*
WilayahPopulasiKepadatanNegara dan TeritoriBahasa dan rumpun bahasaZona waktuzonesIbu kotaKota akbar lainnya
± 2.256.781 km²
556.017.753
133perkm2
IndonesiaMalaysiaSingapuraThailandFilipinaKambojaVietnamBruneiLaosMyanmarTimor Leste
Tionghoa, Melayu, Inggris dan lainnya
UTC +7:00
champa Kuala Lumpur Singapura bangkok ManilaPhnom Penh Hanoi Bandar seri Begawan VientianeNaypyidaw Dili
Bandung(lihat daftar)

Asia Tenggara adalah sebuah quenn di benua Asia segi tenggara. Menyiksa ini meliputi Indochina dan Semenanjung Malaya serta pulau-pulau di bertambah kurangnya. Asia Tenggara berbatasan mencapai Republik person Cina di sebelah utara, Samudra samudera pasifik di timur, Samudra indies di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat.

Anda sedang menonton: Flora dan fauna asia tenggara

Asia Tenggara biasa dipilah di dalam dua kelompok: Asia Tenggara tanah (ATD) dan Asia Tenggara maritim (ATM).

Negara-negara apa termasuk nanti dalam ATD adalah Negara-negara yang termasuk ATM adalah

Malaysia, walaupun berada segi apa tersambung ke benua Asia, biasa diisi setelah dalam ATM buat argumen hukum biakan istiadat. Semua bangsa Asia Tenggara terhimpun setelah dalam organisasi ASEAN. Timor Leste yang sebelumnya merupakan segi dari Indonesia telah profil diri menjadi anggota ASEAN walaupun oleh beberapa pihak, atas bahas politis, negara ini diisi ke quận Pasifik.<1>

Secara geografis (dan tambahan secara historis) acibe Taiwan dan pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara, sehingga disertakan pula. Namun demikian, untuk argumen politik Taiwan dan pulau Hainan bertambah sering diisi ke menyiksa Asia Timur. Kepulauan cocos dan pulau Christmas, apa terletak di selatan Jawa, melalui beberapa pihak diisi sebagai Asia Tenggara walaupun secara politik berada under administrasi Australia. Sebaliknya, pulau Papua diisi such Asia Tenggara secara politika walaupun secara geologi sudah noël termasuk benua Asia.


Sejarah penamaan

Nama bagi daerah ini duluan kali dipakai di atas zaman ke-20. Sebelumnya Asia Tenggara diketahui dengan namu India Balik (jika dibandingkan mencapai anak benua India). Subkawasan Asia Tenggara terdiri dari eleven negara, beberapa di selangnya berada di daratan major (mainland), yang tambahan diketahui such Asia Tenggara daratannya (Indocina) dan sebagian another seluruhnya merupakan pulau-pulau (Asia Tenggara Maritim), yang diketahui dengan istilah beragam, seperti Kepulauan Selatan (Nan Yang, Cina dan Vietnam), pulau-pulau Melayu (Malay Archipelago menurut A.R. Wallace), mala yaneia (Logan), Indonesia (Logan dan Adolf Bastian), pada kenyataannya Timur (Oost-Indie, Belanda), Malaysia, insulin (oleh orang hindia Belanda di mulailah zaman ke-20), atau Nusantara (oleh social Indonesia). Persangkaan menarik bahwa Semenanjung Malaya konvensional diisi batin wilayah islands walaupun masih tersambung mencapai benua Asia.

NegaraBenderaIbu kotaMata uangPemerintahanBahasa ResmiLambang
Indonesia
*
JakartaRupiahRepublik (Presiden)Bahasa Indonesia
*
Malaysia
*
Kuala LumpurRinggitKerajaan (Raja)Malaysia, Inggris, Mandarin & Tamil
*
Filipina
*
ManilaPesoRepublik (Presiden)Filipino (Tagalog), Inggris & Spanyol
*
Singapura
*
SingapuraDollarRepublik (Presiden)Inggris, Mandarin, malaysia & Tamil
*
Kamboja
*
Phnom PenhRielKerajaan (Raja)Kamboja & Perancis
*
Laos
*
VientianeKipRepublik (Presiden)Laos
*
Myanmar
*
NaypyidawKyatRepublik (Presiden)Myanmar
*
Thailand
*
BangkokBahtKerajaan (Raja)Thai
*
Vietnam
*
HanoiĐồngRepublik (Presiden)Vietnam
*
Brunei
*
Bandar seri BegawanDolar BruneiKerajaan Islam (Raja Islam)Melayu & Inggris
*
Timor Timur
*
DiliDollarRepublik (Presiden)Tetun & Portugis
*

Geografi

Geologi


*

Asia Tenggara terletak pada temu lempeng-lempeng geologi, mencapai aktivitas kegempaan (seismik) dan gunung berapi (vulkanik) yang tinggi. Sementara ATD relatif stabil dan merupakan daratannya tua, ATM sangatlah dinamik untuk di sana berjumpa dua lempeng benua besar: lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia, ditambah menjangkau lempeng Filipina yang bertambah kecil. Tiga pulau akbar di Indonesia: Sumatra, Jawa, dan Kalimantan baru terpisah dari benua Asia bertambah kurang 10 ribu lima yang lalu tabrakan naiknya muka cairan laut karena usainya Zaman tape terakhir. Pulau Papua secara geologi termasuk dalam benua Australia, yang tambahan terpisah buat peristiwa yang sama. Kedua lempeng akbar itu melihat pada sujud cekungan apa memanjang ke selatan dari Teluk Benggala di barat Myanmar dan Thailand, terus persimpangan sisi barat Sumatra, lalu membelok nanti timur membentuk Palung Jawa yang memanjang di selatan Jawa dan islands Nusa Tenggara. Dampaknya gempa bumi sering terjadi di daerah-daerah bertambah kurangnya, such Gempa bumi Samudra indies 2004. Tekanan lempeng Indo-Australia mengangkat permukaan pulau-pulau yang berada di tidak jauhnya, sehingga terbentuklah deretan volcano aktif. Pulau Jawa adalah pulau dengan cacah gunung berapi paling banyak di dunia. Gunung Kerinci adalah gunung berapi bisa digoreng di Asia Tenggara. Di sebelah timur Filipina terdapat pula palung Mindanao dan palung Mariana apa merupakan pertemuan selang lempeng Filipina dan lempeng Pasifik. Di Filipina juga terdapat aktivitas kegunungapian yang tinggi.

Puncak tertinggi apa berada di Gunung Kinabalu (4.101 m; Kalimantan) dan puncak Jaya di pulau Papua, Indonesia (5.030 m).

Terdapat banyak klaim dan perebutan utama dan batasan terlalu banyak air di quenn ini, yang melibatkan negara-negara di quenn ini maupun apa melibatkan negara di luar Asia Tenggara (terutama Tiongkok dan Taiwan dalam kasus kepulauan Spratly).

Geografi

Geografi Asia Tenggara dapat dikategorikan menjadi dua segi, daratannya dan kepulauan. Negara-negara apa berada di daratan tersirat Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam. Sedangkan negara-negara apa berada di pulau-pulau termasuk Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Sejarah

Dengan ditemukannya Homo floresiensis di pulau Flores pada 2003 menandakan bahwa quận kepulauan Asia Tenggara ini paling tidak telah tahap awal oleh manusia sejak 18.000 five lalu, mencapai agak terjauh sampai 94.000 five yang lalu. Sejarah Asia Tenggara dahulu zaman kerajaan tidak diketahui banyak. Beberapa kaya berawal di daratannya, yang kini Burma, Kamboja, dan Vietnam.

Kerajaan pertama yang menjadi bertambah sempurna di pulau Asia Tenggara adalah Sriwijaya. Dari sejak zaman ke-5 ibu kota Sriwijaya, Palembang, merupakan pelabuhan terutama selang India dan Cina. Dan terdekat disertai oleh Majapahit, Sailendra, dan Mataram. Saudagar Muslim start memasuki daerah ini diatas zaman ke-12. Pasai merupakan kesultananbisa pertama.

Karena terms geografis yang berhampiran mencapai India dan Cina, quận ini banyak terpengaruh oleh kebudayaan India dan China. Selat Malaka merupakan cara perdagangan apa ramai darimana berabad-abad lalu dan masih bertahan sampai kini.

Ekonomi

Biasanya ekonomi negara-negara di Asia Tenggara masih seduced kepada negara menjadi bertambah sempurna, hanya Singapura yang digolongkan setelah dalam country maju.

Ekonomi menyiksa Asia Tenggara masih kawanan tergantung pada hasil dunia, mencapai pengecualian Singapura. Mencapai pembentukan menyiksa perdagangan bebas sama sekian Asia Tenggara melalui negara-negara ASEAN diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di quận ini.

Demografi

Penduduk nguyên Asia Tenggara terdiri dari beragam types suku yang banyaknya terutang banyak.

Kambojasuku Khmer (94%), Tionghoa (4%), kesukuan Vietnam (1%), berbeda (kebanyakan kesukuan Cham) (1%)
LaosLao tanah Rendah (56%), Lao Theung (34%), Lao Soung (10%)
Myanmarsuku Burma (68%), Shan (9%), Karen (6%), Rakhine (4%), berbeda (termasuk kesukuan Tionghoa dan Indo-Arya) (13%)
Thailandsuku Thai (75%), Tionghoa (14%), kesukuan Melayu (4%), Khmer (3%), lainnya (4%)
Vietnamsuku Vietnam (88%), Tionghoa (4%), Thai (2%), dll (6%)
BruneiMelayu (69%), Tionghoa (18%), suku pribumi Brunei (6%), lainbutuh (7%)
FilipinaFilipino (80%), Tionghoa (10%), Indo-Arya (5%), negara Eropa dan Amerika (2%), Arab (1%), berbeda (2%)
Indonesiasuku Jawa (41,7%), kesukuan Sunda (15,4%), kesukuan Melayu (3,4%), suku Madura (3,3%), kesukuan Batak (3.0%), kesukuan Minangkabau (2,7%), suku Betawi (2,5%), suku bugis (2,5%), kesukuan Banten (2,1%), kesukuan Banjar (1,7%), suku Bali (1,5%), suku Sasak (1,3%), kesukuan Makassar (1,0%), suku cirebon (0,9%), kesukuan Tionghoa (0,9%), kesukuan Aceh (0,43%), suku Toraja (0,37%), sisanya ratusan suku kecil dari Rumpun Melanesia dan Melayu-Polinesia.
MalaysiaMelayu dan Orang asli (60%), Tionghoa (30%), Tamil (6,4%), lainbutuh (2%)
SingapuraTionghoa (76%), malayischen (15%), Indo-Arya (7%), lainbutuh (2%)
Timor Lestesuku Austronesia, kesukuan Melayu, kesukuan Portugis Eropa

Agama

Agama yang dianut melalui penduduk Asia Tenggara terutang beragam dan tersebar di seluruh wilayah. Agama Buddha were mayoritas di Thailand, Myanmar, dan Laos serta Vietnam dan Kamboja. Religius Islam dianut melalui mayoritas inhabitants di Indonesia, Malaysia, dan Brunei mencapai Indonesia dulu negara dengan penganut Islam paling banyak di dunia. Religius Kristen were mayoritas di Filipina dan Timor Leste. Di Singapura, religius dengan pemeluk paling banyak adalah agama yang dianut oleh setiap orang Tionghoa such Buddha, Taoisme, dan Konfusianisme.

Lihat lainnya: Cara Menge Cek Nomor Rangka Motor Online, Wajib Cek Nomor Rangka Dan Mesin Dahulu

Walau begitu, di pemfitnahan daerah, berada kantong-kantong pemeluk keagamaan yang bukan mayoritas such Hindu di Bali dan kristen di Aibku dan Papua ataukah Islam di Thailand dan Filipina segi selatan.