Halo Bapak/Ibu, bagaimana kabarnya? Semoga always sehat dan dengan tegas semangat mengajarnya, ya.

Anda sedang menonton: Apa itu seleksi kompetensi dasar

Siapa sih yang noël ingin menjadi PNS? PNS merupakan deviasi satu jabatan yang paling banyak diburu melalui para pelamar kerja. 

Mengingat batas usia pendaftaran PNS hanya 35 tahun, maka siapapun yang berminat harus berupaya maksimal agar sanggup lolos seleksi silam batas usia apa ditentukan. 

Seleksi apa harus dilewati karena sampai setelah tahap cpns ada dua, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi daerah (SKB). Pada jadwal acara ini, agenbolaonline.org Blog just akan membahas SKD untuk Bapak/Ibu. Check this out!


Daftar Isi Sembunyikan
Pengertian SKD
Pengumuman SKD
Kisi-Kisi Soal SKD
1. TWK
2. TIU
3. TKP
Contoh Soal SKD
Soal ujian Wawasan Kebangsaan (TWK)
angka 1
angka 2
nomor 3
Soal menguji Intelegensi Umum (TIU)
nomor 4
nomor 5
numeral 6
Soal menguji Karakteristik memiliki (TKP)
nomor 7
nomor 8
numeral 9

Pengertian SKD

*

Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD adalah seleksi tahap awal cpns yang berisi soal-soal knowledge dasar, seperti Matematika dasar, Bahasa Indonesia, sinonim, antonim, hal-hal sekitar kebangsaan, dan pekerti diri. Seleksi dilakukan benefit sistem hijau (Computer assisted Test). 

Tahap seleksi ini dulu penentu lolos tidaknya peserta usai tahap seleksi berikutnya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar sanggup lolos adalah memenuhi passing grade atau nilai ambang batas apa telah ditentukan oleh Kemenpan RB.

Pengumuman SKD

Pengumuman diimplementasikan SKD bisa ~ diketahui jika pendaftaran seleksi cpns sudah dibuka. Karena tahun 2021, pendaftaran seleksi akan dibuka sekitar bulan Mei-Juni. Oleh untuk itu, Bapak/Ibu harus selalu update informasi di ~ bulan-bulan tersebut. Ke pendaftaran dibuka, biasanya BKN juga akan mengumumkan penjadwalan SKDnya.

Kisi-Kisi Soal SKD

*

Soal SKD terdiri dari tiga daerah tes, yaitu TWK, TIU, dan TKP. Berdasarkan Permenpan nomor 36 five 2018, materi masing-masing bidang tes adalah seperti berikut.

1. TWK

Terdiri dari materi berikut:

NasionalismeIntegritasBela negaraPilar negaraBahasa IndonesiaPancasilaUndang-Undang dasar 1945Bhineka Tunggal IkaNKRI (sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan country Indonesia dalam tatanan local maupun global, dan Bahasa Indonesia)

2. TIU

Terdiri dari materi berikut:

Kemampuan verbalKemampuan numerik, misalnya operasi numeral (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)Kemampuan figural, misalnya menganalisis simbol, memaknai gambar, menyusun progresif suatu gambar, dan sebagainya.Kemampuan berpikir logisKemampuan memikirkan analitis

3. TKP

Terdiri dari materi berikut:

Pelayanan publikSosial budayaTeknologi insula dan komunikasiProfesionalismeJejaring kerjaIntegritas diriSemangat berprestasiKreativitas dan inovasiOrientasi di ~ pelayananOrientasi di atas orang lainKemampuan beradaptasiKemampuan mengendalikan diriKemampuan bekerja mandiri dan tuntasKemauan dan kemampuan belajar berkelanjutanKemampuan bekerja sama di dalam kelompokKemampuan mengoordinir rakyat lain

Contoh Soal SKD

*

Jika Bapak/Ibu penasaran dengan contoh soal SKD, check this out!

Soal memeriksa Wawasan Kebangsaan (TWK)

Nomor 1

Pada tanggal 8 Agustus 1967, wakil country Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand pertemuan di Bangkok buat menindaklanjuti deklarasi bersama dengan melakukan pertemuan dan penandatangan Deklarasi ASEAN atau dikenal menjangkau Deklarasi Bangkok. Pada pertemuan tersebut, Indonesia diwakili oleh menkes Luar Negeri, yaitu Adam Malik. Keterlibatan Indonesia di kancah internasional pantas dengan pengamalan Pancasila, terutama tolong ke….

SatuDuaTigaEmpatLima

Sumber:

Youtube Channel Fandi AP: 


*

Nomor 2

Perjuangan Panglima Besar gen Soedirman sarat dengan autokrasi gerilya walaupun dalam kondisi kesehatan apa kurang baik. Semangat bela negara apa telah diteladankan kepada generasi penerus bangsa adalah….

Kesediaan berperang menjangkau senjata yang sederhana.Berjuang tanpa menonjolkan kepentingan pribadi.Memandang kemerdekaan sebagai tujuan utama.Mempertahankan khanh dengan segala cara.Pantang menyerah karena mempertahankan kemerdekaan.

Sumber:

Youtube Channel doseNdeso: 


*

Nomor 3

Pada era globalisasi sekarang ini, insula dan teknologi semakin berkembang mencapai pesat. Jiwa nasionalisme dan patriotisme yang dapat tergerus melalui perkembangan saat ini. Memberikan ruang serta dialog also penting karena dilakukan kepada generasi milenial. Untuk menjaga agar nilai-nilai militer ada, maka diperlukan….

keteladanansarana dan prasaranasumber daya manusia apa terampilsumber danaperaturan hukum

Sumber:

Youtube Channel KitaLulus:


*

Soal ujian Intelegensi Umum (TIU)

Nomor 4

49, 9, 7, 37, 12, 10, 25, 15, …, …

13, 1313, 1414, 1414, 1515, 15

Sumber:

Youtube Channel KitaLulus: 



Nomor 5

Al, El, dan Dul pergi usai sekolah apa sama. Selang rumah Al 4/3 jarak rumah El dan 4/5 jarak rumah Dul. Ketiganya pergilah dari rumah masing-masing pada kota 06.41 dengan rate Dul 5/7 dari jumlah rate Al dan El. Wama yang dibutuhkan El untuk mengendarai engine dari rumah nanti sekolah sama mencapai Al. Jika rate Al mengendarai motor 80 km/jam dan selang antara rumahnya dan sekolah 12 km, Dul become tiba di sekolah diatas pukul….

06.4006.3006.5006.4506.35

Sumber:

Youtube Channel KitaLulus: 



Nomor 6

Delapan people sedang kepanduan arisan dengan lokasi duduk melingkar. Bu Joko harus menyampaikan insula dari kelurahan, sehingga beliau demands Bu Danu kemudian ketua arisan untuk berada di dekatnya. Bu amir persis di dokter ketua arisan dan samping Bu Rudi yang berhadapan menjangkau Bu Heri. Bu Doni dipahami bahwa Bu Toro noël mau duduk menutup dengan Bu Amir, sehingga Bu Doni berada tengah mereka berdua. Mencapai demikian, berposisi duduk Bu Satyo berada di….

Hadapan Bu HeriSebelah Bu AmirHadapan Bu ToroSebelah Bu DanuSebelah Bu Heri

Sumber:

Youtube Channel doseNdeso: 


Soal memeriksa Karakteristik memiliki (TKP)

Nomor 7

Anda merupakan seorang manajer sebuah perusahaan. Cantik beberapa bulan ini ada satu karyawan yang noël dapat bekerja dengan baik, bahkan cenderung menghambat aktivitas perusahaan buat banyak pekerjaan apa tertunda akibat menunggu karyawan tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Bahkan, setelah ditunggu pun hasilnya noel memuaskan. Seperti atasan, Anda sudah memberikan beban kerja sesuai peraturan dan prosedur yang ada. Perusahaan pun sudah memberikan kesempatan mayoritas kali untuk perbaikan, namun tetap noel ada perubahan apa signifikan. Hal apa akan milik mereka lakukan adalah….

Memberi kesempatan terus sampai dia bisa berubah menunjukkan performa terbaiknya, meski ini adalah mengganggu kinerja perusahaan.Memberikan kesempatan untuk setiap karyawan berhak atas halaman tersebut.Terpaksa mencari pengganti agar kinerja perusahaan bagian belakang membaik.Memberhentikannya dan memastikan segenap keputusan saya terdokumentasi.Memberhentikan karyawan tersebut untuk tidak bekerja dengan baik.

Sumber:

Youtube Channel Mohammad Arif:


Nomor 8

Setiap dua setengah lima sekali, kantor dari mereka membuka lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang baru lulus. Pada golongan sebelumnya, anda diterima di bagian Tata Usaha. Lima ini, bureau tersebut membuka lowongan kembali dan adik taraf Anda di kampus also diterima di bagian yang sama menjangkau Anda. Such senior, ternyata Anda noël mengenali adik tingkat tersebut. Anda hanya mengetahui identitas dan data dirinya melalui membentuk informasi apa diberikan malalui rekan kerja. Sikap their adalah….

Menerima dengan keramahan serta membantunya melakukan adaptasi secara profesional.Menyambut mencapai sedakadarnya dengan dengan tegas membantunya beradaptasi bila diperlukan.Menyambutnya dengan meriah.Berkenalan dan bicara sebentar karena mengetahui karakteristiknya.Menjaga jarak dengannya buat bagaimanapun tidak saling kenal.

Sumber:

Youtube Channel KitaLulus: 


Nomor 9

Siang ini anda sedang melayani crowd nasabah di kantor dengan antrean cukup panjang. Kemudian, ada seorang kakek berumur 70 tahun juga ikut mengantre. Sembuh antrean terlalu panjang, kakek tersebut bertanya dilayani terlebih dahulu, Sikap milik mereka adalah….

Lihat lainnya: Lirik Lagu Nurlela Trio Lestari Nurlela Mp3 Dan Mp4, Lirik Lagu Nurlela Oleh Bing Slamet, 1960

Minta maaf dan sarankan kakek tersebut untuk antre benar urutan.Minta pesimis dan sarankan kakek tersebut untuk tetap antre karena pelayanan didasarkan di ~ jadwal kedatangan.Langsung dinas kakek tersebut untuk sudah tua.Melayani kakek tersebut then memberikan pengertian diatas pelanggan apa lain.Memberikan pengertian pada pelanggan lain lalu melayani kakek tersebut.

Sumber:

Youtube Channel DR Story: 


 

Itulah pembahasan serta contoh soal seleksi kompetensi dasar (SKD) pada penerimaan CPNS. Semoga item ini sanggup memberikan motivasi di atas Bapak/Ibu karena tetap semangat di dalam mempersiapkan seleksi CPNS. Jangan dilupakan jaga kesehatan dengan firmicutes mematuhi protokol diberkatilah anda 3M. 

Apabila Bapak/Ibu mau tahu info terbaru circa dunia pendidikan atau informasi terkait pendaftaran CPNS, terima kasih kembali kunjungi agenbolaonline.org Blog. Salam agenbolaonline.org!

jdih.menpan.go.id/Youtube Channel Fandi APYoutube Channel doseNdesoYoutube Channel KitaLulusYoutube Channel Mohammad ArifYoutube Channel DR Story