*

Pembuatan Bokashi pupuk Kandang bangku Sapi dan Arang Sekam benefit Dekomposer EM4

PENDAHULUAN

Limbah peternakan merupakan produk dari usaha peternakan, yang keberadaannya noël dikehendakisehingga harus dibuang. Buang peternakan terdiri dari crowd jenis benar ternak yang menghasilkannya. Usahabudidaya ternak (sapi) menghasilkan sampah berupa kredit ternak (feces, urine), sisa papan ternak sepertipotongan rumput, jerami, dedaunan, dedak, fokus dan sejenisnya. Setiap harinya, kemudian sapi menghasilkan kredit 10-15 kg.Salah satu upaya apa dapat ditempuh di dalam meminimalisir dampak yang ditimbulkan melalui limbahternak (khususnya feses sapi) secara menyudahi dan cepat sertamemberikan manfaat ekonomis bagi para peternak adalah does proses pengolahan menjangkau menggunakanbantuan EM4 (Effective pathogen 4).Selama ini pemanfaatan pupuk kandang langsung digunakan untuk pemupukan, tanpa melalui tangani itu pengolahan. Terms ini dimungkinkanterjadi sembuh antara lain: noël disadarinya manfaatnya dan fungsional pengolahan feses sapi, kurangnyapengetahuan proses pembuatan pupuk organik secara sederhana dan cepat, kurangnya pemahaman mengenainilai tambah pupuk organik dari feses ternak dan kurangnya pemahaman para peternak special terhadapdampak negatif yang ditimbulkan dari pencemaran lingkungan oleh kredit ternak.Dengan adanya pengolahan buang ternak ini selain dapat memperbaiki masalah lingkungan also dapat memberikan pengeluaran tambah bagi peternak untuk mempunyai cost ekonomis. Pembuatan kompos dapat menyokong kegiatan pertanian buat mengembalikan kesuburan lahan.

Anda sedang menonton: Cara membuat pupuk bokashi sederhana

Kompos merupakan hasil pelapukan bahan-bahan berupa kotoran ternak/feses, sisa pertanian, sisa papan dan sebagainya. Tangani itu pelapukan dipercepat dengan agitasi perkembangan bakteri untuk menghancurkan dan menguraikan bahan-bahan apa dikomposkan. Penguraian berwujud dibantu dengan suhu 60oC. Pengomposan merupakan tangani itu biodegradasibahan organik menjadi kompos accordingly prosesdekomposisi atau penguraian dilakukan malalui bakteri,yeast dan jamur. Untuk mempercepat prosesdekomposisi bahan-bahan buang organik menjadipupuk organik yang siap dimanfaatkan malalui tanamandilakukan proses penguraian secara artifisial. Kotoranternak sapi dapat dijadikan bahan utama pembuatankompos untuk memiliki kontak nitrogen,potassium dan materi serat apa tinggi. Bangku ternakini haruss penambahan bahan-bahan seperti serbukgergaji, abu, kapur dan jernih lain yang mempunyai kontak serat yang tinggi untuk memberikan suplainutrisi apa seimbang di atas mikroba pengurai sehinggaselain tangani itu dekomposisi dapat berjalan lebih cepatjuga dapat saksi kompos apa berkualitas tinggi (Sukmawati dan Kaharudin, 2010).Kompos/pupuk penting menambah unsur hara makro dan mikro di batin tanah. Selain akun itu kompos juga mampu memperbaiki struktur negara sehingga konon manfaat kompos adalah perbaikan tanah yang berkekalan.

Salah satu types kompos yang banyak dikembangkan saat ini adalah bokashi. Bokashi merupakan pupuk kompos yang dihasilkan dari mengolahnya fermentasi atau peragian berwujud organikdengan teknologi EM4 (Effective microbe 4) sehingga waktu yang diperlukan batin pembuatannya kerabat lebih cilt jika dibandingkan dengan cara konvensional.EM4 sendiri mengandung Azotobacter sp., Lactobacillus sp., ragi, radang usus besar fotosintetik danjamur pengurai selulosa. Bahan buat pembuatan bokashi dapat pembelian dengan mudahdi tentang lahan pertanian, kemudian jerami, rumput, tanaman kacangan, sekam, pupuk kandang ataukah serbuk gergajian. Namun bahan ekstra yang paling baik digunakan seperti bahan pembuatan bokashi adalah dedak untuk mengandung zat gizi apa sangat baik untuk mikroorganisme (www.deptan.go.id).

PERMASALAHAN

Kotoran sapi ataupun pupuk kandang feses sapi noel dapat secepatnya terurai menjadi kompos. Kotoran sapi tersebut masih batin bentuk unsur yang kompleks, belum sederhana. Agar kotoran sapi tersebut dapat diubah menjadi unsur yang lebih sederhana, bangku sapi tersebut harus dibusukkan terlebih dahulu. Bila kita keuntungan pembusukan alami, pembusukan akan memakan waktu apa sangat lama. Maka oleh cara kompos modern, kredit sapi tersebut diolah mencapai EM4 apa berisi mikroorganisme yang dapat membantu penguraian dan pembusukan agar bangku sapi tersebut cepat dulu bokashi.

TUJUAN

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah buat mengubah buang kotoran ternak sapi dulu suatu produk apa bermanfaat dan memiliki pengeluaran ekonomis, mengetahui seberapa optimal penguraian pupuk kandang kredit sapimenggunakan EM4.

SASARAN

mayoritas anggota dicuri tani “Karya Tani I” desa Semanding kecamatan agenbolaonline.org Kabupaten agenbolaonline.org yang memelihara sapi, belum pernah mengolah buang kotoran sapinya untuk dijadikan bokashi dan memiliki motivasi buat meningkatkan SDMnya guna muka pendapatan dan kesejahteraan diri dan keluarganya.

LOKASI PELAKSANAAN

proses pembuatan bokashi pupuk kandang kotoran sapi ini dilaksanakan di pekarangan Bapak Suyitno, deviasi satu anggota doan tani “Karya Tani I” di desa Semanding kecamatan agenbolaonline.org kabupaten agenbolaonline.org.

LANDASAN TEORI

KOTORAN ternak SAPI

Kotoran ternak sapi merupakan produk sampingan atau biasa disebut sampah dari peternakan sapi. Kredit dan waiting kencing merupakan sampah ternak sapi apa terbanyak dihasilkan di dalam pemeliharaan ternakselain limbah apa berupa sisa pakan. Di atas umumnyasetiap kilogram dagingsapi yang dihasilkan ternak sapipotong juga menghasilkan 25 kg feses padat (Sukmawati dan Kaharudin, 2010). Kredit tersebut jika noel ditangani invisor dapat menimbulkan permasalahan sebagai bau yang noel sedap, were sarang lalat dan radang usus besar patogen dan tentunya noël nyaman dipandang mata. Oleh karena itu diperlukan suatu penanganan untuk mengolah feses sapi supaya noel menimbulkan permasalahan tetapi bisa ~ dimanfaatkan were suatu produk yang memiliki biaya ekonomis.

ARANG SEKAM

Sekam padi merupakan lapisankeras apa membungkus kariopsisbutir gabah, terdiri atas dua belahanyang berpendapatan lemma dan paleayang saling bertautan. Pada prosespenggilingan gabah, sekam akanterpisah dari butir beras dan menjadibahan sisa atau sampah penggilingan.Dari tangani itu penggilingangabah menjadi dihasilkan 16,3-28%sekam. Sekam merupakan limbah dari penggilingan padi yang dapat memberipeluang usaha bila diolah lebih lanjut. Pembuatan arang sekamsalah satunya (http://pustaka.litbang.deptan.go.id/).

Pembuatan arang sekam dimaksudkanuntuk diatasi sifat fisiksekam agar lebih mudah ditanganidan dimanfaatkan lebih lanjut.Salah satu kelemahan sekambila used langsung sebagaisumber energies panas adalah menimbulkanasap di atas saat dibakar. Halini mengakibatkan bahan yang dikeringkanberbau asap dan warnabahan berubah sehingga menurunkankualitas bahan lateral menimbulkanpolusi udara. Selain itu,bila sekam tangan kedua langsung sebagaimedia tumbuh tanaman akanmendorong tumbuhnya bakteri pembusukakar dan jamur rhizophonia (http://pustaka.litbang.deptan.go.id/).Sekam padi dapat dijadikan arang untuk campuran pupuk bokashi (http://bagi.me/membuat-arang-sekam-padi/).

diatas lahan tanah pertanian arang sekam mendesak baik untuk membantu menyuburkan negara kita. Menurut beberapa insula arang sekam sanggup berfungsi such penyimpan sementara unsur hara dalam tanah sehingga noël mudah tercuci oleh air. Dan menjadi sangat mudah dilepaskan selama dibutuhkan ataukah diambil melalui akar tanaman. Bisa orang orang bilang arang sekam menjadi berfungsi sebagai zeolit.Arang sekam bersifat porous, ringan, noël kotor dan tampan dapat menahan waiting (http://www.gerbangpertanian.com).

EM 4 (Effective microorganisms 4)

Dalam pengkomposan terdapat berbagai macam cara. Penyimpangan satunya adalah EM4 . EM4 adalah sejenis bakteri yang dibuat untuk membantu dalam pembusukan pupuk kandang sehingga dapat di manfaatkan dalam proses pengkomposan. Kompos yang di hasilkan malalui cara ini ramah lingkungan variasi dengan kompos anorganik apa berasal dari zat-zat kimia. Kompos ini juga mengandung zat-zat apa tak ha pupuk anorganik apa baik bagi tanaman. Mencapai bantuan radang usus besar tersebut maka daun pupuk kandang dapat menyisakan zat hara apa baik buat tanaman. Keadaan anerob saat pembusukan sangatlah penting, untuk bakteri tersebut akan dies jika tercampur menjangkau gas atau udara dan tidak bisa di biakkan. Komposting dengan EM4 juga terbilang menyudahi sebab alat dan nyata gampang di menemukan di pasaran.

BOKASHI pupuk KANDANG feses SAPI

pupuk kandang didefinisikan sebagai semua produk buangan dari segenap binatang peliharaan apa dapat digunakan untuk menambah hara, memperbaiki sifat fisika dan biologi tanah. Penggunaan pupuk kandang segar secara langsung ke tanaman selalu noël menguntungkan dan menimbulkan masalah karena kandungan, gulma, organisme penyebab penyakit dan menggabungkan toksik apa kemungkinan dikandung ekskresi. Penggunaan pupuk kandang baru kemungkinan terlalu tinggi timbul panasnya selama tangani itu dekomposisi dan also tanaman dirampas unsur tertentu.Terlepas dari mengganggu polusi, proses bergejolak kemungkinan dihasilkan nyata pupuk apa lebih baik daripada bahan apa segar (http://ifey.info/kotoran)

Bokashi pupuk kandang merupakan proses bergejolak dari pupuk kandang segar apa menggunakan pupuk kandang, batin kegiatan ini adalah pupuk kandang dari bangku sapi sebagai bahan baku utamanya. Dalam prakteknya, pembuatan bokashi pupuk kandang dari kotoran sapi ini menggunakan bahan-bahan penunjang lain kemudian arang sekam, dedak dan EM4 seperti dekomposer. Penggunaan dekomposer EM4 dimaksudkan agar tangani itu peragian atau fermentasi menjadi lebih cepat. Apabila tidak punya menggunakan dekomposer, tangani itu pengomposan mungkin mencapai waktu hingga dua bulan sedangkan mencapai penambahan dekomposer EM4 maka times yang tangan kedua pada tangani itu pengomposan dapat dihemat yaitu hanya dalam times maksimal dua minggu.

Dalam proses pembuatan bokashi, pupuk kandang feses sapi secara alami akan mengalami pembusukan atau penguraian malalui mikroba atau jasad renik sebagai bakteri, jamur, dan sebagainya. Di atas proses membusuk dibutuhkan kondisi lingkungan yang optimal dan pantas agar semakin cepat atau semakin baik mutu bokashinya. Kondisi yang dibutuhkan such ketersediannya nutrisi kelembaban apa tepat atau udara apa cukup. Mengolahnya pembuatan bokashi ini adalah dimulai saat bahan-bahan yang dibutuhkan bercampur. Proses pembuatan bokashi secara menyudahi terbagi dulu dua tahap. Yaitu, tahap positif dan tahap pematangan. Diatas tahap awal pembuatan bokashi, oksigen dan senyawa yang mudah terurai become di gunakan malalui mikroba mesofilik. Suhu akan meningkat menjangkau cepat hingga 50 – 70OC. Begitu tambahan dengan peningkatan pH kompos. Mikroba apa aktif di ~ tahap duluan ini adalah mikroba termofilik, yaitu mikroba apa aktif di suhu apa tinggi. Mikroba menjangkau memanfaatkan oksigen menjadi menguraikan bahan-bahan ataukah senyawa. Usai sebagian besar bahan atau senyawa membongkar perlahan-lahan suhu become turun. Dan dilanjutkan tahap pematangan, yaitu pembentukan kompleks liat humus dan pengurangan berat sebanyak 30%-40% dari memuat awal.

Nilai bokashi pupuk kandang kredit sapi tidak hanya ditentukan berdasarkan asalkan bahan organik tetapi besarnya mengantarkan nitrogen. Nitrogen yang dilepaskan melalui aktivitas mikroorganisme kemudian dimanfaatkan melalui tanaman. Bokashi pupuk kandang kredit sapi mempunyai pengaruh yang baik terhadap sifat fisika dan kimia tanah. Penggunaan bokashi pupuk kandang feses sapi karena mempertahankan kesuburan tanah merupakan bentuk praktek tanah pertanian organik. Penggunaan bokashi pupuk kandang kredit sapi yang dipadukan dengan pupuk kimia, kapur pertanian dan botani legum serta didukung proses tanah yang baik mampu pengendalian gulma dan praktek pertanian yang lain akan berdampak baik bagi pengembangan tanah pertanian terutama pengembangan pertanian organik.

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN BOKASHI pupuk KANDANG bangku SAPI

Alat dan Bahan:

Alat yang tangan kedua dalam pembuatan bokashi pupuk kandang feses sapi antara lain:

EmberCangkul/sekopGemborPlastik/terpal buat penutupTermometerTimbanganSak/karung/kantong plastik

Bahan yang digunakan dalam pembuatan bokashi pupuk kandang bangku sapi antara lain:

Pupuk kandang sebanyak 80 kg.Arang sekam sebanyak 10 kgDedak sebanyak 10 kg.Tetes tebu atau gula sebanyak dua sendok makan (100 ml).EM4 sebanyak dua sendok makan (100 ml)Air secukupnya.

LANGKAH KERJA

Pertama-tama dibuat larutan dari EM4, jatuh tebu/gula dan waiting dengan perbandingan 1 ml : 1 ml :1 liter air.Bahan pupuk kandang kotoran sapi, arang sekam dan dedak campuran merata diatas lantai yang kering.Larutan EM4disiramkan manfaat gembor secara perlahan dan bertahap sehingga terbentuk adonan. Adonan yang terbentuk jika dikepal mencapai tangan, maka noël ada air apa keluar dari adonan. Begitu juga bila kepalan dilepaskan maka adonan kembali mengembang(kandungan air kyung 30%).Adonan terdekat dibuat were sebuah gundukan setinggi 15-20 cm. Gundukanselanjutnya ditutup menjangkau terpal atau plastik tebal selama 7-14 hari. Selama batin proses, suhu nyata dipertahankan antara 40-60OC. Jika suhu berwujud melebihi 60OC, maka karung penutup dibuka dan jernih adonan dibolak-balik dan selanjutnya gundukan ditutup kembali.Setelah empat belas aku terpal ataukah plastik tebal dapat dibuka. Pembuatan bokashi dikatakan berhasil jika bahan bokashi terfermentasi dengan baik. Ciri-cirinya adalah bokashi akan ditumbuhi oleh jamur yang berwarna weiss dan aromanya sedap. Sedangkan jika dihasilkan bokashi yang berbau busuk maka pembuatan bokashi gagal.Bokashi yang sudah jadi sebaiknya segera digunakan. Jika bokashi mau disimpan terlebih sebelum maka bokashi harus dikeringkan terlebih sebelum dengan cara menganginanginkan di atas lantai hingga kering. Setelah kering bokashi dapat dikemas di dalam kantung plastik.

PEMBAHASAN

Setelah does pengkomposan menjangkau EM4 diperoleh hasil bokashi pupuk kandang kotoran sapi berupa padatan kering, berwarna hitam, dan noël berbau. Memuat bokashi start dengan akhir tambahan berkurang hingga 30% yaitu dari total memuat awal 100 kg were 70 kg bokashi kering. Dalam pembuatan bokashi ini ada beberapa tahap apa kami lakukan, yaitu:

Tahap pembuatan bokashi.

Dalam tahap ini kami does pencampuran bahan-bahan kemudian dalam metode/langkah kerja. Kapak pada saat pengentasan adonan menggunakan terpal/plastik haruslah dalam kondisi rapat/anaerob agar kolitis EM4 yang telah tercampur dengan adonan tidak dies dalam sekali pembuatan bokashi.

Tahap pembusukan.

Dalam tahap ini bokashi pupuk kandang feses sapidibiarkan membusuk oleh radang usus besar EM4 selama 0-2 minggu

Tahap pengeringan.

Tahap ini dilakukan usai minggu ke-2 dan memastikan bahwa pupuk kandang kredit sapi busuk. Nanti itu dikeringkan mencapai cara diangin-anginkan di tempat apa teduh dan beratap serta noël terkena sinar matahari secara langsung. Tahap menguras ini berlangsung dari minggu setelah 2-4 since bokashi pupuk kandang kotoran sapi enim yaitu ditandai menjangkau adanya perubahan-perubahan warna were lebih gelap (hitam), kemenyan sedap (seperti “tape”) dan tekstur keran meremah.

Bokashiyang telah kering siap untuk dikemas dan digunakan

Hasil pengamatan harian (dilakukan dua days sekali) mengolahnya pembuatan bokashi pupuk kandang feses sapi ditunjukkan di ~ tabel 1.

Tabel Pengamatan Harian proses Pembuatan Bokashi pupuk Kandang bangku Sapi

No

Hari Ke-

Suhu

Hasil

1

2

50OC

Belum ada perubahan

2

4

54OC

warna tetap, masih bau dan awal ditumbuhi jamur

3

6

55OC

Pertumbuhan mengiris semakin banyak, mulailah terjadi perubahan bau seperti “tape” dan awal mengering

4

8

55OC

Tekstur semakin meremah, dupa khas peragian (seperti dupa “tape”)

5

10

52OC

Warna semakin mengaburkan (hitam), bau khas peragian (seperti bau “tape”) dan tekstur meremah

6

12

50OC

Warna semakin mengaburkan (hitam), bau khas peragian (seperti kemenyan “tape”) dan tekstur meremah serta halus

7

14

46OC

Warna hitam, kemenyan khas peragian (seperti kemenyan “tape”) dan tekstur meremah serta halus

Pengamatan pertama apa dilakukan pada hari kedua belum tampak terjadinya perubahan dikarenakan melunakkan masih relatif rendah sehingga dilakukan pengadukan lagi kemudian menutupnya mencapai lebih rapat. Hari keempat pengamatan unjuk hasil adanya sedikit perubahan ditandai menjangkau adanya pertumbuhan shiitake berwarna putih kran air ledeng disekitar permukaan gundukan. Pada hari keenam dan kesepuluh dilakukan pengadukan untuk menambah suplai oksigen. Saya dirampas udara mengakibatkan aktivitas mikroba dan melunakkan menurun dan akan menimbulkan gas metan apa dapat menimbulkan bau. Pengamatan selanjutnya mengakuisisi perubahan-perubahan warna, bau dan tekstur serta suhu yang semakin menurun. Bab ini demonstrasi bahwa terjadi proses bergejolak dan pembusukan sehingga pada days ke empatbelas diperoleh bokashi pupuk kandang kotoran sapi yang telah siap karena digunakan. Agar bokashi dapat disimpan dalam waktu apa relatif lama dan dapat digunakan back di kemudian aku diperlukan tindakan pengeringan dengan cara mengangin-anginkan di ruang teduh suspended namun noël terkena sinar matahari secara secepatnya dan terhindar dari hujan. Mengolahnya pengeringan mungkin berlangsung selama 1-2 minggu. Nanti bokashi pupuk kandang feses sapi benar-benar kering, siap untuk dikemas untuk mempermudah penyimpanan.

Bokashi pupuk kandang kotoran ternak memiliki keuntungan antara lain: 1) proses yang dilakukan tampan sederhana; 2) pembuatan bokashi benefit EM4 bermanfaat karena mengembalikan sifat tanah dan unsur-unsur hara di batin tanah; 3) bokashi pupuk kandang bangku ternak mendesak baik digunakan karena melanjutnlan tangani itu pelapukan mulsa dan bahan organik lainnya di lahan tanah pertanian sehingga sangat sesuai untuk diaplikasikan di lahan sawah; 4) bokashi pupuk kandang feses sapi baik buat digunakan di dalam pembibitan botani dan 5) nilai pembuatan bokashi pupuk kandang kotoran sapi relatif murah.

KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Pembuatan bokashi dapat mengatasi masalah yang ditimbulkan dari adanya buang peternakan yaitu berupa bangku sapi. Selain menemani itu bokashi pupuk kandang feses sapi tambahan bermanfaat untuk lahan tanah pertanian dan also mempunyai pengeluaran ekonomis yang dapat curam pendapatan petani ternak sapi. Pembuatan bokashi dilakukan dengan benefit dekomposer EM4 guna membantu mempercepat proses pembusukan. Pupuk kandang kredit sapi yang kami gunakan dalam pengkomposan ini dapat membusuk hanya dalam waktu dua minggu. Penggunaan EM4 di dalam pembuatan bokashi pupuk kandang kotoran sapi itu keramahan lingkungan walau di gunakan di dalam jumlah apa banyak.

SARAN

penting pengujian lebih lanjut terkait kontak bokashi pupuk kandang kredit sapi terutama kontak unsur makro dan mikro agar pengaplikasian di lahan agraris dapat dilakukan mencapai tepat.

Lihat lainnya: Pernikahan Paling Mewah Di Indonesia, 7 Pernikahan Artis Ini Disebut Paling Mewah Se

DAFTAR PUSTAKA

http://bagi.me/membuat-arang-sekam-padi/

http://ifey.info/kotoran ternak such sebagai sumber pupuk organik.html

http://pustaka.litbang.deptan.go.id/publikasi/wr254033.pdf : pilihan Agribisnis Arang Sekam

http://www.deptan.go.id/feati/teknologi/BOKASHI.pdf

http://www.gerbangpertanian.com/2011/03/fungsi-dan-cara-membuat-arang-sekam.html

Sukmawati, F. Dan Kaharudin. 2010. Petunjuk sibuk Manajemen Umum sampah Ternak untuk Kompos dan Biogas. Kementrian Pertanian. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Balai besar Pengkajian dan Teknologi Pertanian. Balai Pengkajian Teknologi agraris NTB. Nusa Tenggara Barat.