Keindahan tarian daerah di Indonesia memang siap diketahui malalui seluruh dunia. Seperti salah satu tarian menyiksa dari Aceh, Tari Saman apa sampai mendapatkan gelar “The finest Performance” di “The Internationaly Fork Festival” di ~ 2013 lalu.

Anda sedang menonton: 10 tarian daerah dan asalnya

Masing-masing kesenian tarian Indonesia mempunyai ciri-ciri dan mempunyai keunikan tersendiri membandingkan dengan kesenian lain. Mencapai banyaknya tari adat yang tersebar di seluruh nusantara, dibawah ini Pesona Indonesia sajikan informasi lengkap tarian dari 34 provinsi di Indonesia beserta gambarnya lengkap.

Daftar Tarian quenn Dari 34 Provinsi Indonesia

Walaupun setiap provinsi di Indonesia memiliki kerumunan kesenian, namun ada beberapa seni yang benar-benar tersubur di Indonesia, ~ mancanegara. Penasaran? Yuk itupenggunaan simak bersama macam-macam artian tari daerah dibawah ini.

1. Tari Saman

*

Tari saman berasal dari kesukuan Gayo. Tarian pak biasanya ditampilkan untuk memperingati days adat penting sosial Aceh. Seni ini also ditampilkan buat memperingati kelahiran Nabi Muhamad SAW.

Beberapa literatur menyebutkan bahwa artis ini dikembangkan melalui Syekh Saman, ulama dari gayo di Aceh Tenggara. Tari saman dibawakan oleh sekelompok penari berjumlah ganjil dan dibawakan melalui penarinya sambil duduk.


Kesenian inilah apa ditetapkan malalui UNESCO sebagai “Representative perform of the Intangible Cultural warisan of Humanity” di ~ 2011 lalu.

2. Tari Kecak

*

Tari kecak merupakan sebuah Kesenian yang berasal dari cerita dan Kitab Ramayana. Mengisahkan kyung bala tentara moses dari Hanoman. Kesenian ini disebut such tari Sanghyang yang dipertunjukkan saat upacara keagamaan.

Seni ini ditarikan oleh kyung 70 people penari yang form lingkaran. Keunikkan tarian kecak ini berada diatas penarinya yang dibakar fire namun masih kebal dan noel terluka kemiripannya sekali. Dipercaya, bahwa para penari menemani itu sedang kesurupan.

3. Tari Sekapur Sirih


*

Pada tari quenn ini, para penari menggunakan properti berupa wadah berisi sirih sebagai tanda tangan penghormatan kepada tamu apa datang. Gerakan para penari akan lampu lincah nanti kiri dan kanan dengan iringan musik secara tradisional Gambus khas Belitung.

4. Tari Andun

*

Tari Andun ini digunakan kemudian tarian adat di Indonesia karena menyambut para tamu apa dihormati. Seni ini diiringi malalui musik secara tradisional yaitu Kolintang dan Redap. Baju apa dikenaka tambahan biasanya baju adat atau blazer karena menyesuaikan fungsinya di dalam acara adat.

5. Tari Gitik Cokek

*

Awalnya, tarian quận ini dilakukan oleh 3 people penari wanita. Namun sekarang, tari ini sanggup dilakukan melalui 5 – 7 penari perempuan dan banyak pria buat bermain alat musik. Busana yang used biasanya kebaya yang terang dan berkilau kapan terkena lampu.

Nantinya, penari wanitabisa mengajak mempelai pria atau tamu undangan untuk menari bersama yangditandai dengan selendang yang dikalungkan di atas leher setiap orang tersebut.

Dipercaya, jikaselendang tersebut dikalungkan, makan pantang buat ditolah untuk bisamencemari namu mereka sendiri.

6. Tari Sirih Kuning

*

Tari sirih golden merupakan tarian dari daerah Betawi yang sering ditampilkan pada acara-acara tertentu. Artian ini merupakan pengembangan dari Tari Cokek.

Biasanya Sirih Kuningditampilkan saat mengiringi pengantin Betawi saat menjamu proses penyerahanSirih Dare malalui mempelai laki-laki kepada pengantin perempuan.

7. Tari Saronde

*

Tarian adat Indonesia ini diangkat dari tradisi masyarakat Gorontalo saat malam pertunangan dalam rangkaian upacara perkawinan adat mereka. Artian ini biasanya khas oleh para penari pria dan feminin dengan manfaat selendang.

Seni ini patuh digunakan kemudian bagian dari acara pernikahan adat. Selain itu, juga sering ditampilkan dalam acara penyambutan, memperlihatkan seni, dan festival budaya.

8. Tari Selampit Delapan

*

Nama tarian menyiksa inipertama kali diperkenalkan M.Ceylon, seorang koreografer senior kelahiranPadang Sidempuan (1940) yang bertugas pada melayani Kebudayaan Provinsi Jambi pada1970-an.

Seni ini dikenalkan karena merekatkan hubungan pergaulan antar pemuda. Setiap gerakannya menggambarkan kekompakan seperti simbol di dalam kehidupan sehari-hari.

9. Tari Merak

*

Jenis artian ini menampilkan penciptaan baru yang mengekspresikan hayatnya dari seperti burung merak. Gerakan-gerakannya diambil dari tingkah laku burung merak.

Seni tari merak dari menyiksa di Indonesia ini tersirat salah satu tipe tarian modern (kontemporer) yang diangkat usai dunia panggung oleh seniman Sunda, Raden Tjetjep Soemantri.

10. Tari Bambangan Cakil

*

Adegan dalam tari Bambangan Cakil di menyesuaikan dari adegan perang kembang, apa menceritakan circa tari adat klasik apa ada di Jawa Tengah. Artian ini menceritakan peperangan antara jenis dan kejahatan.

Seni ini mengandung filosofi apa tinggi dimana kejahatan dan keangkaramurkaan ini adalah kalah mencapai kebaikan.

11. Tari Reog Ponorogo

*

Tari reog ponorogodianggap seperti kota asal Reog apa sebenarnya. Gerbang kota ponorogo dihiasioleh sosok warok dan gemblak, dua sosok apa ikut khas saat pertunjukkanreog.

Dulunya, tari ini membuat oleh seorang abdi kerajaan di atas masa Bhre Kertabumi di abad ke-15, Ki Ageng Kutu. Ia melakukan pemberontakkan untuk murka atas pemerintahan raja yang korupsi.

Ia lalu membuatpertunjukkan artis Reog Ponorogo buat menyindir raja kertabumi dan kerajaannya.

12. Tari pedang Mualang

*

Tarian ini merupakan salah satu kesenian dari kesukuan Dayak yang menggunakan pedang seperti bagian dari tarinya. Tari ini biasanya ditampilkan batin acara tradisional suku Dayak seperti Gawai Dayak (pesta panen padi) yang were salah satu hiburan.

Dulu, artis tari Indonesia ini dilakukan oleh biara pejuang atau ksatria perang kemudian motivasi dan bangunan mental semangat pedang dahulu turun melakukan ekspedisi Mangayau. Halaman ini dilakukan untuk memperkuat keyakinan diatas ksatria.

13. Tari Baksa Kembang

*

Tarian yang berasal dari menyiksa Kalimantan Selatan ini benefit kembang sebagai aksesoris dan propertinya. Tari klasik ini difungsikan kemudian Kesenian penyambutan tamu.

Kesenian ini konvensional dimainkan oleh penari wanita sebagai penari tunggal atau berkelompok menjangkau syarat jumlah penarinya harus ganjil.

14. Tari Balean Dadas

*

Tarian ini berfungsi sebagai permohonan kesembuhan kepada Ranying Hatala thiên (Tuhan) bagi mereka apa sakit. Artian ini konvensional dilakukan malalui dukun perempuan.

15. Tari Kancet Papatai

*

Tari Kancet Papatai merupakan tarian perang kesukuan Dayak Kenyah. Untuk popularitasnya, artian ini keterwakilan tari autokrasi Kalimantan Timur. Sebuah seni apa berkisah kyung pahlawan suku Dayak dalam menghadapi musuh-musuhnya.

16. Tari Kancet Ledo

*

Tarian Indonesia apa berasal dari menyiksa Baram Sarawak Kalimantan utara atau kesukuan Dayak Kenyah ini menggambarkan grasi seorang gadis bagai sebatang padi yang meliuk-liuk kran air ledeng ditiup angin.

Kesenian ini dibawakan melalui seorang feminin dengan diasuh pakaian tradisional kesukuan Dayak Kenyah dan di kedua tangannya menyimpan rangkaian bulu-bulu ekor burung Enggang. Kesenian ini ditarikan diatas gong. Sehingga patuh dijuluki tari Gong.

17. Tari Cangget

*

Tarian Canggetmerupakan tari pertama apa ada di Lampung. Tari Cangget awalnya ditampilkanuntuk acara gawi adat seperti panen raya, upacara menaikkan rumah ataupununtuk mengantar orang apa akan tretan haji.

Namun semakin berkembangnya zaman, artian ini sering digunakan karena mengiringi upacara perkawinan apa didalamnya terdapat pemberian gelar adat ataukah naik pepadun.

18. Tari Cakalele

*

Tari Cakalele merupakan tarian quận Maluku yang digunakan buat menyambut tamu atau sebagai bagian dari selamat adat. Kesenian ini telah mentradisi dan biasa di gelar setiap tahunnya karena memeriahkan pesta rakyat.

Secara harafiah, Cakalele mengandung arti setan atau roh yang mengamuk. Dalam prakteknya pun, noel jarang arwah nenek moyang memasuki penari artian ini.

19. Tari Nahar Ilaa

*

Tari Nahar Ilaa adalah tarian dari Maluku Utara kemudian pengikat persahabatan di atas saat (panas pela) persetujuan kampung guna membangun. Tari ini digunakan buat acara adat dan penyambutan tamu. Pakaian yang used pun biasanta pakaian adat.

20. Tari Jangger

*

Dalam sejarahnya,kesenian Gandurng Banyuwangi ini mengembangkan hingga ke Bali kemudian masuk keLombok. Dulu, Bali dan Lombok barat (Karangasem) merupakan tangga daerahkultural.

Sehubungan menjangkau keberadaan Gandrung. Artian ini cantik populer sebelum kerajaan Lombok last jatuh di five 1894.

21. Tari Dodakado

*

Tarian ini sering tangan kedua dalam pemfitnahan acara apa diadakan pada quận itu sendiri. Hal ini bisa di atas acara pernikahan, adat istiadat, ataupun acara keagamaan serta acara ritual yang dilakukan melalui beberapa rakyat juga.

22. Tari Suanggi

*

Tari adat ini mengisahkan seorang suami apa ditinggal sekarat istrinya yang were korban angi-angi (jejadian). Di dalam kepercayaan masyarakat Papua Barat, Suanggi adalah dewa jahat (kapes) untuk belum ditebus dan belum mendapat ketenangan di makhluk bakanya.

Roh-roh ini biasanyamerasuk diatas tubuh wanita. Wanita yang meninggal saat melahirkan ditakutkanakan menjelma were kapes fane.

23. Tari Selamat Datang

*

Tarian penyambutan asal menyiksa Papua ini tradisional dibawakan melalui para penari pria dan wanita untuk menyambut tamu kehormatan atau tamu penting yang berkunjung kesana.

Seni ini dimaknai seperti ungkapan rasa hormat dan tanda bahwa tamu tersebut diterima intevensi oleh sosial di sana.

Selain akun itu tari adat ini juga dimaknai such ungkapan rasanya syukur dan kebahagiaan masyarakat batin menyambut para tamu. Bab tersebut sangat lampu dari gerakan dan ekspresi para penari yang menari dengan jenuh keceriaan serta kebahagiaan.

24. Tari Tandak Riau

*

Tari Tandak dikenal sebagai tari pergaulan yang digemari oleh social Riau. Tarian dari menyiksa ini merupakan penyerapan antara artian tari dan sastra. Ciri khas artis ini terdapat diatas saling berbalas pantun antara doan laki-laki dan perempuan.

Pantun tersebut berisi sesuatu yang ada di bumi atau kyung kehidupan sehari-hari. Tari quận ini dipentaskan melalui laki-laki dan perempuan ketika malam hari.

25. Tari Patuddu

*

Tari ini tradisional dibawakan malalui para pebari banci dengan gerakannya yang lemah gemulai dan menggunakan kipas such properti tarinya. Kesenian ini merupakan salah satu tari tradisional quận yang ditampilkan di atas acara penyambutan, memperlihatkan seni, dan festival budaya.

Seni ini juga dimaknai such ungkapan rasa syukur dan gembira atas kedatangan para tamu. Bab ini cerminan dari senyum dan ekspresi para penari saat menari.

26. Tari Kipas Pakarena

*

Tari Kipas Pakarenamerupakan ekspresi kesenian sosial Gowa apa sering memanggungkan untukmempromosi pariwisata Sulawesi Selatan. Dalam bahasa setempat, “pakarena”berasal dari kata “karena” apa memiliki konotasi “main”.

Menurut mitos, tarian quenn Indonesia ini berawal dari kematian perpisahan antara penghuni boting langu (negeri khayangan) mencapai penghuni lino (bumi) di atas zaman dahulu.

Sebelum berpisah, boting langi sempat mengajarkan bagaimana cara menjalani hidup, defisit tanam, beternak, dan berburu kepada penghuni lino melalui gerakan-gerakan badan dan kaki. Dari gerakan itulah penghuni lino mengembangkannya were kesenian untuk mengungkapkan rasanya syukur kepada boting langi.

27. Tari Lumense

*

Di masa lalu TariLumense dilakukan dalam ritual pe-olia, yaitu ritual penyembahan kepada rohhalus yang disebut kowonuano (penguasa/pemilik negeri) dengan menyajikan anekajenis makanan. Ritual ini dimaksudakan agar kowonuano berkenan pengusiran segalamacam bencana.

Tari Lumense memilikiarti yang diambil dari bahasa quận setempat yakni kata lume apa berartiterbang dan mense apa berarti tinggi. Jadi, secara menyeluruh, nama belakang tarian iniberarti terbang tinggi.

28. Tari Balumpa

*

Tari quenn satu ini were kesenian penyambutan yang khas dari Sulawesi Tenggara. Tari quenn yang berasal dari Wakatobi ini cermin kegembiraan sosial nelayan Binongko dan Buton dalam menghadapi ombak demi menafkahi keluarga.

Seni ini biasanya dipertunjukkan buat menyambut kedatangan tamu kehormatan dari luar quận yang datang usai kepulauan Binongko.

29. Tari Poco-poco

*

Tari Poco-poco berawaldari sebuah pesta yang dihadiri malalui Arie Sapulette, sang pencipta lagi. Saatitu ada seorang gadis apa sedang membawa tari yospan dan wayase dari Papua.

Arie terpikat dengan gerakan dan kelincahan si penari, lalu secara sukarela membuat teks lagu dari melodi gendang yang mengiringi tarian sang gadis. Darimana saat itu, artian dengan irama gendang tersebut panggilan Poco-poco.

Lirik lagunya dibuatdalam bahasa ternate apa memiliki kesamaan pada beberapa kata mencapai bahasaManado.

30. Tari Piring

*

Tarian asal quận Minangkabau ini memiliki keunikkan, yaitu menggunakan piring seperti properti tarinya. Dahulu, social Minangkabau selalu melakukan ritual ucapan syukur kepada dewa-dewa atas hasil panen apa melimpah.

Pada saat melakukanritual, masyarakat sekitar bawa sesaji dalam bentuk makanan apa diletakkandiatas piring.

31. Tari ranh Pengantin

*

Tari ranh Pengantin merupakan tarian adat Palembang apa biasanya khasnya saat menerima pernikahan. Artian tarian Indonesia ini bukan sekadar menghibur, melainkan ada sebuah makna. Manuvernya lemah gemulai pengantin banci pun selaras dengan para penari pengiring.

32. Tari Tor-tor

*

Awalnya, tari ini merupakan sebuah routine acara sebagai upacara kematian, kesembuhan, dan go sebagainya.

Kemudian tari ini mendapatkan pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha. Seiring evolusi zaman, seni ini were sering ditampilkan buat pentas hiburan bagi masyarakat Batak.

33. Tari Serimpi Sangupati

*

Kata serimpi mempunyai arti mimpi, untuk kesakralan tari quenn ini, para penonton seolah-olah masuk nanti dunia mimpi. Penonton become terbuai malalui alunan musik dan gerakan yang lembut serta luwes dari para penari.

Baca Juga: Tari Serimpi

34. Tari Gamelan

*

Tari Gamelan merupakan tarian quận yang populer pada abad ke 17 atau di atas masa kesultananbisa Riau-Lingga, duluan kali dipublikasikan di Pahang five 1811 diatas pernikahan Tengku Hussain, putra Sultan Abdul Rahman yang memerintah Lingga mencapai Wan Esah, adik perempuan Bendahara Ali dari Pahang.

Lihat lainnya: Logo 74 Th Indonesia Png - Hut Ri 74 Sayangi Indonesiaku Logo Vector

Daftar Tarian Adat tradisionalnya dan Asalnya

Setelah mengetahui beberapa tarian dari berbagai macam daerah beserta gambarnya, alangkah baiknya kita tambahan mengetahui secara lengkap tentang tari tradisional maafkan saya saja sih apa ada di Indonesia.