kekurangpaduan makna paragraf.
Sebuah paragraph dapat terdiri atas 2 atau 10 kalimat, tetapi banyaknya kalimat di dalam satu paragraph tidak terlalu panjang. Juga ada kalanya meminta paragraph just terdiri overhead satu kalimat saja.
Dalam satu paragraph terdapat unsur-unsur: 1) sentence topik, 2) kalimat penjelas, dan kalimat penyimpul. Sentence topik memuat gagasan dasar apa tersusun atas: berlipat gagasan radikal dan pembatas gagasan dasar. Inti gagasan dasar dulu subjek dalam kalimat topik. Sedangkan pembatas gagasan mendasar memberikan isyarat atau were rambu-rambu untuk membuat sentence penjelas. Sentence penjelas memberikan penjelasan: 1) alasan ataukah sebab-musabab, 2) kenyataan ataukah bukti, 3) penjelasan mencapai angka-angka konkret, dan 4) penguat apa dikutip dari diperoleh lain. Sedangkan sentence penyimpul menempati bagian beranjak suatu paragraph. Sentence ini berisi ringkasan isi kalimat topik dan kalimat penjelas.
Penulisan i ada tiga cara: 1) cara Eropa, yaitu cara penempatan garis baru dilakukan menjangkau menempatkan mulailah kalimat pertama suatu paragraph sedikit nanti tengah page tulis bersangkutan, 2) cara Amerika, penempatan garis baru dilakukan tepat di pinggir halaman tulis dan lurus usai bawah; hanya antara dua i lebih direnggangkan daripada jarak antara baris dengan pengelolaan biasa, 3) cara Eropa-Amerika, yaitu perpaduan antara dua bentuk di atas. Cara yang umum dipakai cara pertama. Ketiga bentuk penulisan tersebut dapat pidato dengan gambar kemudian trlihat under ini.
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………...
………………………………………………
………………………………………………………………………
……………………………………………
……………………………………………
……………………………………………………………………
………………………………………………………………..
Paragraf apa baik memiliki beberapa syarat. Syarat paragraf apa baik, yaitu: (1) kesatuan, (2) kepaduan, dan (3) kelengkapan (Sunardji dan Hartono 1998).
Tiap paragraf just mengandung satu gagasan pokok atau satu topik. Untuk itu, di dalam pengembangannya tidak boleh terdapat unsur-unsur yang sama sekali noël berhubungan mencapai topik ataukah gagasan pokok tersebut. Penyimpangan menjadi menyulitkan pembaca pemahami paragraf tersebut. Jadi, satu paragraf just boleh mengandung satu gagasan pokok atau satu topik.
*
Paragraf dianggap mempunyai normal jika kalimat-kalimat di dalam paragraf itu noël terlepas dari topiknya atau always relevan mencapai topik. Setiap orang kalimat terfokus di atas topik dan menghindari masuknya hal-hal yang noel relevan. Kronologi paragraf berikut.
Inflasi adalah suatu terms ekonomis yang ditandai dengan meningkatnya harga barang kebutuhan sehari-hari. Alasan inflasi dapat dikemukakan dengan singkat sebagai berikut ini. Apa pertama dan yang terpenting adalah pengeluaran dana yang besar melalui pemerintah buat membiayai peperangan. Yang kedua, apabila banyaknya uang apa beredar melebihi apa diperlukan untuk penyediaan barang. Akhirnya, yang dapat dulu penyebab inflasi ialah apabila poara buruh menuntut kenaikan upah yang berpengaruh kepada meningkatnya nilai produksi. Meskipun upah yang berpengaruh kepada pengeluaran dana oleh pemerintah untuk membiayai programnya, seperti: peperangan, adalah penyebab apa terutama.
Gagasan kurung atau tema paragraf di atas adalah inflasi. Gagasan kurung ini diperinci atau dijelaskan melalui beberapa gagasan mendukung berikut:
(1) inflasi ditandai mencapai meningkatnya harga barang
(2) menyebabkan inflasi
(3) menyebabkan inflasi apa utama
Perincian atau penjelasan ini diurut sedemikian hingga hubungan antara satu kalimat dengan sentence lainnya merupakan satu kesatuan apa bulat.
Kota Yogyakarta dikenal juga sebagai kota pelajar. Tanah di sekitarnya mendesak subur. Crowd pendatang baru yang datang untuk mencari pekerjaan. Di atas malam aku banyak rakyat berjalan-jalan di sepanjang cara Malioboro untuk menghirup udara malam (Ramlan 1993: 9).
*
Contoh di atas terdiri atas empat kalimat. Di atas kalimat (1) yang merupakan kalimat topik dinyatakan bahwa “kota Yogyakarta dikenal juga sebagai kota pelajar” seperti ide pokoknya. Seperti “kota pelajar” seharusnya bermantel bahwa di town itu crowd terdapat lembaga pendidikan, baik lembaga pendidikan menengah umum maupun lembaga training tinggi, baik negeri maupun swasta sehingga banyak pemuda dari luar Yogyakarta datang untuk belajar, dan seterusnya. Ini adalah tetapi, penjelasan yang diberikan pada contoh di atas noël demikian.
Syarat yang kedua apa harus dipenuhi melalui sebuah paragraf ialah korehensi atau kepaduan. Satu paragraf bukanlah merupakan kumpulan ataukah tumpukan kalimat apa masing-masing kedudukan sendiri atau terlepas, tetapi dibangun melalui kalimat yang mempunyai koneksi timbal balik. Pembaca dapat mencapai mudah dipahami dan disusul jalan pikiran penulis tidak punya hambatan untuk adanya loncatan pikiran yang membingungkan. Urutan pikiran apa teratur, akan memperlihatkan adanya kepanduan hati. Jadi, kepaduan atau koherensi dititikberatkan di ~ hubungan antara kalimat dengan kalimat. Linimasa paragraf berikut.
(1) Inflasi adalah suatu terms ekonomis apa ditandai mencapai meningkatnya harga barang kebutuhan sehari-hari. Alasan inflasi dapat dikemukakan dengan singkat sebagai berikut ini. Apa pertama dan yang terpenting adalah pengeluaran dana yang besar melalui pemerintah buat membiayai peperangan. Apa kedua, apabila banyaknya uang yang beredar melebihi yang diperlukan untuk penyediaan barang. Akhirnya, apa dapat dulu penyebab inflasi ialah apabila para buruh adjuvan kenaikan upah yang berpengaruh kepada meningkatnya cost produksi. Meskipun ada beberapa menyebabkan inflasi, pengeluaran dana melalui pemerintah untuk membiayai programnya, seperti: pepernagan, adalah penyebab apa terutama.
(2) Kemarin saya pergi nanti kampus. Dort saya temu dengan Pak Adi. Dialah berkata bahwa besuk pagi akan pergi usai Semarang.
(3) Adalah suatu kejahatan menjual kepulauan ini kepada Jepang. Pulau-pulau ini ~ no tumbuh begitu saja dari karang apa tandus, become tetapi, bagi kita kepulauan ini merupakan zamrud di ujung timur Soviet.
*
Suatu paragraf konon lengkap, jika berisi kalimat-kalimat penjelas apa cukup untuk menunjang kejelasan kalimat topik atau kalimat utama. Sebaliknya suatu paragraf ia mengatakan tindak lengkap, jika noël dikembangkan atau hanya diperluas mencapai pengulangan-pengulangan. Kronologi contoh berikut.
melecehkan kepulauan yang dihadapi dewasa ini ialah noel adanya peminat atau penggemar tipe binatang laut, sebagai halnya peminat ataukah penggemar penghuni darat burung-burung apa indah.
Paragraf di atas just terdiri atas satu kalimat, yaitu sentence topik. Noël ada kalimat-kalimat penjelas apa berfungsi menunjang kejelasan kalimat topik. Menjangkau kata lain, kalimat topik noël dikembang. Mencoba dibandingkan mencapai paragraf berikut, apa dikembangkan secara lengkap.
melecehkan kelautan apa dihadapi dewasa ini ialah tidak adanya peminat ataukah penggemar types binatang laut, sebagai halnya peminat ataukah penggemar penghuni darat atau burung-burung apa indah. Noël ada penyediaan dana buat melindungi ketam, kenari, kima, atau tiram mutiara sebagaimana halnya untuk panda atau harimau. Jenis mahluk laut tertentu tiba-tiba punah sebelum umat ​​manusia sempat melindunginya. Tiram raksasa di kawasan Indonesia bagian barat kebanyakan siap punah. Sangat sulit menemukan tiram lives dewasa ini, padahal rumah tiram apa sudah mati mudah ditemukan. Demikian juga halnya menjangkau kepiting cocos dan kepiting begal yang biasanya bertebar dari pantai barat Afrika sampai bagian barat Laut Teduh, kini hanya dijumpai di daerah yang terpencil. Dari mana dana diperoleh untuk melindungi setiap orang itu?
dalam paragraf di ~ penulis cantik berusaha kata itu contoh-contoh sekitar masalah kelautan, sehingga dengan contoh-cotoh tersebut masalah enim jelas. Memanggang dalam pengembangan paragraf, harus digambarkan secara jelas karena menunjang pemahaman pembaca.
*

Teman-teman, senang pertemuan dengan kalian! shang makan bersama dan bisa ~ bertukar pengalaman yang menarik mendesak kurindukan. Makan bakso dan minum es jeruk together di tavern Pak Jo siap lama tidak kita lakukan. Sebentar lagi five 2003 menjadi berakhir dan lima yang baru, 2004 become datang.
Tahun baru berarti umur untuk kita bertambah. Pahala selalu kita dapat dari pergantian lima baru. Akan tetapi, tahun baru bisa ~ kita digunakan sebagai sign kesempatan kita memperbaiki diri. Di lima baru, kita bisa berjanji di ~ diri sendiri buat meninggalkan kebiasaan buruk. Misalnya, tahun dokter kalau belajar noël harus disuruh-suruh, akan bangun tidur lebih pagi, tidak berantem lagi dengan adik. Terserah kita, apa saja yang akan itupenggunaan perbaiki di lima mendatang.
Karena masih ada koneksi dengan waktu, itu menuliskan berbagai penunjuk waktu buat kita. Mau tahu? Baca booker Penunjuk Waktu. Di situ kita akan kenal bahwa since zaman sebelum nenek moyong kita sudah berusaha membuat alat pengukur dan penunjuk waktu.
(1) Malam harinya kami mulailah sibuk. (2) Barang sewaan awal berdatangan. (3) Tenda dipasang langsung melalui petugas. (4) Keluarga berkembang biak berbincang –bincang merancang di mana arena harus diatur. (5) Sebagian menyiapkan dipan angkasa khitanan menjangkau hiasan-hiasan spreinya. (6) sebagian tetap di dapur menyiapkan makan selanjutnya. (7) ada pula yang membuat penganan karena penambah papan kecil. (8) Pokoknya alles bekerja.
(1) Kemarin saya pergi ke kampus. (2) dort saya pertemuan dengan Pak Adi. (3) itu berkata bahwa besuk pagi menjadi pergi nanti Semarang.
(1) Adalah suatu kejahatan jual kepulauan ini kepada Jepang. (2) islands ini bukan tumbuh begitu saja dari karang yang tandus. (3) menjadi tetapi, bagi kami kepulauan ini merupakan zamrud di ujung timur Soviet.

Lihat lainnya: Makanan Yang Baik Untuk Kucing Hamil, 15 Makanan Kucing Hamil Yang Bagus Dan Mereknya


(1) Bahasa Indonesia yang melayani berjuta-juta pemakainya lambat laun menjadi militer tangguh. (2) sebagai sebuah alat buat memenuhi kebutuhan sehari-hari, tool itu bisa juga terkikis, were majal noël tajam lagi. (3) juga halnya bahasa Indonesia. (4) Berpuluh juga beratus kosa kata apa telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan bidang studi apapun, masih terasa kekurangan. (5) hal ini sudah kita pahami untuk masyarakat Indonesia yang sedang building dan dalam pada itupun ingat terkembang mengikuti kemajuan di bidang iptek maupun field kebudayaan, ternyata sangat memerlukan wahana untuk dapat menampung gagasan-gagasan yang relevan. (6) Bahasa Indonesia such wahana karena mengungkapkan daya-daya pikiran, psikis, ide-ide baru, terutama bidang-bidang kesenian yang banyak jenisnya itu, hampir-hampir tidak berdaya buat menyediakan istilah maupun tata-tata nama buat memenuhi kebutuhan tersebut.