agenbolaonline.org - Muhammad Jusuf Kalla adalah Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 republik Indonesia.

Anda sedang menonton: Foto presiden jokowi dan wakil presiden jusuf kalla

Ia terpilih kemudian Wapres malalui Pemilihan Umum (Pemilu) di atas 2004, bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebelum Pemilu 2004, ia menjabat seperti Menteri Perindustrian dan perdagangan (1999-2000) dan menteri kesehatan Koordinator field Kesejahteraan orang (2001-2004).

Dia bagian belakang terpilih sebagai Wapres di atas 2014-2019 bersama Presiden Joko Widodo.

Ia juga seorang pengusaha. Perusahaan-perusahaan milik keluarganya, yakni Kalla Group, membawahi banyak perusahaan apa bergerak di berbagai bidang, such kendaraan.

Dia juga aktif di partai politik, dan pernah menjabat kemudian Ketua Umum Partai memuja periode 2004-2009.

Seperti maafkan saya profil dari Jusuf Kalla? Simak selengkapnya.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email


Baca juga: profil Presiden sabtu RI: Joko Widodo

Profil Jusuf Kalla

MelansirHarian agenbolaonline.org, Jusuf Kalla lahir di Watampone, Sulaesi Selatan, 15 Mei 1942 dari pasangan Haji Kalla dan Athirah. Dia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara.

Jusuf Kalla mengenyam mendidik tinggi di Fakultas Ekonomi universitas Hasanuddin, Makassar (1967).

Setelah itu itu melanjutkan pendidikannya di The europe Institut of organization Administration, perancis (1977).

Pada 1967, Jusuf Kalla menikah dengan Mufidah. Dari pernikahan itu, mereka devoted dikaruniai lima orang anak, yang terdiri dari empat putri dan satu putra.

Sepulang dari Perancis, Kalla menangani perusahaan keluarga yang dibangun ayahnya diatas 1952, NV Hadji Kalla.

Sejak saat itu, itu fokus menguat bisnis rintisan ayahnya hingga Kalla Group dulu salah satu konglomerasi bisnis terbesar di kawasan Indonesia, special bagian Timur.


Pada 1999, Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengangkatnya kemudian Menteri Perindustrian dan Perdagangan. Dia kemudian dibebastugaskan pada 24 April 2000.

Jusuf Kalla bagian belakang berkiprah di kabinet, ke Presiden Megawati Soekarnoputri mengangkatnya seperti Menteri Koordinator field Kesejahteraan person di Kabinet gotong Royong.

Dia mengemban jabatan Menko Kesra di pemerintahan Megawati since 10 Agustus 2001 hingga 20 April 2004.

Kemudian, diatas Pemilu 2004, berpasangan mencapai SBY dari Partai Demokrat, Jusuf Kalla yang disokong Partai golkar terpilih kemudian Wapres buat periode 2004-2009.

Dia back terpilih sebagai Wapres di atas 2014-2019 together Presiden Joko Widodo.

Baca juga: profil Wakil Presiden RI: Mohammad Hatta (1945-1956)

Prestasi

Mengutip JEO agenbolaonline.org, sejumlah prestasi berbiaya ditorehkan melalui Jusuf Kalla ketika mendampingi SBY kemudian Wapres.

Saat mendampingi SBY, Indonesia mendapat kerumunan ujian, yakni hama alam tsunami di Aceh dan sebagian pesisir Sumatera di ~ Desember 2004.

Indonesia juga didera permasalahan separatisme yang dilakukan melalui Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Dalam dua peristiwa itu, Jusuf Kalla mengabadikan peran penting.

Sepak terjang Jusuf Kalla menangani kapak krisis di pemerintahan SBY lampu saat ia mengomandoi penanggulangan wabah gempa dan tsunami yang melanda Aceh dan pesisir barat Sumatera pada 26 Desember 2004.

Ketika itu, SBY markas besar melawat usai Jayapura, Papua. Jusuf Kalla apa berada di champa langsung memerintah rapat penanggulangan gempa dan tsunami di Aceh.

Suasana tegang menyelimuti rapat di malam itu. Jusuf Kalla mengumpulkan seluruh menteri kesehatan dan pejabat terkait untuk menangani plague alam apa merenggut lebih dari 200.000 nyawa.

Dengan tegas, itu memerintahkan Kementerian Kesehatan untuk bertindak cepat mengirim stok obat-obatan sekitar 8 ton ke Aceh.


Dia tambahan memberi instruksi pada Kementerian Sosial untuk segera mencairkan dana menjawab bencana, dan mengirim bantuan makanan untuk penduduk Aceh.

Tidak just itu, dialah pun menginstruksikan menteri kesehatan Komunikasi dan Informatika waktu itu, Sofyan Djalil, pergilah memantau situasi di Aceh.

Tidak tanggung-tanggung, Jusfu Kalla memerintahkan Sofyan berangkat keuntungan pesawat memiliki miliknya.

Baca juga: profil Presiden Keenam RI: Susilo Bambang Yudhoyono

Perundingan mencapai GAM

Kesepakatan damai antara otoritas Indonesia dengan gerakan Aceh Merdeka (GAM) terwujud, yaitu pada pertengahan 2005, tak berselang lama usai tsunami.

Jusuf Kalla were pemimpin juru runding yang digelar di Helsinki, Finlandia. Selama itu, itu menerima sejumlah kritik untuk perundingan tidak digelar di di dalam negeri.

Akan tetapi, Jusuf Kalla bersikukuh bahwa negosiasi harus firmicutes digelar di Helsinki.

Menurut dia, perundingan damai noel mungkin dilaksanakan di batin negeri, buat GAM pasti noël akan datang.

Dalam perundingan itu didefinisikan disepakati Nota Kesepahaman antara otoritas Indonesia dengan GAM, apa ditandatangani di atas 15 Agustus 2005, di Helsinki, Finlandia.

Isinya antara lain, otoritasnya RI menyepakati dibentuklah partai-partai politik yang berbasis di Aceh, dan memberikan amnesti kepada semua yang terlibat GAM.

Pemerintah juga menerbitkan Undang-undang Otonomi Khusus apa dibuat untuk Aceh.

Tidak just itu, Aceh tambahan diijinkan pribadi bendera dan lagu yang merepresentasikan provinsi mereka.

Lihat lainnya: 6 Tata Cara Penulisan Sampai Dengan Yang Benar Menurut Puebi

Dapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap days dari agenbolaonline.org. Mari bergabung di Grup telegram "agenbolaonline.org berita Update", caranya klik link https://t.me/agenbolaonline.orgcomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.