sakit penggugur dosa disebutkan dalam hadist HR. Bukhari no. 5660, “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu diseases dan sejenisnya, melainkan Allah ini adalah mengugurkan bersamanya.. Dan selengkapnya dalam jadwal acara ini.

Anda sedang menonton: Hadits tentang sakit penghapus dosa

Pernah pemfitnahan kali kita mendengarkan bahwa ketika seorang muslim sakit, maka Allah ini adalah mengampuni dosa-dosanya. Apakah benar demikian?


Untuk mengonfirmasi chapter tersebut, berikut ulasan kumpulan Dalil dari Al-Qur’an dan hadist yang menjelaskan mengenai sakit kemudian penggugur dosa.


Dalil Al-Qur’an

*
*
*

Selain dalil dari Al-Qur’an, Rasulullah SAW juga bersabda dalam beberapa hadits mengenai sakit kemudian penggugur dosa, diantaranya adalah seperti berikut.

Hadits 1

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللَّهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا


“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya such pohon apa mengugurkan daun-daunnya”. (HR. Bukhari no. 5660).

Hadist 2

مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ شَوْكَةٍ فَمَا فَوْقَهَا إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً أَوْ حَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً


“Tidak ada satupun mustiibah (cobaan) yg menimpa seorang muslim berupa duri atau yg semisalnya, melainkan dengannya Allah menjadi mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya.”


Baca juga: Doa Penenang hati (Agar Hati enim Selalu Tenang)

Hadist 3

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلاَ وَصَبٍ وَلاَ هَمٍّ وَلاَ حُزْنٍ وَلاَ أَذًى وَلاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا، إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, ataukah penyakit, ataukah kehawatiran, atau kesedihan, ataukah gangguan, bahkan duet yang melukainya melainkan Allah become menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya” (HR. Al-Bukhari no. 5641,5642)

Hadits 4

مَا يَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ وَالْمُؤْمِنَةِ فِي نَفْسِهِ وَوَلَدِهِ وَمَالِهِ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ وَمَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ

“Bencana senantiasa menimpa setiap orang mukmin dan mukminah diatas dirinya, anaknya dan hartanya, sehingga ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan noël ada kesalahan pada dirinya”. (HR. Tirmidzi no. 2399, Ahmad II/450, Al-Hakim I/346 dan IV/314, Ibnu Hibban no. 697, disahihkan Syeikh Albani di dalam kitab Mawaaridizh Zham-aan no. 576).

Lihat lainnya: Pesawat Lion Air Boeing 737 Max Crash Took Place, Pesawat Lion Air Boeing 737

Demikian ulasan mengenai kumpulan dalil dan hadist apa menjelaskan mengenai sakit kemudian penggugur dosa. Semoga bermanfaat ya.