Teknologi Terinspirasi dari Tumbuhan – Tumbuhan pribadi struktur dan fungsional tertentu yang dapat melangsungkan mekanisme kehidupan. Mekanisme setiap bagian tumbuhan, pribadi fungsi yang unik dan berbeda. Karenanya, mekanisme pada tumbuhan bisa ~ menginspirasi para ilmuwan karena mengembangkan suatu teknologi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari – hari. What saja teknologi tersebut? Yuk, pelajari kesamaan – kemiripan disini.

Anda sedang menonton: Berikut ini merupakan teknologi yang terinspirasi dari


Rangkuman IPA Kelas 8 Lengkap, lihat here Rangkuman IPA Kelas 8 K13

Jika sebelumnya, meringkaskan materi bab 3 structure dan fungsional Tumbuhan, diatas bagian kedua akan membahas tentang Jaringan Tumbuhan, Jaringan diatas Akar, Jaringan diatas Batang dan Jaringan di atas Daun. Maka di part 3 ini membahas tentang Teknologi Terinspirasi dari struktur Tumbuhan.


Teknologi Terinspirasi dari structure Tumbuhan

Struktur body organ dan jaringan tumbuhan untuk menginspirasi manusia buat mengembangkan berbagai teknologi such panel matahari (solar cell), sensor cahaya, lapisan pelindung, pengilap pengangkutan dan alat pemurnian air.


1. Panel surya (Solar cell)

Panel surya adalah alat yang dapat mengubah sinar matahari dulu energi listrik. Selama cahaya matahari mengenai panel surya, berakibat elektron (partikel penyusun atom apa bermuatan negatif) pada panel surya bergerak melalui konduktor dan menjadi arus listrik.

Mekanisme kerja panel surya terinspirasi dari tangani itu fotosintesis pada daun. Tangani itu fotosintesis diperlukan cahaya, karbondioksida dan klorofil, membuat oksigen dan glukosa. Saat daun terkena sinar matahari, klorofil akan absorb energi cahaya. Elektron di ~ klorofil bergerak malalui saluran yang menyebabkan muatan aktif ikut bergerak.


Selanjutnya, muatan aktif bergerak menuju complex enzim yang berfungsi menghasilkan energi berupa ATP dan NADPH. ATP dan NADPH digunakan untuk mengubah karbon dioksida menjadi glukosa. Berikut reaksi perubahan energi cahaya were kimia di dalam proses fotosintesis :


*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*
*

Struktur body organ dan jaringan tumbuhan juga menginspirasi arsitek untuk membuat rancangan bangunan, contohnya gedung Esplanade di Singapura. Esplanade ini memiliki atap yang bentuknya segitiga seperti duet kulit durian (Durio zibetinus). Atap tersebut diatur karena mengikuti pergerakan matahari, sehingga dapat mengolah intensitas cahaya di dalam gedung.

Lihat lainnya: Tokoh Yang Berpengaruh Di Indonesia, Inilah 5 Tokoh Berpengaruh Di Indonesia

Berikut penampakan gedung Esplanade : 


Demikian meringkaskan materi bab Struktur dan fungsional Tumbuhan component 3 harapan bermanfaat dan mungkin menambah referensi kamu. Buat rangkuman lebih fullest silahkan penampilan di halaman Rangkuman IPA Kelas 8.