agenbolaonline.org – nama belakang pisang ijo bagi kamu food lover aka penggemar kulineran pasti sudah noël asing lagi. Ada banyak es pisang ijo yang dapat kamu temukan di seluruh town di Indonesia. Tape pisang ijo yang diketahui berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini ternyata punya asal usulnya lho. What sih origin usul tape pisang ijo? Cekidot.

Anda sedang menonton: Asal usul es pisang ijo

Sebelum lebih jauh, kenalan lagi deh. Pita pisang ijo terbuat dari pisang kukus apa dibalut kulit dadar berwarna hijau. Kemudian disajikan mencapai kuah tebal dari olahan santan. Nah such pelengkapnya topping ini adalah dituangkan sirup berwarna untuk menambah cita rasa dan bikin mata melek!

*
Es Pisang Ijo Pak IchwanudinASAL USUL tape PISANG IJO

Es pisang ijo yang menarik banget apalagi most diburu saat moon puasa ini ternyata berawal dari sebuah cerita rakyat apa melegenda.

Alkisah, di pulau Sulawesi ada seorang raja yang dikenal buat kejam dan tidak punya belas kasih. Karenanya tidak ada satupun warga apa berani resisten perintah.

Pada suatu hari, salah satu juru masak kerjaan bernama Ijo, melakukan sebuah kesalahan fatal. Makanannya ternyata noel dapat dikenali lidah sang raja.

Hingga then sang raja naik pitam dan mengancam menghukum mati juru memasak tersebut di dore rakyat. Tak knalpot akal, juru memasak itu segera profil sebuah penawaran menaiknya kepada sang raja.

Mengetahui sang raja sangat sebagai pisang, maka Ijo pun menawarkan karena membuat sebuah resep olahan pisang terlezat kepadanya. Tawaran diterima. Ijo kemudian membuat kudapan pisang mencapai balutan tepung berwarna hijau disajikan together kuah fla apa kental dan gurih.

Lihat lainnya: Walau Berat, Ini Alasan Pria Menjauhi Wanita Yang Disukainya

Tak disangka, sang raja sangat ibarat olahan pisang ijo tersebut. Ijo pun selamat dari hukumannya. Seperti penghormatan, food selection tersebut then diberi nama Pisang Ijo melalui sang raja.

Eh tapi namanya tale rakyat kan ya, belum tentu tale ini tepat adanya. Untuk cerita tersebut adalah karangan seorang penulis asal Makassar saja.