Sekilas pemandangan hewan ini, bisa kita become terkecoh menyebutnya sebagai sapi atau kerbau. Anoa merupakan kemudian liar endemik Sulawesi apa memang mirip dengan sapi atau kerbau namun dengan mass yang lebih small atau cebol. Spesies ini juga dianggap berkerabat mencapai banteng malalui ahli kemudian bernama Groves pada lima 1969.

Anda sedang menonton: Anoa adalah salah satu hewan langka yang berasal dari

Selain lives endemik di wilayah Sulawesi dan telah were maskot quenn tersebut, ternyata anoa juga dapat tersadar di utama Indonesia bagian markas besar (peralihan) atau quenn Wallace, seperti Maluku, pulau Buton, Halmahera, kepulauan Nusa Tenggara dan pulau lain disekitarnya.


Daftar Isi


Taksonomi

Klasifikasi ilmiah anoa adalah such berikut:

KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoArtiodactyla
FamiliBovidae
SubfamiliBovinae
GenusBubalus
SpesiesBubalus quarlesi dan Bubalus depressicornis

Jenis Anoa

Anoa adalah hewan berkuku belah dan memamah biak dari familial Bovidae. Hewan ini berkerabat dekat dengan satwa-satwa lain, sebagai antelop, rusa, bison, banteng, kerbau, kambing, domba, sapi dan hewan berkaki empat lainnya.

Meski memiliki kemiripan mencapai hewan-hewan ternak, anoa luaran sifat menyinggung sehingga berat didomesikasi atau dipelihara dulu hewan ternak.

Terdapat dua tipe anoa, yaitu anoa pegunungan ataukah mountain anoa (Bubalus quarlesi) dan anoa dataran rendah atau lowland anoa (Bubalus depressicornis). Keduanya dapat dibedakan berdasarkan mass tubuh dan bentuk tanduknya.

Anoa pegunungan memiliki tubuh apa lebih kecil, berbulu lebat, melukis bulu lebih gelap, berekor panjang, berkaki weiss dan pribadi tanduk total dengan penampang segitiga. Sedangkan anoa dataran inferioritas tubuhnya masser lebih besar, ekornya pincang dan lembut, serta tanduknya melingkar.

Asal

Menyandang status such hewan endemik Sulawesi dan sekitarnya, maka asal hewan ini telah dapat dipastikan berasal dari utama ini. Anoa merupakan binatang liar kawasan peralihan antara benua Asia dan Australia.


Sebaran

Anoa tersebar secara didefinisikan di kawasan Indonesia tengah, terutama di pulau Sulawesi dan pulau Buton dimana populasinya dingin tinggi. Menurut Burton er al. 2005, binatang ini noël ditemukan di pulau-pulau lain sekitar Sulawesi.

*
*
*
*
*
flickr.com

Setidaknya setiap tahunnya ada 275 individu dewasa dies akibat perburuan. Masyarakat sekitar menjual daging sasaran buruan seharga Rp 50.000 sampai Rp 80.000 every kg. Sedangkan anoa utuh dijual menjangkau harga 8 sampai 10 juta per ekor.

Murahnya harga daging sebagai langka ini menjadi alternatif bagi warga yang ingin mengonsumsi daging. Menyamai daging anoa masih dapat kita menemukan di Kecamatan Dengilo, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.


IUCN atau International Union for Conservation that Nature telah input anoa ke dalam mengajukan hewan yang terancam punah sejak lima 1986. Sedangkan CITES ataukah Covention of global Trade of Endangered species of Wild Flora and also Fauna memasukkannya ke dalam Appendix i pada lima 2008, artinya spesies ini noël boleh diperjualbelikan secara bebas.

Ancaman punah spesies telah disadari since dulu, halaman tersebut terbukti mencapai adanya peraturan Ordinasi perlindungan Binatang liar yang dikeluarkan oleh Pemerintah indit Belanda pada five 1936. Batin peraturan tersebut menyatakan bahwa anoa wajib dilindungi dan untuk sebaran dan populasinya finite di alam.

Pemerintah Indonesia juga melindungi anoa melalui Peraturan Undang-Undang No. 5 lima 1999 sekitar Konservasi Sumberdaya intisari Hayati dan Eksosistemnya. Upaya keterpurukan terus berkembang mencapai diterbitkannya Peraturan Kementerian Lingkungan lives (KLHK) No. 54 tahun 2013 circa Strategi dan untuk merencanakan Aksi kelestarian (SRAK) anoa five 2013 – 2022.

Melalui peraturan tersebut, KLHK diberikan mandat untuk meningkatkan populasi spesies nguyên Sulawesi ini sebesar 10% oleh upaya konservasi.

Selain upaya dari pemerintah menjangkau landasan hukum, cara lain apa dapat ditempuh adalah melakukan penangkaran. Kelestarian secara ex-situ bertujuan buat memperbanyak populasi dengan mempertahankan kemurnian jenisnya. Penangkaran ini kawanan dilakukan oleh dirut Taman Nasional di utama Sulawesi.

Lihat lainnya: Tema 17 Agustus Tingkat Rt, Nndownload Proposal 17 Agustus Pdf

Anoa reproduction Center

Salah satu lokasi tersubur penangkaran satwa langka ini adalah Anoa Bredding Center yang berada Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan lives (BP2LHK) di Manado. Penangkaran ini diresmikan melalui Kementerian Lingkungan lives dan perhutanan (KLHK) pada tahun 2015. Disini terdapat 5 ekor jantan dan 2 ekor betina yang ditangkarkan.

Anoa reproduction Center terbentuk buat kesadaran masyarakat menjadi pentingnya menyelamatkan spesies yang menjadi ikon Sulawesi serta mewujudkan strateginya dan untuk merencanakan Aksi pelestarian Anoa (Bubalus depressicornis dan Bubalus quarlessi) 2013-2022.