Jerawat hiperandrogen adalah jerawat yang muncul akibat thừa hormon androgen di dalam tubuh. Jerawat yang disebabkan dia hormon ini biasanya menguat lebih parah dan lebih susah hilang. Meski begitu, jerawat ini tetap bisa diatasi.

Anda sedang menonton: Cara mengurangi hormon androgen penyebab jerawat

Keadaan hiperandrogen adalah berlebihnya making hormon androgen melalui ovarium dan kelenjar adrenal. Hormon ini normalnya lebih crowd ditemukan di atas laki-laki. Idealnya, feminin cukup diperlukan 1% hormon androgen di dalam tubuhnya.

*

Jika kadar hormon ini berlebih, perempuan dapat mengalami berbagai macam gejala kemudian menstruasi tidak teratur, hirsutisme, hidradenitis suppurativa, dan kebotakan. Namun, komplikasi yang paling banyak timbul berupa hirsutisme dan jerawat hiperandrogen.

Jerawat Hiperandrogen diatas Wanita Usia Produktif

Selain disebabkan malalui kadar hormon androgen yang berlebihan, jerawat tambahan bisa terjadi selagi kadar hormon ini normal, tapi kelenjar minyak lebih sensitif terhadapnya. Pasalnya, hormon androgen dapat meningkatkan making kelenjar minyak. Untuk membuat minyak berlebihan lama-kelamaan menjadi menyebabkan jerawat.

Jerawat hiperandrogen akibat bisa dialami malalui pria maupun wanita. Namun, wanita masser lebih rentan mengalami terms ini. Bahkan, 10–20% perempuan usia reproduktif diduga memiliki thừa hormon androgen. Kadar hormon wanita yang berubah-ubah sepanjang bulan juga membuat jerawat lebih mudah timbul.

Jerawat hiperandrogen tradisional tersebar di area pipi, dagu, rahang, dan leher potongan atas. Jerawat ini cenderung lebih dalam dan susah hilang, serta konvensional bertambah parah menjelang menstruasi.

Beberapa terms pada wanita yang dapat memicu munculnya jerawat hiperandrogen, yaitu:

Penggunaan obat-obatan apa memicu jerawat, sebagai testosteron dan kortikosteroid

Penanganan Jerawat Hiperandrogen

Jerawat hiperandrogen tidaklah dingin diatasi dengan shirer atau masker wajah such jerawat diatas umumnya. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan terapeutik hormonal kombinasi apa biasa tersadar di kontrasepsi oral himpunan dapat were cara efektif dan aman untuk mengatasi jerawat hiperandrogen.

Namun, haruss diingat bahwa kontrasepsi oral asosiasi ada berbagai macam dengan isi apa berbeda-beda pula. Ada yang berisi progestin, Etinilestradiol, Levonorgestrel, Norgestimate, Desogestrel, Drospirenon, dan Siproteron asetat (CPA).

Terapi hormonal kombinasi yang ampuh mengatasi jerawat hiperandrogen adalah yang mengandung himpunan Etinilestradiol dan Siproseton asetat (CPA).

Terapi hormonal dengan himpunan tersebut berperan dalam mengurangi aktivitas kelenjar petroleum (sebum) di kulit agar noël memproduksi perminyakan berlebih, sehingga dapat mengurangi bahkan menyembuhkan jerawat hiperandrogen.

Namun, dibutuhkan waktu setidaknya 3 bulan buat dapat lanskap hasil apa signifikan, tentunya juga dengan pemakaian rutin benar dosis serta cara minum yang benar atas rekomendasi hati-hati disesuaikan terms pasien apa berbeda-beda.

Dampak Jerawat Hiperandrogen secara fisika dan Psikis

Jerawat hiperandrogen noel boleh dianggap sepele, untuk kondisi ini biasanya tambahan diiringi oleh gejala hiperandrogen lainnya yang bisa menimbulkan beragam mengganggu kesehatan, baik penyederhana maupun mental. Secara fisik, dampak yang bisa timbul sebenarnya hiperandrogen atau tingginya kadar hormon androgen adalah:

Jerawat apa parah Hirsutisme Kebotakan Hidradenitis suppurativa Pembesaran klitoris Obesitas

Sementara itu, kerusakan negatif hiperandrogen dari segi sungkyung adalah menurunnya rasa percaya ourselves serta gangguan mood. Bahkan, sebagian wanita yang menderita terms ini tambahan bisa mengalami depresi dan gangguan kecemasan.

Masalah penyederhana dan psikis acibe jerawat hiperandrogen also bisa berdampak diatas kehidupan sosial penderitanya. Noël sedikit penderita jerawat hiperandrogen yang mendapat ejekan dari temannya, dirasakan minder, sukar menjalin koneksi dengan people baru, bahkan sampai menolak buat bersosialisasi.

Jika noël segera diatasi, beban sungkyung ini dapat menumpuk dan menimbulkan depresi berat, ~ sampai muncul keinginan buat bunuh diri.

Jerawat hiperandrogen bisa ~ timbul untuk berbagai macam penyakit. Di samping mengeluh jerawat akun itu sendiri, penyakit apa mendasari telah terjadi jerawat ini tambahan perlu diatasi. Malalui sebab itu, keluhan ini haruss diperiksakan nanti dokter.

Lihat lainnya: Oak Tree Hotel Blok M Ahakam Jakarta Hotel, Oak Tree Urban, Jakarta

Jika milik mereka mengalami jerawat membandel, terutama apa disertai dengan komplikasi hiperandrogen, kemudian menstruasi noël teratur dan kerugian sebelumnya rontok, sebaiknya periksakan diri setelah dokter agar jerawat sekaligus penyebab apa mendasarinya bisa ditangani menjangkau tepat.