agenbolaonline.org, champa - Direktur panasnya Bumi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Harris Yahya, mengatakan bahwa pemanfaatan panas bumi memiliki opsi sebagai pizer sektor perekonomian. Panasnya bumi noel hanya untuk pembangkit listrik, tapi also berbagai industri lain.

Anda sedang menonton: Apa manfaat energi panas bumi


harus baca JUGA: Kementerian ESDM Sabet Penghargaan perak Winner di Ajang ASEAN PR Excellence Awards
berpengalaman JUGA: Bekali ASN Kementerian ESDM melalui Diklat PPM dengan cara SROI

Baca Juga


Energi panas bumi, katanya, dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara lain kemudian tujuan pariwisata, pendinginan atau pembuatan es, membuat hidrogen, industri kertas dan makanan, untuk membuat bioethanol dan biogas, serta budidaya perikanan.

Berdasarkan data Badan Geologi per Desember 2020, sumber daya panas bumi Indonesia sebanyak 23.765,5 MW. Namun, pemanfaatannya baru mencapai 2.130 MW, masih di bawah target 2020 yaitu 2.270,7 MW.

Dari berbisa kapasitas terpasang tersebut, telah menghasilkan listrik sebesar 15,49 Terra Watt hour (TWh) diatas 2020, dan memproduksi damp sebesar 110,9 juta ton.

Wilayah pengembangan panas bumi saat ini terdiri dari 64 Wilayah pergerakan Pertambangan (WKP) dan 14 kanton Penugasan menyelidiki Pendahuluan dan eksplorasi (WPSPE). Rinciannya, 19 WKP eksisting dan 45 WKP baru.


Saksikan Video pilihan di Bawah Ini:


Australia memanfaatkan energi panas bumi untuk mengatur melunakkan ruangan dan bangunan. VOA


2 dari 2 halaman

Nilai PNBP energi Panas Bumi Capai Rp 1,96 Triliun di 2020


*

Perbesar
PT Pertamina Gothermal power (PGE) menambah satu Wilayah action (WK) Geothermal di dalam rangka minum kapasitas terpasang pembangkit Listrik Tenaga panasnya Bumi (PLTP) sehingga saat ini PGE mengoperasikan 15 WK. Dok Pertamina
Sebeumnya, Direktur gen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menderita pengembangan energi panasnya bumi di Indonesia akan membawa dampak ekonomi luas. Sehingga, tak akhirnya pada muka realisasi investasi semata.

Pertama, adanya muka penerimaan negara dari pungutan yang dibayar oleh orang memiliki atau badan dengan didapatkan manfaat langsung maupun noel langsung atas layanan atau pemanfaatan diperoleh daya dan hak yang diperoleh negara. Menurutnya, di dalam hal ini ialah penerimaan Negara bukan Pajak (PNBP).

"Panas bumi memberikan kontribusi ekonomi oleh penerimaan negara bukan pajak menjangkau capaian Rp1,96 triliun pada five 2020," terangnya.

Manfaat pengelolaan panas bumi terdekat ialah pengembangan ekonomi dan ketrampilan sosial di daerah. Menyusul adanya program masyarakat development dari pihak perusahaan pengembang.

"Program community development ini memang menjadi kewajiban dati badan usaha pengembang panas bumi," terangnya.

Lihat lainnya: Formula 16 Tenses Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimatnya, Rumus 16 Tenses Dan Contohnya Halaman All

Oleh untuk itu, otoritasnya terus berupaya buat memaksimalkan potensi bersumber daya alam panas bumi yang ada di Indonesia. Sembuh berbagai manfaat apa akan dinikmati masyarakat.