Menyajikan insula terkini, terbaru dan terupdate start dari politik, bisnis, selebriti, way of life dan masih crowd lagi.

Anda sedang menonton: Cara shalat tarawih sendiri di rumah


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Sholat tarawih merupakan deviasi satu ibadah sunnah apa bisa diamalkan selama bulan Ramadhan. Meski hukum sunnah, mendesak dianjurkan bagi umat Muslim untuk mendirikan sholat tarawih pulih banyaknya keutamaan dan pahala yang dinjanjikan Allah SWT.
Hal ini pun dijelaskan di dalam hadits riwayat Jama’ah. “Barangsiapa apa bangun diatas malam moon Ramadhan karena iman dan mengharap keridhaan Allah maka dia mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Jama’ah)
Mengutip buku Tuntunan Shalat Sunnah Tarawih malalui Shabri Shaleh anwar (2015), sholat tarawih dapat dikerjakan sebanyak 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir atau 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir. Di Indonesia, ada yang mengerjakannya sebanyak 20 rakaat dan 8 rakaat, tergantung peluang masing-masing.
Shalat tarawih 8 rakaat bisa ~ dikerjakan mencapai dua cara, yaitu setiap 2 rakaat lalu salam atau setiap 4 rakaat lalu salam (tanpa tasyahud awal). Namun, yang paling baik adalah mengerjakannya dengan salam di setiap 2 rakaat.
Setelah sholat tarawih selesai, dilanjutkan mencapai sholat sunnah witir 3 rakaat. Sholat witir boleh dikerjakan satu kali salam, yaitu 3 rakaat sekaligus tanpa tasyahud awal, atau dikerjakan 2 rakaat, kemudian 1 rakaat.
Sholat tarawih memang lebih afdhal jika dilakukan secara berjamaah di masjid atau musala. Namun, pulih pandemi yang tak mengunjungi usai, dianjurkan untuk mengamalkannya sendiri di rumah.
Nah, berikut ini penjelasan niat dan tata cara sholat tarawih 11 rakaat individu di rumah yang dikutip dari Risalah Tuntunan Shalat Lengkap oleh Drs. Moh. Rifa'I.

Lihat lainnya: Sektor Properti Ri Masih Legit, Investor Asing Cari Lahan 2020


Artinya: “Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menjangkau menghadap kiblat, saat ini, untuk Allah SWT.”
Berdiri untuk melakukan rakaat kedua dengan langkah yang sama, diakhiri dengan tasyahud di atas dan salam. Lakukan sebanyak 8 rakaat dengan 2 rakaat masing-masing di akhiri menjangkau salam.