Fenomena cacing keluar dari tanah di Bantul, DIY dan Pangandaran, Jawa barat langsung dikaitkan mencapai pertanda gempa bumi.


*

agenbolaonline.org - figure fenomena cacing diambil dari negara (Freepik)


agenbolaonline.org, SOLO — Fenomena ribuan cacing dilepas dari di dalam tanah di kota Solo dan beberapa menyiksa di Sukoharjo dan Klaten menimbulkan beragam spekulasi, termasuk pertanda gempa.

Anda sedang menonton: Cacing keluar dari tanah pertanda

Ribuan cacing itu disetujui di pagi days dan merayap usai permukaan silam akhirnya mati. Namun, ada tambahan ratusan cacing go yang kembali lagi usai dalam tanah.

Lockdown di Afrika Selatan, Singa Tidur Lelap di Jalanan
Ada yang mengaitkan fenomena cacing keluar dari tanah untuk masifnya penyemprotan antiseptik selama epidemi corona.

Namun ada pula apa mengaitkannya dengan dugaan pergerakan negara atau pertanda gempa bumi.

Kejadian di Bantul

Fenomena cacing disetujui dari tanah ini pernah terjadi di Bantul, DIY. Depan fenomena ini also terjadi di Pangandaran, Jawa Barat.

Ketika itu, fenomena cacing disetujui dari tanah di bantul dan Pangandaran langsung dikaitkan dengan pertanda gempa bumi.

Kala menemani itu sejumlah ilmuwan dari LIPI memberikan tanggapan overhead fenomena cacing disetujui dari tanah.

Pakar UNS: Cacing dilepas di Solo, Bisa enim Dinamika dibawah Kerak Bumi
Sebagaimana mengutip dari laman resmi Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), lipi.go.id, ahli geologi dari LIPI, Eko Yulianto, mengatakan kemunculan cacing negara di bantul tak mungkin diabaikan.

“Ada catatan, sebelum gempa Pangandaran, beberapa lancar ITB membuat pernyataan gempa tak bisa di sana. Yang terjadi sebaliknya, ” katanya.

Sedangkan pakar gempa dari markas besar Penelitian Geoteknologi LIPI Danny Hilman Natawidjaja punya pendapat lain.

Dia mengatakan jikapun ada gempa, kemungkinan itu buat aktivitas tektonik apa berasal dari lepas pantai. Meskipun lokasi tersebut, menurut dia, berada kurang sopan dari lepas pantai.

Viral masker Do Manuto Khas Wali kota Solo Rudy, Begini Ceritanya!

Sementara, kata Danny, energi karena bisa menimbulkan gempa besar di lokasi menyertainya telah terpakai di ~ 2006. Dan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk mengumpulkan energi baru silam bisa membuat gempa.
Dia menduga ada faktor lain yang menyebabkan cacing-cacing tersebut cemas dan dilepas hingga usai permukaan tanah.

Namun, dia tak menampik ada kemungkinan komplikasi tektonik di suatu ruang angkasa bisa saja terbaca lewat perilaku hewan-hewan di sekitarnya.

Ganjar panggilan Puluhan Tenaga Medis RS Kariadi Semarang aktif Covid-19 Gegara Pasien Tak Jujur

Seperti cacing ini. Perubahan di alam, kata dia, dapat membuat hewan-hewan saya baik-baik saja gelisah dan tak nyaman.

”Insting makhluk lives bisa merasakan perubahan di alam, sebagai waktu gempa di Padang (Sumatera Barat). Sejak sebelum gempa kok tiba-tiba hewan-hewan besar apa enggak keluar, tiba-tiba keluar, ” ujar dia.

Tak Bisa enim Indikator

Namun, menurut Danny, chapter itu tak selalu terjadi sehingga tak sanggup dijadikan indikator atau tolak ukur pertanda gempa. Membutuhkan alat untuk memastikan bab tersebut.

“Enggak always terjadi, waktu Aceh enggak ada, times gempa Nias enggak ada, Mentawai enggak ada, ” hati-hati dia.
“Belum tervalidasi. Kalau ada satu metode yang enggak tentu, enggak sanggup diulang another dengan cara yang sama, enggak sanggup diakui sebagai scientific method , ” kata dia.

Duh! reservasi KA Prameks Dipangkas mulailah Senin

Meski begitu, tak bisa ~ dimungkiri sejumlah gempa bumi membongkar di world di antaranya memang diawali cacing disetujui dari tanah, seperti di Haicheng.

Di Taiwan, kemunculan cacing dilaporkan 10 hari menjelang gempa Chi Chi 1999 (Allen dkk, 2000). Beberapa sumber lain apa mengungkap kemunculan cacing menjelang gempa adalah chen dkk (2000), Rikitake 0979). Whitehead dan Ulusoy (2013), serta Uso dan Fidani (2014).

103 Pekerja di Wonogiri Kena PHK dan Dirumahkan

Mengutip menyetujui dan Conlan (2015), sebagaimana disampaikan BMKG, kemunculan cacing massal bisa ~ menandai anomali gelombang elektromagnetik frekuensi inferioritas beberapa days sebelum gempa.

Lihat lainnya: Jual Kartu Ucapan Happy New Year Murah, Jual Kartu Happy New Year Murah

Namun, lagi-lagi para ilmuwan tahu fenomena cacing keluar dari negara ini belum dapat konon petunjuk become ada gempa bumi Ini karena fenomena ini berdiri sendiri tidak punya didukung data anomali lainnya.