agenbolaonline.org, Jakarta menkes Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menguak satu fact dampak perang dagang amerika serikat dan China bagi Indonesia.

Anda sedang menonton: Dampak perang dagang amerika china

Ternyata Indonesia justru menuai berkah dari kediktatoran dagang AS-China ini. Pasalnya selama Negeri paman Sam menutup akses bagi perdagangan China, cost ekspor Indonesia usai Amerika naik.


Sampai Januari 2021, surplus berdagang Indonesia setelah Amerika Serikat mencapai USD 6,5 miliar. Bila ini terus berlanjut hingga beranjak tahun, ndak tidak bisa nilainya bisa mencapai USD 13 miliar, melesat hingga lebih dari 30 persen.

Selain itu, selama masa pandemik dengan berbagai kebijakan pengurangan mobilitas, ekspor non miga Indonesia kata Lutfi hanya turun USD 600 juta. Numeral ini dinilai lebih baik dibandingkan penurunan ekspor yang terjadi pada tahun 2016 lalu.

"Turunnya minimal dan elastisitasnya positif di 2021, ini pertumbuhan apa luar biasa," kata dia.

Sementara menemani itu kinerja impor mengalami pertumbuhan hingga 28 persen. Dia menilai, numeral ini noel begitu menjadi masalah lantaran produk apa diimpor berupa berwujud baku dan berwujud pendukung batin produksi industry manufaktur apa akan bagian belakang di ekspor.

"Impor ini niatnya bukan karena konsumsi tapi untuk ekspor," kata dia.

 


Pertemuan antara Presiden AS donald Trump dan Presiden China Xi Jinping apa digelar di sela-sela konferensi G-20 ini, diharapkan dapat meredakan ketegangan dagang antara as dan Cina yang beberapa waktu ini turut mempengaruhi perekonomian senin negar...


*

Selain itu, selama pandemi Covid-19 berlangsung Indonesia juga kebanjiran orderan produk ekspor. Bab ini disebabkan pabrik-pabrik di China dan Vietnam kewalahan, tak mampu menyediakan produk ekspor, sehingga pesanan produk tersebut lari ke Indonesia.

"China dan Vietnam, ini mereka juga enggak bisa ~ penuhi acak ekspornya, tapi Indonesia masih bisa. Memanggang saya lihat kita banyak dapat order untuk Indonesia lebih reliable," katanya.

Di sisi lain, harus diakui tingkat ekspor produk UMKM Indonesia masih terbatas. Ini semata untuk para pelakunya UMKM di Indonesia masih mengalami berbagai kendala kemudian akses menembus pasar ekspor, permodalan, jaringan dan kualitas produk yang kurang konsisten karena keterbatasan modal.

Namun, UMKM Indonesia memiliki atasan yang noel banyak dimiliki orang lain, yakni inovasi. Tren inovasi ini dulu barang mahal.

Sehingga pemerintah harus memberikan dukungan dari berbagai kelemahan yang dimiliki UMKM karena bisa bersaing di market global.

Lihat lainnya: Resep Infused Water Timun Dan Jeruk Nipis, Fragsar Infused Water

"Inovasi ini dulu terobosan UMKM untuk bisa bersaing di pasar global," kata dialah mengakhiri.