Menko Airlangga pun terus mendorong agar penguatan ketahanan pangan dan pembayaran di muka kesejahteraan petani dulu salah satu perhatian utama Pemda.

Anda sedang menonton: Dinas tanaman pangan dan hortikultura provinsi kalimantan selatan


*
lihat foto
*

Menko Airlangga saat ikut memanen hasil agraris berupa cabai tumpang sari dan melon mencapai para petani doan Tani Ngudi rahayu dari Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, kota Banjarbaru, Jumat (20/8).
*

agenbolaonline.org -Selama pandemi lima 2020-2021, sektor agraris tercatat mampu bertahan dan tertanam positif. Produk Domestik total (PDB) sektor agraris pada lima 2020 tercatat sebesar 1,75% dan di ~ Triwulan I lima 2021 sebesar 2,95%.

Dalam rangkaian kunjungannya di Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (20/8), menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau pertanian komoditas botani hortikultura dan menyempatkan diri karena berdialog mencapai para petani.

Menko Airlangga also ikut memanen hasil pertanian berupa cabai tumpang sari dan melon mencapai para petani apa tergabung dalam kelompok Tani Ngudi rahayu dari Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, town Banjarbaru mencapai jumlah anggota sebanyak 30 people dan luasbutuh lahan tanaman sebesar 28 Ha.


Semua sasaran panen dari petani ini dibeli oleh dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan mencapai harga di ~ harga pasar buat membantu pemasaran tujuan panen para petani, terutama batin masa penyakit menular dunia mode Covid-19.

Hasil panen yang telah dibeli melayani Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan tersebut didistribusikan nanti masyarakat apa tengah menjalani Isolasi mandiri (Isoman) Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi melayani Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Selatan karena tanggap dan betul-betul hadir tolong petani. Apalagi, sasaran panennya pun disumbangkan kepada masyarakat yang sedang Isoman, apa sedang berjuang karena pulih dan diperlukan asupan gizi apa cukup,” terang Menko Airlangga.

Menko Airlangga pun terus mendorong agar penguatan ketahanan pangan dan maju kesejahteraan petani menjadi salah satu peringatan utama Pemerintah quenn setempat. Tambahan ditegaskan bahwa sektor tanah pertanian merupakan deviasi satu sektor esensial untuk menjaga negara dan negara.

“Terutama di masa pandemi sebagai ini, saya harapan agar program-program di sektor agraris terus dioptimalkan implementasinya, terutama dalam hal menyejahterakan petani,” hati-hati Airlangga.

Menko Perekonomian yang juga menjabat seperti Ketua Komite dealing Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) percaya bahwa mencapai sinergi dan koordinasi yang baik antara otoritasnya Pusat, otoritasnya Daerah, TNI, POLRI, dan Masyarakat, Indonesia mungkin segera disetujui dari epidemi Covid-19 dan sekaligus memulihkan ekonomi.

Lihat lainnya: Peluncuran Film Muhammad Al Fatih Penakluk Konstantinopel Oleh Muhammad Al


Kegiatan kotak dialog dengan para petani ini merupakan rangkaian kunjungan merencanakan Menko Perekonomian nanti Kalimantan Selatan. Sebelumnya Menko Perekonomian also meninjau pelaksanaan vaksinansi di GOR Hasanuddin, meninjau fasilitas insulasi terpusat di Balai Pelatihan kesehatan Kalimantan Selatan, meninjau desa percontohan digunakan protokol kesehatan di Citra Garden City Sungai Ulin, serta kepala rapat pengaturan rapat kekanseliran pengendalian dan menangani Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan.(*)