Ketika membaca deskripsi beberapa ponsel kelas menengah ke atas atau ponsel flagship merek tertentu, di bagian spesifikasi, Anda could akan mengeksplorasi frasa atau kalimat kemudian "layar 5.5" AMOLED berpelindung Corning Gorilla Glass 3" atau yang semacamnya. Pengguna Gadget sebagai ponsel, tablet, laptop atau wearable tentu sudah paham what yang dimaksud mencapai Corning Gorilla Glass tersebut.

Anda sedang menonton: Corning gorilla glass 5 perlu anti gores


Corning Gorilla Glass adalah produk kaca tahan gores buatan pabrik kaca Corning asal Amerika Serikat. Gorilla Glass digunakan karena memberi proteksi di ~ layar perangkat portabel such ponsel, tablet, laptop dan wearable. Kaca tahan gores buatan Corning ini memiliki karakteristik ringan, tipis, kokoh dan kompatibel mencapai teknologi layar sentuh (touch screen). Gorilla Glass used pertama kali tahun 2007 untuk perangkat iPhone.

Gorilla Glass adalah kaca yang diperkuat jernih kimia, membuat dari alkali-aluminosilikat. Kekuatan dan ketahanan goresan adalah tujuan dari tangani itu pertukaran ion apa dialami kaca selama mengolahnya pembuatan. Kaca yang sudah dibuat dicelupkan setelah dalam bak wait garam pada temperatur 400 oC sehingga terjadi pertukaran antara ion kali dari rendaman garam mencapai ion natrium apa lebih small di kaca.

Setelah kaca mendingin, ion-ion apa lebih terlalu tinggi dikemas bersama-sama, hasilkan lapisan kompresi apa dalam awal dari permukaannya kaca. Kaca mendapatkan kekuatan dari lapisan kompresi ini sehingga tangkap terhadap goresan dan kemungkinan kecil juga tidak mengalami berbahaya serius kapan jatuh. Namun, semua juga tergantung dari generasi Gorilla Glass yang used dan faktor-faktor lainnya.

Gorilla Glass pertama siap tersedia antara tahun 2005 dan 2006, namun debut besarnya adalah pada five 2007 ketika digunakan pada iPhone. Pada tahun-tahun berikutnya, mayoritas generasi Gorilla Glass dirilis dengan karakteristik yang semakin baik. Sampai item ini ditulis, Gorilla Glass telah sampai diatas Gorilla Glass 6 apa tentu jauhnya lebih baik dari generasi sebelumnya.


1. Gorilla Glass 1.

Gorilla Glass pertama cantik ada antara five 2005 dan 2006. Pada lima 2007, Gorilla Glass diimplementasikan pertama kali untuk perangkat iPhone model pertama apa sudah awal dikembangkan to apologize Inc. Sejak five 2006. Gorilla Glass generasi pertama memiliki ketebalan 1.5 mm dan terdapat lapisan oleophobic buat meminimalkan sidik jari dan noda.

2. Gorilla Glass 2.

Pada lima 2012, Corning merilis generasi kedua yang disebut "Gorilla Glass 2". Gorilla Glass 2 mempunyai ketahanan apa masih sama, namun terdapat beberapa pembaruan. Gorilla Glass 2 lebih kurusu 20% dari generasi pertama, lebih transparan terhadap cahaya dan memiliki sensitivitas lebih baik. Gorilla Glass 2 dapat menahan tekanan hingga 50 kg. Banyak ponsel flagship apa menggunakan Gorilla Glass 2 adalah Nexus 4 dan Samsung Galaxy S3.

3. Gorilla Glass 3.

Gorilla Glass 3 dirilis lima 2013 di ~ ajang CES (Consumer electronic devices Show). Gorilla Glass generasi ketiga ini rujukan teknologi Native rusak Resistance (NDR) yang memungkinkan kaca dapat menahan goresan lebih dalam. Menurut Corning, Gorilla Glass 3 mampu memberi ketahanan goresan lebih baik pada layar hingga 35% jika dibandingkan menjangkau generasi sebelumnya.

Peningkatan lain pada Gorilla Glass 3 adalah visibilitas gores apa lebih rendah dan kekuatan apa lebih baik nanti goresan terjadi. Masih menurut Corning, Gorilla Glass 3 lebih kokoh dan tiga kali lebih tangkap gores daripada Gorilla Glass 2. Ponsel Motorola Moto G yang penulis miliki menggunakan pelindung Gorilla Glass 3 dan sampai saat ini, layarnya masih mendesak bagus. Mayoritas ponsel lain apa berpelindung kesamaan adalah Motorola Moto X dan Samsung Galaxy S4.

4. Gorilla Glass 4.

Gorilla Glass 4 diperkenalkan akhir five 2014. Perbedaan dengan generasi sebelumnya, Gorilla Glass 4 membawa tujuan baru dengan fokus ketahanan selama jatuh. Dari hasil uji lab, Gorilla Glass 4 dua kali lebih tahan lama dari pendahulunya. Gorilla Glass 4 mampu bertahan ketika slam dari ketinggian 0,8 meter (setinggi pinggang) ke permukaan kasar dan keras. Banyak ponsel apa menggunakan pelindung Gorilla Glass 4 adalah Galaxy keep in mind 5 dan Asus ZenFone 2 Laser.

*

5. Gorilla Glass 5.

Gorilla Glass 5 diperkenalkan tahun 2016. Konsentrasi Gorilla Glass generasi kelima masih kemiripannya yaitu relevan ketahanan kapan jatuh. Gorilla Glass 5 pribadi ketahanan yang lebih geram dan membuat kekuatan empat kali lipat dari Gorilla Glass 4. Dari tujuan uji lab, Gorilla Glass 5 mampu bertahan ketika slam dari ketinggian 1.6 meter. Gorilla Glass 5 tambahan dapat prevalensi retak hingga 80% ketika bang dari ketinggian 1 meter usai permukaan yang sangat keras.

6. Gorilla Glass 6.

Gorilla Glass 6 keluar Juli 2018 kemudian langkah sejati dari generasi kelima. Dari hasil uji lap mencapai metoda baru yang lebih ketat, Gorilla Glass 6 mampu bertahan ketika jatuh 15 kali berturut-turut dari ketinggian 1 meter nanti permukaan yang kasar silam akhirnya pecah. Gorilla Glass 6 dua kali lebih kokoh dari Gorilla Glass 5. Sampai saat ini, Gorilla Glass 6 militer digunakan. Mayoritas ponsel flagship apa menggunakan pelindung Gorilla Glass 6 adalah menyeret Samsung Galaxy S10 dan Sony Xperia 1.

*

Gorilla Glass ~ no satu-satunya kaca pelapis simpan saja gores untuk perangkat portabel. Selain Gorilla Glass dari Corning, ada produk sejenis yang juga populer kemudian Dragontrail Glass dari perusahaannya Asasi asal Jepang dan Sapphire display dari perusaan GT Advanced. Dari ketiganya, Gorilla Glass termasuk yang sangat familiar untuk banyak perangkat portabel apa menggunakan meskipun Sapphire Screen luaran ketahanan lebih baik.

7. Gorilla Glass Victus.

Gorilla Glass Victus dirilis diatas Juli 2020, tepatnya dua lima setelah rilis Gorilla Glass 6. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan nama angka, di generasi terbaru ini, Corning nampaknya benefit pendekatan berbeda. Corning tidak memberi nama belakang pada kaca tahan gores generasi terbarunya mencapai Gorilla Glass 7, melainkan Gorilla Glass Victus. Di Gorilla Glass Victus ini, Corning memberi fokus pada dua halaman yaitu ketahanan ketika jatuh dan pada goresan.

Lihat lainnya: Doa Pelet Lewat Foto Jarak Jauh, Beserta Tata Cara Pelet Wanita Jarak Jauh

Baca item Samsung Galaxy keep in mind 20 Ultra, Ponsel pertama Dengan Gorilla Glass Victus

Dari sasaran uji lab, Gorilla Glass Victus mampu bertahan ketika memukul dari ketinggian 2 meter di atas permukaan apa keras dan kasar. Gorilla Glass Victus juga dua kali (2x) lebih tangkap gores jika dibandingkan mencapai Gorilla Glass 6. Corning menyatakan bahwa Gorilla Glass Victus jauhnya lebih baik jika dibandingkan menjangkau kaca simpan saja gores dari produk pesaing yang juga berbahan aluminosilikat. Kaca tahan gores produk pesaing biasanya akan salah atau pecah bila memukul dari ketinggian kurang dari 0,8 meter.