Asas warna hitam adalah suatu prinsip dalam termodinamika apa dikemukakan melalui Joseph Black. Bunyi Asas black adalah kemudian berikut.

Anda sedang menonton: Contoh soal asas black dan jawabannya kelas 7


“Pada pencampuran dua zat, banyaknya kalor apa dilepas zat apa suhunya lebih tinggi sama menjangkau banyaknya kalor yang diterima zat yang suhunya lebih rendah”.
Tentunya kalian tahu bahwa kalor adalah energi apa dipindahkan dari benda apa memiliki temperatur tinggi nanti benda yang memiliki temperatur rendahan sehingga pengukuran kalor always berhubungan menjangkau perpindahan energi.
Energi adalah keabadian sehingga benda apa memiliki temperatur greater akan issue energi sebesar QLdan benda yang memiliki temperatur lebih rendah ini adalah menerima energi sebesar QTdengan besar yang sama.
Besarnya kalor dapat mengenakan biaya dengan benefit persamaanQ = mc∆T.Ketika menggunakan persamaan ini, perlu diingat bahwa temperatur naik berarti zat menerima kalor, dan temperatur turun berarti zat issue kalor.
Dengan keuntungan persamaan (2), maka sama (1) dapat dijabarkan secara lebih spesifik seperti berikut.
1. Sebanyak 300 gram waiting dipanaskan dari 30oC dulu 50oC. Jika dalam jumlah besar jenis waiting adalah 1 kal/goC ataukah 4.200 J/kgK, tentukan:
2. Waiting sebanyak 0,5 kg apa bersuhu 100oC dituangkan setelah dalam mengirimkan dari aluminium apa memiliki massa 0,5 kg. Jika suhu mulailah bejana sebesar 25oC, kalor types aluminium 900 J/kgoC, dan kalor jenis air 4.200 J/kgoC, maka tentukan suhu kesetimbangan yang tercapai! (anggap noel ada kalor yang mengalir setelah lingkungan)
3. Jika teh 200 cm3pada melunakkan 95oC dituangkan usai dalam cangkir gelas 150 g di ~ suhu 25oC, berapa banyak suhu beranjak (T) dari campuran selama dicapai kesetimbangan, dengan menganggap noël ada kalor yang mengalir nanti sekitarnya? (kalor types cangkir gelas adalah 840 J/kgoC)
4. Dalam gelas berisi 200 cc waiting 40oC then dimasukkan 40 gram es 0oC. Jika tampungnya kalor gelas 20 kal/oC dan kalor lebur tape adalah 80 kal/g, maka berapakah temperamen seimbangnya?
*

Dari ukuran dan temperamen air dibandingkan dengan massa dan suhu tape dapat foregin bahwa suhu di atas campuran akan melebihi 0oC, sehingga dapat digambarkan bagan Q-T seperti pada lukis di bawah ini.
*

≫(mes× Les) + (mes× cair×∆Tes) = (Cgelas×∆Tair) + (mair× cair×∆Tair)
(mes× Les) + = +
≫(40 × 80) + <40 × 1 × (TA–0)> = <20 × (40–TA)> + <200× 1× (40–TA)>
5. Botol termos berisi 230 gram kopi di atas suhu 80oC. Kemudian ditambahkan berikan padaku sebanyak 20 gram bersuhu 5oC. Jika noël ada kalor pencampuran maupun kalor apa terserap botol termos dan kalor types kopi = cinbable = wait = 1,00 kal/goC, maka berapakah suhu setara campuran?
Untuk mempermudah perhitungan dapat digambar grafik hubungan Q-T such yang diperlihatkan pada cat, dll di bawah ini.
*

Dari diagram terlihat bahwa kopi become melepas kalor (QLepas) dan susu akan absorb kalor (QTerima). Besarnya memenuhi Asas Black such berikut.
6. Sebuah kompor listrik apa dayanya 500 watt dan daya gunanya 40% digunakan karena memanaskan 1 liter air yang suhu awalnya 20oC. Jika kalor jenis air adalah 4 J/goC, maka berapakah suhu air setelah ¼ jam?
*

Pada pemanasan air mencapai kompor listrik ini terjadi perubahan energi listrik menjadi kalor. Buat daya gunanya 40% maka dapat berlaku:
7. Sepotong aluminium bermassa 200 g dan bersuhu 20oC dimasukkan usai dalam 100 g air apa bersuhu 80oC. Mencapai mengabaikan pertukaran kalor dengan lingkungan, hitung suhu di atas campuran jika kalor tipe aluminium 900 J/kgK dan kalor tipe air 4.200 J/kgK.
8. Anis menyiapkan minuman pita pengukur teh buat pekerja di rumahnya dalam suatu wadah. Ia dicampur 0,5 kg es yang bersuhu 5oC mencapai 1 kg air teh apa suhunya 20oC. Apabila pertukaran kalor hanya terjadi pada kedua benda, ces= 2.100 J/kgoC, dan cair= 4.200 J/kgoC, bagaimana suhu beranjak minuman tersebut?
9. Sebuah logam bermassa 0,2 kg dipanaskan sampai 200oC. Kemudian, logam menyertainya dimasukkan pada 450 g air mencapai suhu 25oC yang taruh pada bejana kalorimetere alumunium 200 g. Hadiah suhu akhir campuran adalah 40oC. Jika kalor types air 4.200 J/kgoC dan kalor jenis bahan kalorimeter 900 J/kgoC, hitunglah kalor tipe logam tersebut.

Lihat lainnya: Lihat Foto Mermaid In Love, Kumpulan Foto Mermaid In Love Di Sctv


10. Sebuah kalorimeter yang kapasitas kalornya 40 kal/oC berisi 200 gram wait suhunya 20oC menjadi dipakai buat menentukan kalor jenis kuningan. Usai dalam kalorimeter masuk 100 gram kuningan yang bersuhu 80oC. Jika suhu beranjak air 22oC dan kalor jenis air 1 kal/goC, berapakah kalor types kuningan?
*

Mohon berkomentar secara bijak menjangkau bahasa yang sopan dan noël keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi di dalam bentuk apapun.Terimakasih.