Teksturnya apa lembut dengan aroma wangi khas pandan, siapa yang bisa menolak legitnya jajanan pasar Nusantara apa satu ini. Jajanan ini bernama kue talam ketan srikaya pandan. Cita rasa manis gurih yang pas lidah, paling cocok dijadikan seperti sajian tebal di rumah.

Anda sedang menonton: Cara membuat kue talam ketan

Nah, untuk kamu yang sudah gak sabar ingin segera membuatnya, yuk cari kenal cara membuatnya di bawah ini.


*
eater.com

Lapisan ketan:300 gram ketan, rendam semalaman200 ml krim kelapa cair2 lembar daun pandan1 sdt garamLapisan srikaya:200 ml krim kelapa kental2 granul telur2 butir keemasan telur170 gram gula pasir100 ml jus pandan5 sdm tepung terigu2 sdm tepung maizena


*
cookingwithlane.com

Siapkan panci kukusan, letakkan diatas kompor. Masukkan beras ketan yang telah direndam sebelumnya usai dalam panci kukusan, lalu nyalakan kompor dengan fire sedang then kukus sampai setengah matang. Kalau sudah, matikan api. Sisihkan.

Baca Juga: resep Ongol-Ongol ketan Hitam yang Cocok Dijadikan Camilan Saat Santai


*
craftsy.com

Siapkan wajan, letakkan di ~ kompor. Masukkan santan cair dan ketan yang sudah dikukus setengah matang, lalu koki dengan fire sedang sambil terus diaduk hingga setengah meresap.

Tambahkan garam dan daun pandan, biarkan selama 20 menit hingga matang. Matikan api, angkat. Tuang ke dalam wadah apa sudah dialasi daun pisang dan sedikit garam, lalu ratakan dan padatkan. Sisihkan.


*
whattocooktoday.com

Untuk tahapan selanjutnya untuk membuat lapisan srikaya, siapkan wadah. Di dalam wadah campur telur, santan, gula, dan wait jus pandan. Aduk-aduk hingga tercampur rata, tiriskan.

Selanjutnya bayangkan itu wajan di atas kompor, tuang adonan lalu dimasak dengan api sedang sampai hangat. Tambahkan tepung gandum dan tepung maizena, masak sambil terus diaduk hingga agak mengental dan matang. Matikan api, angkat dan tuang di ~ adonan ketan.


*
instagram.com/dapoeriana

Tahap terakhir, siapkan panci kukusan. Letakkan di atas kompor, alasi tutupnya dengan bahan bersih. Masukkan adonan ketan di di dalam loyang ke dalam panci kukusan, kemudian kukus hingga benar-benar matang dengan fire sedang. Matikan api, angkat dan dinginkan. Potong-potong, kue talam srikaya pandan siap disajikan.

Lihat lainnya: Angkutan Umum Ke Cibubur Junction, Cek Rutenya

Nah, bagaimana aroma legit gurihnya kue talam ketan srikaya pandan diatas sangat meledek selera bukan? Jadi, kapan lagi bisa membuat jajanan market khas nusantara apa nikmat ini. Selamat mencoba!

Baca Juga: rumus Membuat ketan Durian Lumer, Dessert Legit tanpa Oven dan Mixer 


IDN times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Segenap karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Ditanyakan di ~ 05 Nov 2021 | 00.27

Jika anak mu hamil di luar nikah, siapa apa salah? anak nya what orang tua nya!