CONTOH undang AQIQAH – Aqiqah adalah hewan sembelihan untuk anak laki-laki atau perempuan yang baru lahir seperti wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas karunia terindah yang telah Ia berikan.

Anda sedang menonton: Contoh kartu aqiqah yang bisa di edit

Secara bahasa, aqiqah berarti haar yang berada di kepala bayi yang baru dilahirkan dan aqiqah tambahan berarti pemotongan.

Dari origin kata itu juga, jika seseorang panggilan aqqawalidaihi berarti seseorang yang mendurhakai medang bapaknya untuk memutuskan menghubung baik dengan duanya.

Arti aqiqah di dalam syariat adalah memotong domba untuk bayi yang baru dilahirkan. Malah ada kalanya domba yang dipotong akun itu disebut aqiqah.

Ada another orang apa lebih senang mengungpkan nasikah sebagai pengganti kata aqiqah. Dan kata nasikah ini banyak tambahan disebutkan batin Hadis Nabi SAW.

Sebelum milik mereka membuat undangan aqiqah, ada baiknya their mengetahui tentang hukum dan syarat-syarat dalam menjalankan sunnah Rasul ini. Become tetapi, jika Anda siap faham, dari mereka bisa melihat contoh undang aqiqah di bagian bawah.


Daftar Isi


Hukum AqiqahSyarat-syarat Aqiqah

Hukum Aqiqah

*
*
hukum aqiqah | islamic-art.org

Ada tiga pendapat kyung hukum aqiqah apa dikemukakan oleh fuqaha’ (para lancar fikih) circa di syariatkannya aqiqah, yaitu seperti berikut.

Pertama, tindakan aqiqah sunnah

Ulama apa berpendapat demikian di antaranya adalah Imam Malik, ulama Madinah, Imam Syari’i beserta para pengikutnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsur, dan sebagian besar ulama ahli fikih dan ijtihad.

Kedua, bertindak aqiqah wajib

Ulama yang berpendapat demikian adalah Imam Hasan al-Bashri, al-Laits ibn Sa’ad, dan lainnya.

Dalil yang mereka kemukakan adalah hadis yang diriwayatkan melalui al-Hasan dan Samurah ibn Jundad dari Nabi SAW., beliau bersabda, Setiap anak menyertainya tergadai dengan aqiqahnya.”

Analogi mereka, dari hadis tersebut dapat memahami bahwa anak apa baru terjejas itu tertahan noel dapat memberikan syafaat kepada kedua orang orang tuanya sampai dia diaqiqahkan. Bab ini menderita bahwa aqiqah hukumnya wajib.

Ketiga, pendapat apa mengingkari disyariatkannya aqiqah

Ulama yang berpendapat demikian adalah ulama penganut mazhab Hanafi. Dalil apa mereka kemukakan adalah hadis yang diriwayatkan malalui Ahmad, Abu Daud, dan Baihaqi dari Amr ibn Syu’aib, dari ayahnya dari kakeknya.

Ia (sang kakek) berkata, “Rasulullah SAQ pernah ditanya kyung aqiqah, karena itu beliau bersabda, ‘ Aku tidak menyukai al-‘uquq.’ Sepertinya Rasulullah noël menyukai dari segi namanya saja.

Lantas para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, tujuan kami adalah melakukan nusuk (ibadah) di dalam rangka menyambut kelahiran anak kami?”

Kemudian beliau bersabda,’Siapa di antara kita hendak menyembelih untuk anaknya maka hendaknya ia melakukannya. Karena anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing sementara karena anak perempuan satu ekor saja’.”

Syarat-syarat Aqiqah

*
*
syarat aqiqah | unsplash.com

Di dalam pelaksanaan aqiqah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sehingga aqiqah yang kita lakukan pantas dengan syariat Islam dan memberi kemaslahatan untuk masyarakat. Berikut tiga syarat berkaitan mencapai aqiqah apa harus milik mereka perhatikan.

Pertama, sifat hewan sembelihan apa layak (sah) seperti aqiqah

Imam Nawawai rahimahullah berkata dalam kitabnya, al-Majmu’, hewan apa layak (sah) disembelih kemudian aqiqah adalah domba apa dewasa dan kambing yang dewasa apa sudah pribadi gigi menyeret (gigi depan).

Domba dan kambing menyertainya harus selamat dari cacat. Karena, aqiqah adalah mengalirkan darah secara syar’i (sesuai menjangkau tuntunan Islam) maka sifat-sifat hewan yang disembelih untuk kurba, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan malalui Abu Daud dengan sanad sahih bahwa Ibnu Abas r.a. Berkata , “Rasulullah mengaqiqahkan Hasan dan Husain masing-masing dengan seekor domba.”


Berdasarkan hadis di atas, sifat-sifat hewan apa disembelih sebagai aqiqah harus sama mencapai sifat-sifat hewan apa disembelih sebagai kurban.

Untuk bocah disembelihkan dua ekor kambing sebagai aqiqahnya dan untuk anak perempuan satu ekor saja.

Hadis-hadis yang menjelaskan bahwa anak laki-laki diaqiqahkan menjangkau dua ekor kambing adalah hadis-hadis yang memiliki kelebihan (jika dibandingkan mencapai hadis-hadis apa menjelaskan bahwa bocah diaqiqahkan mencapai satu kambing).

Oleh karena itu, hadis-hadis apa menjelaskan bahwa bocah diaqiqahkan mencapai dua ekor kambing lebih layak diterima.

Hal ini diperkuat another oleh perkataan Ibnu abbas r.a. Bahwa Rasulullah experienced mengaqiqahkan (Hasan dan Husain) masing-masing dua ekor domba.

Kedua, times penyembelihan hewan aqiqah

Menurut sunnah Nabi, pembantaian hewan aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuah dari kelahirannya menjangkau menghitung aku kelahirannya.

Jadi, hewan aqiqah disembelih pada aku keenam, jika hari kelahiran noël dihitung. Apabila sang anak dilahirkan di atas malam hari maka dihitung dari days setelah malam kelahiran itu.

Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari ketujuh, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan melalui al-Baihaqi dari Abdullah ibn Buraidah, dari ayahnya, dari Nabi observed beliau bersabda,

*
*
*
*

Menurut penganut matsuhaba Hambali, aqiqah disembelih pada days ketujuh dan seterusnya, kelipatan tujuh. Mereka pribadi beberapa riwayat (yang dapat dijadikan dalil).

Sedangkan menurut penganut matsuhaba Syafi’i disebutkan bahwa penyebutan tujuh menemani itu untuk ikhtiar (pilihan) bukan keharusan. Safi’i apendisitis bahwa times penyembelihan hewan aqiqah dimulai dari kelahiran bayi.

Imam Syafi’i berkata, “Makna hadis menyertainya adalah pembantaian aqiqah diusahakan noël ditangguhkan hingga melewati aku ketujuh.

Namun jika memang belum sempat beraqiqah sampai sang sayang telah mencapai usia balig, maka gugurlah tanggung jawab orang apa seharusnya mengaqiqahkannya.

Tetapi, jika sang anak mau beraqiqah untuk dirinya personally maka ia boleh melakukannya.

Ada ulama yang mengatakan, “Tanggung jawab untuk mengaqiqahkan tidak hilang walaupun tidak dilaksanakan pada hari ketujuh, namun disunnahkan agar noël terlambat sampai usia balig.”

Imam an-Nawawi berkata, “Abu Abdillah al-Busyihi, deviasi seorang imam batin mazhab kita berkata, ‘Jika noël sempat menyembelih pada hari ketujuh maka di days ke-empat belas, (jika belum juga dilaksanakan) maka di hari kedua puluh satunya, demikian terus sampai kelipatan tujuh’.”

Ketika become menyembelih hewan aqiqah, orang yang menyembelih disunnahkan membaca,

*
*

Sebagaimana hadis apa diriwayatkan melalui Baihaqi dengan sannad hasan, dari Aisayah r.a. Bahwa Nabi experienced menyembelih hewan aqiqah karena Hasan dan Husain, dan beliau bersabda. “Ucapkanlah,

*
*

Namun, jika bacaannya dipendekkan dengan just mengucapkan bismillah maka itu lebih utama untuk kesahihan hadis di ~ masih diperdebatkan.

Disunnahkan juga memisah anggotaenam badan hewan aqiqah, dan dilarang meremukkan tulang-tulangnya. Ada dua hikmah dari hal tersebut, yaitu:

Pertama, sebagai penghormatan terhadap orang-orang mempersenjatai dan para tetangga yang diberikan hidangan atau hadiah berupa daging aqiqah, yaitu dengan memberikan potongan besar yang sempurna apa tulangnya noël dipecah dan dagingnya noël dikurangi.

Tidak diragukan bahwa cara penyajian dan pemberian kemudian ini merupakan penghormatan bagi orang-orang yang menerima.

Kedua, oleh buat kedudukan aqiqah seperti tebusan untuk menebus sang sayang maka dianjurkan tulangnya noel usah dipotong-potong, karena mengharap keberkahan (dari Allah SWT) juga dengan semoga agar anggota-anggota riak si bayi menjadi sehat dan kuat.  Wallahu a’lam.

Ketiga, Apa apa dilakukan usai penyembelihan?


Setelah tukang daging hewan selesai, hendaknya kaum muslimin waspada, jangan sampai melumuri utama bayi dengan darah hewan aqiqah, karena hal akun itu merupakan kebiasaan kaum Jahiliyah.

Akan tetapi, hendaknya major bayi tersebut dilumuri mencapai minyak za’faran.

Disunnahkan memakan hewan aqiqah, boleh tambahan menghadiahkannya ataukah menyedekahkannya kepada orang lain, untuk aqiqah adalah menyembelih hewan yang hukumnya sunnah maka hukum sama dengan hewan kurban.

Syafi’i berkata, “Sunnah memberikan bagian feet dari hewan aqiqah kepada bidan, hati-hati atau dukun bayi (yang membantu proses kelahiran) sebagaimana apa disebutkan dalam sunah al-Baihaqi.

Dari Rasulullah observed memerintahkan Farimah r.a., ‘ Timbanglah rambut al Husain, then bersedekahlah dengan perak (seberat haar yang ditimbang) dan berikanlah bagian feet hewan aqiqah kepada wanita yang membuatu tangani itu kelahiran’. ” (Diriwayatkan secara mauqif sampai pada Ali r.a.)

Disunnahkan juga memasak daging hewan aqiqah sehingga masakannya menjadi manis, dengan harapan agar sang bayi kelak memiliki akhlak baik dan terpuji.

Hikmah Aqiqah

*
*
hikmah aqiqah | pinimg.comAqiqah merupakan deviasi satu sunnah Rasulullah SAW sebagai ungkapan rasa syukur overhead nikmat apa telah Allah berikan berupa kelahiran seorang anak.Aqiqah merupakan kurban seorang hamba karena ber-taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT kemudian ungkapan rasa bahagia dan gembiran karena memeroleh nikmat berupa kelahiran seorang anak.Aqiqah merupakan terbusan untuk menebus sang bayi dari segala macam musibah dan malapetaka.Allah SWT menebus Isma’il dengan seekor domba apa disembelih, sehingga peristiwa tersebut were sunnah (tradisi) apa masih dilaksanakan malalui anak cucu Isma’il. Selama Rasulullah diutus, sunnah tersebut tetap beliau lestarikan.Aqiqah berfungsi buat membuka ketertahanan sang bayi sehingga ia dapat memberikan syafaat kepada senin orang tuanya.Aqiqah also sebagai sarana karena memperkuat ikatan kasih bayi antara sendiri anggota social Muslim, malalui berkumpulnya mereka di ~ undangan pelaksanaan aqiqah dan bermusim selamat kepada kedua orang tua bayi.Aqiqah merupakan sarana karena merealisasikan takaful ijtima’i (kepedulian sosial) yang akan tolong terwujudnya keadilan dalam masyarakat. Buat dalam upacara perayaan aqiqah orang-orang berkumpul baik yang miskin, apa kaya, apa besar maupun apa kecil tidak punya mengistimewakan suatu golongan saja.Aqiqah merupakan simbol diperlihatkan seruan Nabi apa mulia selagi beliau bersabda, ” Sesungguhnya aku membanggakan banyaknya jumlah kita di hadapan umat lain.”Aqiqah merupakan bukti jenis orangtua terhadap anaknya sehingga anak tersebut kelak dapat dulu anak apa berbakti dan dapat memberikan syafaat kepada orangtuanya.

Doa Meneyembelih Hewan Aqiqah

Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummatin muhammadin.

Lihat lainnya: Kumpulan Contoh Soal Tema 3 Kelas 3 Sd Tema 3, Kumpulan Contoh Soal Pas Uas Tema 3 Kelas 3 Sd Mi

Artinya : Dengan nama belakang Allah, memiliki Allah terimalah (Kurban) dari Muhammad dan familic Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

Doa sayang Baru Dilahirkan

Inni u’iidzuka bikalimaatillaahit tammaati min kulli syaythaanin wa haammaatin wamin kuli ‘aynin laammatin.

Artinya : Aku berlindung untuk anak ini dengan sentence Allah apa sempurna dari segala perambahan syaitan dan perambahan binatang serta perambahan sorotan mata apa dapat membawa akibat buruk bagi maafkan saya yang dilihatnya. (HR. Bukhari)