Teks eksposisi adalah penyimpangan satu jenis teks apa banyak dipelajari batin bahasa Indonesia. Sebab, contoh teks eksposisi ini memang sering used dalam berbagai bentuk artikel. Kita sering menemukan bentuk teks eksposisi di majalah, surat kabar, jadwal acara di website dan di berbagai tulisan lain.

Anda sedang menonton: Contoh karangan eksposisi tentang lingkungan hidup


Teks eksposisi di atas intinya adalah sebuah teks apa dibuat buat menjelaskan suatu melecehkan tertentu, dengan gawangnya khusus untuk memaparkan, menyampaikan informasi, menjelaskan, mengajarkan, serta menerangkan mengenai suatu hal tanpa harus mengajak ataukah mendesak para pembaca karena menerima ataukah mengikutinya.
Agar lebih jelas, kita akan langsung masuk diatas berbagai contoh teks eksposisi, such berikut ini. Berikut ini adalah aneka kumpulan teks eksposisi bahasa Indonesia yang dibuat dalam berbagai tema. 
*

Kebersihan lingkungan adalah hal apa sangat berbiaya bagi masyarakat. Sebab, kebersihan lingkungan ini sangat berpengaruh terhadap health masyarakat sekitar. Tak hanya mengenai kesehatan, kenyamanan masyarakat apa melintas di suatu daerah pun juga akan terpengaruh dengan membersihkan suatu tempat. 
Kebersihan lingkungan ini harus diwujudkan di berbagai tempat, tersirat di wilayah sungai yang melintas di sekitaran pemukiman warga. Mencapai sungai yang bersih, maka masyarakat yang tinggal di di dekat dan melintas di sekitaran sungai tersebut become merasa lebih nyaman, sekaligus juga bisa terhindar dari berbagai penyakit.
Namun sayang, menjaga kebersihan sungai sering adalah hal yang sulit. Masih saja ada warga apa membuang sampah setelah dalam sungai, serta tidak menjaga menyiksa tepian sungai. Masyarakat apa melintas terkadang ikut membuang melemparkan –sampah apa dibawanya usai dalam sungai. 
Penyebab mereka menangani sampah usai sungai bisa kawanan hal. Ada apa memang merasa malas jika harus pergi setelah tempat pembuangan sampah, dan merasa membuang sampah ke sungai lebih praktis. Ada tambahan yang berpikir bahwa sampah apa dibuangnya just sedikit sehingga noël akan mencemari sungai. 
Padahal, sesedikit apa pun sampah apa dibuang setelah sungai, sampah tersebut dengan tegas bisa membuat sungai tercemar. Bayangkan saja jika sampah apa dibuang adalah sempah bungkus permen, tapi ada lima ratus orang yang membuang sampah serupa. Bukankah sungai tersebut become tetap dulu sangat kotor?
Masyarakat yang demikian biasanya kurang sadar akan pentingnya membersihkan lingkungan, kemudian sungai. Mereka noel peduli terhadap kecantikan lingkungan dan dampak yang bisa ditimbulkan bila sungai dicemari melalui sampah.

Lihat lainnya: Pilihan Harga Mobil Sedan Bekas Dibawah 20 Juta An, Ini Pilihannya Halaman All


Padahal, sungai yang kotor tentu akan tidak sedap dipandang mata. Tidak hanya itu, sungai akan menimbulkan bau apa menyengat noël enak sehingga menggangu kenyamanan masyarakat. Bahkan, sungai apa kotor ini akan dulu sarang penyakit. Penyakit –penyakit akan mudah inti di sana, dan tersebar di berbagai tempat yang dilaluinya.
Masyarakat seyogyanya sadar bahwa membersihkan sungai adalah tanggung jawab bersama. Masyarakat yang tinggal di sekitara sungai dan juga yang melintas pribadi tanggung jawab untuk turut serta mengolah kebersihan sungai. Ada baiknya, terdapat sanksi tersendiri bagi mereka yang mencemari sungai. Kerjabakti rapi sungai juga harus terus digalakkan.