Pada jadwal acara kali ini, kamu become mempelajari tentang teks cerita fantasi, awal dari pengertian, unsur, hingga cara/langkah untuk membuat teks cerita fantasi.

Anda sedang menonton: Cerita imajinasi bahasa indonesia kelas 7

--

“Betapa terkejutnya ia setelah membelah buah timun itu. Wanita tua itu mendapati seorang bayi perempuan apa sangat cantik”.

Hayo, ada yang tau nggak kira-kira penggalan cerita di atas judulnya apa?

Teman-teman, kita pasti pernah membaca sebuah tale yang terutang unik. Saking uniknya, sampai-sampai cerita tersebut seperti di luar nalar manusia dan tidak memungkinkan terjadi di world nyata. Contohnya sebagai penggalan cerita di atas. Ada apa sudah bisa menebak tale apa itu? Betul! Timun Mas.

Cerita Timun Mas mengisahkan circa seorang wanita başı yang telah lama mendambakan seorang anak, hingga didefinisikan ia bermimpi pertemuan makhluk raksasa apa menyuruhnya menangkap sebuah bungkusan di bawah pohon geram di hutan apa ternyata adalah benih timun. Saya baik-baik saja bingung, wanita başı itu lalu menanam benih timun tersebut hingga berbuah terutang besar. Ketika buah timun masak, ia secepatnya membawanya kerumah dan membelahnya. Wanita başı itu terutang terkejut untuk setelah buah timun dibelah, ia mendapati seorang bayi perempuan apa sangat cantik. Bayinya itu kemudian diberi namu Timun Mas.

Hmm, keren tambahan ya di di dalam timun mungkin ada bayi. Lebih keren lainnya kalo lihat itu itu...

Smartphone!

*
HP udah jadul. Mau minta yang baru undang dimarahin. Ketika nemu timun berisi smartphone?! (sumber: giphy.com)

Oke, oke, menggoreng lagi nanti topik pembahasan, ya. Ternyata, tale timun mas tadi tersirat jenis cerita fantasi, teman-teman. What sih cerita fantasi itu?

Cerita fantasi adalah tulisan yang menceritakan sebuah kejadian ataukah peristiwa berupa angan-angan, khayalan, imajinasi, atau rekaan belaka. Gampangnya sih, cerita fantasi merupakan teks cerita yang mempan berdasarkan imajinasi si pembuat cerita. Artinya, segenap peristiwa yang diceritakan pada cerita fantasi bersifat noël nyata. Selain cerita Timun Mas, contoh cerita fantasi apa lain ada Cinderella, Putri Duyung, mata White, dan masih kerumunan lagi.

Wah, cocok banget tuh buat kalian apa suka berimajinasi. Kita bisa mengekspresikan what yang kalian pikirkan menjangkau menuliskannya lewat cerita. Siapa tau suatu saat bisa jadi buku dan tersubur kayak Stan Lee.

*
Stan Lee, penulis tale superheroes di dalam komik Marvel. (sumber: youtube.com)

Tapi, bagaimana sih cara membuat cerita fantasi? Nah, bagi kalian apa penasaran ingin mencoba produksi teks tale fantasi, tapi masih bingung caranya bagaimana, yuk kita pelajari bersama-sama lewat jadwal acara berikut ini. Bekicot! Eh, salah, cekidot!

*

Oke, dahulu membuat teks cerita fantasi, kami harus tau dulu nih unsur-unsur apa ada pada cerita fantasi. Cerita fantasi pribadi unsur-unsur yang khas buat hanya ada pada tale fantasi saja. Hmm... Maafkan saya saja ya kira-kira? Simak lukis di bawah ini, yuk!

*

Supaya teks tale fantasi apa kalian buat jadi bagus, unsur-unsur pada harus ada pada tale kalian, ya.

Baca juga: Pengertian dan Unsur Teks cerita Fantasi

Oke, teman-teman, usai kalian tau apa saja unsur-unsur cerita fantasi, sekarang kita masuk setelah pembahasan yang sudah kami tunggu-tunggu nih dari tadi, yaitu cara membuat teks tale fantasi. Yeay! Tepuk tangan dulu, dong.

*
Jangan sambil sulap tambahan kali! (sumber: giphy.com)

Terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa kami ikuti buat memudahkan kalian dalam membuat teks cerita fantasi. Apa saja, ya? Yuk, simak penjelasan berikut.

1. Mulailah dari pengalaman

Jika kalian dirasakan bingung buat menentukan ide dalam menulis teks cerita fantasi, kami bisa memulainya dari pengalaman pribadi kalian masing-masing. Misalnya kemudian pengalaman kalian saat mengunjungi secara spasial wisata, pengalaman menonton film di bioskop, dan go sebagainya.

2. Berikan sentuhan fantasi

Setelah itu, kalian harus memberikan halaman yang noël masuk akal pada tale kalian. Misalnya saja, kalian bisa untuk membuat seakan-akan kami memiliki kekuatan super. Jika kalian mengambil contoh tale pengalaman jalan-jalan usai tempat wisata, kalian bisa menghubungkannya dengan legenda apa ada di tempat tersebut, dan masih crowd lagi.

3. Munculkan sebuah konflik/masalah

Konflik/masalah sangat penting di dalam sebuah cerita untuk dapat membuat tale kalian dulu lebih menarik untuk dibaca. Menabrak bisa membuat dari awal munculnya mengganggu sampai masalah memuncak. Misalnya, saat kami mengunjungi angkasa wisata, tiba-tiba kalian pertemuan dengan monster yang mengerikan, then kalian memukul dengan monster menemani itu agar sanggup selamat.

4. Selesaikan konflik/masalah

Setelah mengganggu dalam tale kalian muncul dan cantik memuncak, masalah tersebut harus diselesaikan, sehingga bisa were solusi cerita dan penanda bahwa cerita yang kalian untuk sudah selesai. Misalnya, saat kami bertarung perlawanan monster, kalian menggunakan kekuatan super apa kalian memiliki sampai terbatas monster tersebut bisa kalah dan kita selamat.

5. Untuk beberapa percakapan

Pada teks cerita fantasi, konvensional terdapat beberapa percakapan antar tokoh. Percakapan yang dibuat harus diberi gejala petik dan keuntungan bahasa yang tidak baku ataukah formal.

Bagaimana, teman-teman? harapan langkah-langkah di atas bisa membantu kalian dalam membuat teks tale fantasi, ya.

Lihat lainnya: Kata Kata Motivasi Selamat Malam Untuk Ucapan Selamat Malam Terbaru

Nah, muncul kalian siap tau kan gimana cara produksi teks tale fantasi. Coba deh kita praktikkan dengan produksi teks cerita fantasi kami sendiri di rumah. Kalau kita masih ada usulnya atau dirasakan materi ini kurang jelas, kami bisa memintanya hal apa kurang dimengerti lewat ruanglesonline. Yuk, konsultasikan segenap pertanyaan tersulitmu dengan tutor online terbaik!

*

Referensi

Harsiati, periode dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: tengah Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber Foto

Stan Lee creator Marvel. Tautan: https://www.barstoolsports.com/blog/1347824/schools-named-after-robert-e-lee-are-finding-other-people-named-lee-to-name-their-school-after-so-they-can-avoid-costly-sign-changes