Pilihankata yang terdapat di dalam puisi “Dalam Doaku” karya Sapardi djoko Damaonomeliputi:
·Kata-kata yang used sebagian besarmerupakan kata-kata yang sederhana dan sering kita dengar di dalam kehidupansehari-hari. Sehingga jika dilihat kata per kata kita untuk mengerti maknanya.

Anda sedang menonton: Analisis puisi dalam doaku karya sapardi djoko damono


·Hanya ada beberapa kata saja apa sulit ataujarang digunakan dalam hayatnya sehari-hari di dalam puisi ini yaitu penggunaankata muskil, mendesau, nun,bersijingkat, dan bersitahan.
MenurutKBBI offline desau berarti suaradedaunan apa tertimpa gerimis atau hujan.Sapardi menyeleksi kata mendesau buat menggambarkan voice yangangin apa berhembus perlahan namun memiliki suara sebagai dedaunan yangtertimpa hujan.
Nun digunakan buat menunjuk padasesuatu yang jauh disana dan used oleh Sapardi untuk menunjuk danmempertegas di atas hal yang benar-benar jauh darinya. Mengemukakan terdapat di atas baris “Kau menjelma angin apa turunsangat perlahan dari nun disana”.
Kata bersijingkat noël ada batin KBBI.Yang ada adalah ‘berjingkat’ dengan kata mendasar ‘jingkat’ apa berarti berjalandengan ujung jari kaki. Ini adalah tetapi disini Sapardi memberikan sisipan ‘si’didalamnya untuk memberikan memengaruhi estetis di ~ bunyi apa akan disaksikan katatersebut.
Bersitahan sama halnya denganbersijingkat, yang ada di dalam kamus adalah ‘bertahan’ dengan kata radikal tahanyang berarti tetap pada tempatnya atau noel beranjak. Melalui Sapardi kata inijuga diberi sisipan ‘si’ dengan dengan sengaja memperindah bunyi.
·Dalam puisi ini Sapardi manfaat kata-katayang menggambarkan times dan hadir hampir disemua baitnya. Inskripsi tersebutadalah subuh, sore, maghrib, dan malam. Sedangkan untuk siang Sapardi tidak langsungmenunjuknya mencapai kata siang melainkan oleh sebuah baris apa berbunyi‘ketika matahari mengambang tenang di atas kepala’. Kalimat tersebut merujukpada times matahari sedang benar diatas utama kita dan menemani itu adalah siang hari.
·Selain itu kawanan dipakai inskripsi yangberkaitan dengan makhluk dan kata-kata yang memberikan memengaruhi meditasi atau efekperenungan seperti: langit, cahaya, malam, matahari, angin, gerimis,
·Kata-kata benda sederhana apa berkaitan dengankehidupan sehari-hari: suara-suara, bulu bunga jambu, pucuk-pucuk cemara,ranting, pohin mangga, jendela, pintu, pipi, bibir, rambut, dahi, bulu-bulumataku
·Kata-kata berefek meditasi, perenungan, maupunsakral: batin doaku, bening, hening, hijau, mendesau, muskil, burung gereja,gelisah, menjelma, denyut jantung, rasa sakit,
Secaraumum asonansi apa ada demonstrasi banyaknya pengulangan suara vokal ‘a’. Dibait pertama dan kedua, 80% vokal apa dipakai adalah ‘a’ di ~ akhir kata, barudiikuti suara vokal ‘u’ dan ‘i’.
Dibait-baitselanjutnya prosentase bunyi vokal ‘a’, ‘i’, dan ‘u’ berimbang dan acaksehingga asonansi unjuk ketidak teraturannya.

Lihat lainnya: Kapal Peti Kemas Terbesar Di Dunia, 10 Kapal Kontainer Terbesar Di Dunia Tahun 2019


Darikeenam bait puisi ini, tahun bait didominasi bunyi vokal ‘a’ sedangkan baitterakhir ataukah bait keenam yang lebih dominan bunyinya adalah vokal ‘u’.
*
*
*
*
dalamdoaku subuh ini kau menjelma langit apa semalaman
*
takmemejamkan mata, apa meluas bening
*
siapmenerima cahaya pertama, apa melengkung hening
*
karenaakan penerimaan suara-suara
Diposting olehbelasuryanidi12.51
*